JAKARTA, ITN–Minat masyarakat untuk merawat dan mempercantik diri semakin meningkat belakangan ini. Hal ini juga dibarengi dengan kehadiran teknik perawatan wajah semakin berkembang setiap harinya, seiring dengan tingginya permintaan konsumen dalam hal kecantikan.

Salah satu teknik yang telah cukup lama dikenal dan digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini adalah threadlift yang juga dikenal dengan istilah tanam benang atau tarik benang. dr. Orlen P. Sompotan, M. Biomed (AAM) dari id Beauty Clinic Surabaya dan Laluna Beauty Expert yang berlokasi di Sidoarjo menyampaikan bahwa threadlift merupakan tindakan estetik alternatif bagi pasien yang takut melakukan operasi menggunakan benang khusus yang dapat terserap oleh tubuh.

Benang khusus ini nantinya akan merangsang pembentukan kolagen di dalam tubuh. Adapun manfaat dari tanam benang antara lain untuk lifting, menghilangkan kerutan dan peremajaan kulit. Terkait dengan jumlah pasien dr. Orlen juga mengungkapkan, “Threadlift selalu diminati oleh banyak pasien dan jumlahnya pun stabil setiap tahunnya, terutama bagi pasien yang sudah pernah melakukan perawatan ini dan telah mengetahui hasilnya, pasti pasien akan rutin untuk perawatan kembali”.

Tiga Hal yang Wajib Diketahui Ketika Ingin Melakukan ThreadLiftPasien perawatan ini memang masih didominasi oleh kaum hawa, meskipun tetap ada pasien laki-laki dengan rentang usia mulai dari 25-50 tahun. Berikut ini adalah tiga hal penting yang wajib diketahui oleh pasien sebelum memilih threadlift:

  1. Ketahui kondisi wajah dan memastikan kompetensi Dokter

Meskipun saat ini nyaris semua informasi dapat ditemukan melalui situs mesin pencari online. Namun, agar dapat mengetahui dan memahami kondisi wajah dengan baik, sebaiknya berkonsultasi dengan Dokter spesialis atau tenaga medis yang kompeten. Ini menjadi hal wajib pertama yang harus dilakukan pasien sebelum memulai perawatan wajah.

Pastikan juga Dokter atau klinik kecantikan tempat anda berkonsultasi telah memiliki izin beroperasi. Dengan mengetahui masalah wajah secara rinci dan benar, maka hasil yang diperoleh setelah tindakan dapat optimal.

Meskipun tindakan threadlift ini termasuk tindakan non-operasi dan terbilang cukup aman, namun pasien disarankan harus tetap mengetahui tahapan metode threadlift. dr. Orlen menyampaikan yang paling utama adalah tindakan ini dilakukan oleh Dokter yang kompeten.

  1. Ketahui jenis benang yang digunakan, sebelum memutuskan untuk melakukan threadlift, pasien sangat disarankan untuk mengetahui jenis benang yang akan digunakan oleh Dokter. Menurut dr. Orlen, secara garis besar, terdapat dua jenis benang wajah yaitu benang yang tidak terserap tubuh dan terserap tubuh. Benang yang dapat terserap tubuh terbuat dari beberapa bahan antara lain PDO, PCL dan PLLA. Namun benang yang paling nyaman bagi pasien adalah jenis PDO.

Benang wajah juga terbagi berdasarkan bentuk benang seperti lurus, bergerigi, double needle yang pengaplikasiannya disesuaikan dengan bentuk wajah serta area yang akan di threadlift. Beberapa kriteria benang wajah yang baik adalah perusahaan pembuat dan pembawa benang harus jelas, benang tidak mudah patah, daya tahan lama, minim risiko alergi, bentuk benang baik, dan kokoh.

Croquis® merupakan benang wajah Korea yang didistribusikan oleh PT Sometech Indonesia.Senada dengan yang disampaikan oleh dr. Orlen, benang wajah Croquis® memiliki beberapa keunggulan sesuai dengan kriteria benang wajah yang baik. Keunggulan utama yaitu Croquis® diproduksi oleh Samyang Biopharmaceutical Corporation, sebagai pabrik pembuat benang PDO Premium No. 1 di Korea. Masa kadaluwarsa penggunaan (expired date) dari Croquis® adalah 2 tahun dan paling lama diantara benang PDO yang lain, hal ini membuat Croquis® menjadi benang PDO yang paling sering digunakan.

Di Indonesia, Croquis® telah teregistrasi di Kemenkes RI sehingga dipastikan aman penggunaannya. Setelah diaplikasikan, benang benang PDO premium ini akan terserap sempurna oleh tubuh dan dapat bertahan di wajah selama 12 bulan. Croquis® memiliki beberapa jenis benang yaitu Molding 19 untuk pipi dan double chin (dagu), Croquis 2090 dan Croquis 2060 yang cocok untuk Foxy Eyes (mata). Informasi lebih lengkap mengenai Croquis® dapat diakses melalui website resmi: https://croquis.id/.

  1. Perhatikan Do & Don’t sebelum dan setelah tindakan Konsultasi dengan Dokter sangat penting untuk dilakukan. Sebelum melakukan threadlift, pasien wajib dalam kondisi tubuh yang sehat, tidak memiliki history alergi terhadap benang wajah atau treatment wajah lainnya. Sebelum memulai tindakan, pasien disarankan untuk tidak mengonsumsi alkohol. Pasca tindakan, pasien disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, hindari ekspresi wajah yang berlebihan. Pasien juga tidak diperbolehkan untuk menyentuh bagian yang diaplikasikan benang untuk menghindari infeksi.

Demikianlah tiga hal wajib anda ketahui sebelum akhirnya memilih melakukan threadlift. Pastikan tindakan perawatan wajah yang anda pilih telah sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan sampai hanya karena mengikuti tren, anda mengesampingkan kebutuhan perawatan wajah yang sesungguhnya. Jika sudah yakin untuk melakukan threadlift, pastikan benang wajah yang digunakan aman untuk wajah dan kesehatan.