JAKARTA, ITN- Etape awal gelaran Tour de France tahun ini sudah dilalui. Beberapa momen hingga nama pemenang dalam masing-masing etape awal ini pun sudah didapatkan, seperti Yves Lampaert, pembalap asal Belgia yang membuat kejutan dengan memenangi etape pembuka pada tanggal 1 Juli 2022, hingga Wout Van Aert yang menjadi pemenang di Etape 4 setelah tiga etape sebelumnya menjadi runner-up dan saat ini mengantarkan di puncak General Classification.

Selain momen-momen tersebut, terdapat hal menarik lainnya di ajang balap sepeda profesional di dunia ini, yaitu terpilihnya Denmark sebagai lokasi 3 etape awal, salah satunya adalah ibukotanya yaitu Copenhagen.

Dalam individual time trial di etape 1 sejauh 13.2 kilometer di awal ini, para pesepeda akan ditemani dengan pemandangan kastil Amalienborg, Little Mermaid, taman, dan pemandangan tepi laut sepanjang Copenhagen. Disusul pada etape kedua yang mencapai 202,5 kilometer dimulai di depan Katedral Rockslide yang menjanjikan sprint berangin melintasi Great Belt Bridge sejauh 18 kilometer dan berakhir di Nyborg.

Etape terakhir di Denmark ini berlokasi di skandinavia ditutup dengan rute sejauh 182 kilometer dimana akan melalui Perbukitan Vejle yang menantang dan melanjutkan ke Jelling Rune Stones yang bersejarah, situs warisan dunia UNESCO Christiansfeld, sebelum sprint terakhir ke garis finish di Sonderborg.

Denmark sendiri menjadi negara ke-10 yang berkesempatan menyelenggarakan ajang Tour de France. Dalam menentukan grand departure ini, tentu terdapat beberapa hal yang dipertimbangkan, salah satunya yaitu Copenhagen ini merupakan salah satu negara bersepeda terbesar di dunia. Apa saja fakta bahwa Denmark ini mendapatkan julukan tersebut? Simak beberapa faktanya:

  1. Sembilan dari sepuluh penduduk Denmark memiliki sepeda. Penduduk Denmark bersepeda kemana-mana, bahkan untuk ke tempat persalinan untuk melahirkan. Hal ini karena infrastruktur bersepeda Denmark sangat aman dan berkembang dengan baik sehingga seringkali lebih cepat bersepeda ke tujuan daripada mengemudi mobil.
  2. Ada sekitar 12.000 kilometer rute sepeda dan jalur sepeda di seluruh Denmark.
  3. Sepeda melebihi jumlah mobil lebih dari 5 : 1 di Ibukota Denmark yaitu Copenhagen. Jumlah sepeda di Copenhagen diperkirakan sebanyak 673.000 sepeda.
  4. Setiap hari kerja pengendara sepeda di Copenhagen menempuh jarak yangs etara dengan 400 edisi Tour de France, yaitu sekitar 1.440.000 kilometer.
  5. Menteri Perhubungan Denmark mengumumkan investasi 10 juta Euro untuk lebih memelihara dan meningkatkan infrastruktur bersepeda di kota pada tahun 2022.
  6. Dalam 10 tahun terakhir, Copenhagen telag menginvestasikan 200 juta Euro untuk infrastruktur bersepeda.
  7. Sejak 2015, Copenhagen telah beberapa kali menduduki peringkat kota bersepeda top dunia, terakhir pada tahun 2019.
  8. Di Copenhagen 44% dari semua perjalanan ke tempat kerja dan pendidikan dilakukan dengan sepeda.
  9. Copenhagen memiliki lebih dari 386 kilometer jalur sepeda
  10. Dronning Louise’s Bridge adalah salah satu jalur sepeda yang paling banyak diperdagangkan di Denmark dengan lebih dari 40.000 pengendara sepeda setiap hari.

Setelah melalui tiga etape ini, di tanggal 5 Juli 2022 pertandingan Tour de France 2022 ini dilanjutkan untuk etape ke- 4. Dengan total 21 etape hingga 24 Juli 2022 ini, rute balap sepeda tahun ini total jarak yang akan ditempuh 3.328 KM. Tentu akan hadir juga banyak momen dan keseruan lainnya di ajang Tour de France 2022 yang diikuti oleh 22 tim yang terdiri dari 174 pembalap dari 26 negara di seluruh dunia. (*)