- iklan -

LAMPUNG SELATAN, ITN- Krakatau Park yang berada dalam Kawasan Bakauheni Harbour City (BHC) di Lampung Selatan menjadi destinasi wiasata yang dikunjungi Indonesiatripnews.com bersama 24 media lainnya yang mengikuti kegiatan Press Tour ASDP (Angkutan Sungai, Darat, dan Penyebrangan)  Indonesia Ferry di Kawasan BHC pada Rabu-Kamis (12-13 Juni 2024).

Baca juga: https://indonesiatripnews.com/berita/nasional/progres-pembangunan-skywalk-capai-70-persen-asdp-kebut-pengembangan-kawasan-bhc-sebagai-ikon-pariwisata-lampung/

Nama Krakatau Park sendiri diambil lantaran Gunung Krakatu sangat identik dengan Provinsi Lampung. Dengan kehadiran Krakatu Park sebagai pintu gerbang masuk Sumatera tidak hanya berpotensi menarik antusiasme wisatawan, tetapi juga para investor dalam mengembangkan proyek ini menjadi lebih besar lagi, Apalagi, Krakatau Park memiliki letak geografis yang strategis.

Krakatau Park Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Bakauheni Harbour City
Maskot Krakatau Park Nawa dan Sena  tampak terlihat menyambut wisatawan yang datang, keduanya berdiri di depan wahana Kincir Raksasa. (Foto evi)

Krakatau Park, ikon baru destinasi wisata dengan konsep taman belajar dan rekreasi di Kota Lampung ini dikelola oleh Jatim Park dan telah melakukan soft launching Krakatau Park di 22 April 2023 lalu.

Dengan kehadiran Krakatau Park, ASDP ingin memberikan alternatif wisata dan hiburan bagi pengguna jasa atau masyarakat secara umum saat libur Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Memiliki 26 wahana dan berbagai fasilitas yang tersedia menjadi daya tarik pengunjung di segala usia.

Berbeda dengan destinasi lainnya, di Krakatau Park pengunjung dapat menikmati pemandangan Kota Lampung dan Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni serta melihat pemandangan laut lepas.

Krakatau Park Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Bakauheni Harbour City
Peserta Press Tour ASDP Indonesia Ferry foto bersama di Krakatau Park yang berada pada Kawasan BHC Lampung Selatan, Rabu (12/06/2024).

Wisatawan dengan tinggi badan 85 cm sudah dikenai biaya tiket dan dapat membeli tiket masuk secara online di laman website Krakatau Park atau di loket pembelian dengan jam operasional Senin-Kamis pukul 09.00-17.00 WIB, Sabtu – Minggu dan libur nasional pukul 09.00-18.00 WIB dengan harga tiket Rp100.000.

Pembayaran dapat dilakukan di ATM, QRIS, e-wallet, m-banking maupun supermarket terdekat sehingga memudahkan para pengunjung yang akan datang.

Jangan datang pada hari Jumat, karena Krakatu Park tutup untuk maintenance, dan tidak disarankan membawa makanan serta minuman dari luar.

Setelah mendapatkan gelang barcode untuk masuk ke wahana, pengunjung sudah bisa mengeksplore wahana apa yang diinginkan.

Maskot Krakatau Park Nawa dan Sena  tampak terlihat menyambut wisatawan yang datang, keduanya berdiri di depan wahana Kincir Raksasa. NawaSena dalam Bahasa Sansekerta memiliki arti “masa depan yang cerah” dan memiliki filosofi agar keberadaan Krakatu Park dapat meningkatkan kehidupan kesejahteraan dan menjadi kebanggaan masyarakat.

Baca juga: https://indonesiatripnews.com/ulasan-menarik/asdp-inisiasi-kegiatan-volunteer-bedah-rumah-tak-layak-huni/#google_vignette

Pada setiap wahana terdapat peraturan yang harus diikuti, seperti misalnya wahana Misteri. Wahana ini diperuntukan untuk segala umur tapi tidak diperkenankan bagi wisatawan yang menderita tekanan darah tinggi,  jantung, atau ibu hamil.

Karena keterbatasan waktu, wahana Kincir Raksasa, Lava Seluncur, Cinema 4D, dan Mobil Disko menjadi wahana pilihan indonesiatripnews.com untuk menikmati permainan tersebut.

Selain itu, pengunjung juga bisa berkeliling area Krakatau Park menggunakan sepeda, berenang dan bermain air, makan di food court, musolah hingga membeli oleh-oleh khas Lampung.

Buat wisatawan yang ingin berkunjung ke Krakau Park disarankan untuk membawa payung atau penutup kepala lainnya dikarenakan kawasan wisata yang dekat dengan pelabuhan dan laut ini membuat cuaca di dalam cukup terik.

Untuk informasi terkait layanan Krakatu Park dapat mengakses https://bakauheniharbaourcity.com dan akun IG @bakauheni.harbour.city

Selain Krakatu Park, Siger Park yang juga berada di Kawasan BHC dengan terdapat Menara Siger dan Masjid BSI yang luas menjadi perjalanan selanjutnya untuk istirahat, solat, dan makan siang sekaligus mengikuti acara pengumuman ASDP Jurnalis Award 2024.

Baca juga: https://indonesiatripnews.com/berita/nasional/asdp-journalism-awards-2024-apresiasi-tiga-belas-karya-jurnalistik-terbaik/

26 Wahana Krakatau Park:
1. Kebun Kumbang

Hamparan taman bunga dengan kupu-kupu dan kumbang menjadi spot indah yang tidak boleh terlewatkan. Warna-warni cantik kolaborasi ketiganya menjadikan wahana ini sangat eye catching untuk diabadikan bersama teman atau pun keluarga.

2. Galeri Sains

Terdapat berbagai alat peraga interaktif biologi dan fisika yang cocok untuk pelajar. Hal ini yang mendorong Krakatau Park cocok untuk siswa dalam mengembangkan pengetahuan tentang sains.

3. Taman TikTok

Krakatau Park Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Bakauheni Harbour City
Taman Tik Tok (Foto. evi)

Spot ini dikhususkan pengelola untuk mengekspresikan diri dan bakat untuk membuat konten di sosial media. Latar indah turut mendorong mood kreator selama membuat konten disini.

4. Kerajaan Air

Tidak hanya wahana bermain, disini wisatawan juga dapat berenang dan bermain seluncuran dengan melihat pemandangan laut dan Anjungan Mall dari atas.

5. Gajah Terbang

Wahana yang mirip komedi putar berbentuk Gajah ini siap membawa naik turun dengan tempo yang santai. Gajah Terbang diperuntukkan untuk dewasa maupun anak-anak.

6. Kuda Putar

Komedi putar mungkin sudah biasa dan umum di tempat wisata lain. Namun mainan masa kecil ini pasti tetap selalu menyenangkan bagi siapapun yang menaikinya.

7. Kuda Terbang

Kuda terbang adalah roller coaster yang siap memacu adrenalin para pengunjung. Karena rutenya yang tidak terlalu ekstrem, wahana ini bisa dimainkan oleh anak-anak maupun dewasa.

8. Tunggang Banteng

Apabila dahulu hanya bisa menonton rodeo berputar ini di televisi, sekarang dapat mencobanya langsung di Krakatau Park. Tunggang Banteng siap memacu adrenalin dengan rotasi 360 derajat dengan kecepatan yang tinggi. Namun sayangnya banyak wisatawan yang mencoba naik sudah langsung terjatuh.

9. Ayunan Terbang

Ayunan terbang yang ada di Krakatau Park berada di ketinggian 10 meter. Wisatawan akan diajak untuk berputar dengan santai ketika menaiki wahana ini.

10. Misteri Krakatau

Roller coaster ini adalah spot utama yang ada pada Krakatau Park. Pengunjung akan diajak merasakan sensasi naik turun dengan pemandangan laut lepas setelah melewati terowongan replika dari Gunung Krakatau.

11. Mini Games

Selain beberapa wahana keluarga diatas, terdapat wahana-wahana lain seperti di timezone yang dapat dimainkan bersama teman dan keluarga.

12. Kereta Mini

Seperti dengan namanya, Kereta Mini tersusun dari rangkaian kereta kecil berwarna-warni yang akan mengajak anak-anak berputar dengan lagu-lagu kesukaannya.

13. Tutuk Mobil

Tutuk Mobil mampu memberikan pengalaman baru bagi si kecil untuk mengendarai mobil dengan rute yang lumayan ekstrem. Meskipun hanya berputar dan melingkar di kemiringan yang tidak terlalu curam, wahana ini mungkin cukup menantang bagi anak-anak.

14. Macan Tempur

Macan Tempur disini adalah sebutan bagi pesawat mini memutar yang memiliki corak harimau. Wahana ini cukup aman dan menyenangkan bagi anak-anak.

15. Mobil Lunik

Mobil yang berbentuk seperti UFO ini sangat unik dan menarik untuk dicoba. Anak-anak dapat mengendarai Mobil Lunik yang mana tidak jauh berbeda dengan bom bom car.

16. Kebun Main

Kebun Main adalah playground yang disediakan Krakatau Park sebagai area bermain anak. Terdapat perosotan dan beberapa arena outbond kecil yang aman dan nyaman.

17. Istana Anak

Berbeda dengan Kebun Main yang berada di lingkup outdoor, Istana Anak adalah wahana indoor yang tersedia di Krakatau Park. Terdapat mandi bola dan trampolin yang bisa dimainkan tanpa panas-panasan.

18. Avatar

Komedi putar ini adalah wahana yang diperuntukkan untuk anak-anak. Warnanya yang bernuansa biru membuatnya disebut dengan istilah tersebut.

19. Cinema 4D

Krakatau Park Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Bakauheni Harbour City
Wahana Cinema 4D

Setelah berpanas-panasan di luar ruangan, para pengunjung dapat bersantai dan mendinginkan badan sembari menonton film 4 dimensi dengan sensasi yang luar biasa.

20. Rumah Misteri
Bagi wisatawan yang menyukai wahana menguji keberanian, Rumah Misteri siap mengguncang liburan dengan berbagai kejutan di dalamnya. Suasananya yang gelap semakin menambah suasana menakutkan di dalamnya.

21. Kincir Raksasa
Kincir Raksasa adalah bianglala setinggi 20 meter yang mana dapat memanjakan mata. Pemandangan Kota Lampung Selatan dengan laut dan angin sepoi-sepoi akan membuat liburan semakin menyenangkan.

22. Mobil Disko
Tidak hanya Mobil Lunik yang bisa dikendarai anak-anak saja, Mobil Disko hadir untuk menyenangkan kaum dewasa pula. Permainan bom-bom car dengan saling tabrak antara satu sama lain akan terasa sangat menyenangkan untuk dimainkan.

23. Sepeda Langit
Selain bersantai di Kincir Raksasa, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Krakatau Park dengan Sepeda Langit. Wahana ini bisa dinaiki oleh dua orang dan aman bagi anak-anak selagi di bawah pengawasan orang tua.

24. Lava Seluncur

Krakatau Park Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Bakauheni Harbour City
Menikmati wahana Lava Seluncur yang menghadap ke laut. (Foto. dok. asdp)

Karet ban warna-warni siap membawa wisatawan berselancar dari ketinggian dalam waktu cepat. Wahana Lava Seluncur dapat memacu adrenalin siapapun yang menaikinya.

25. Puting Beliung
Puting Beliung adalah wahana yang memacu adrenalin karena kemampuannya untuk mengayun dan memutar dalam satu waktu. Siap-siap kehabisan suara ketika bermain di wahana ini karena teriakan yang selalu muncul selama permainan.

26. Tembakan Udara
Tembakan udara akan membawa wisatawan terasa dilempar dari tempat duduk. Hanya terdapat beberapa kursi yang mengharuskan pengunjung mengantri jika ingin menaikinya. (Yeffi Rahmawati)

- iklan -