- iklan -

BANYUWANGI, ITN- BANYUWANGI selain dikenal dengan wisata baharinya ternyata dahulu  dikenal sebagai Kota Pisang pada era 1980-an. Sayangnya, sebutan sebagai Kota Pisang tinggal gemanya saja. Saat ini, generasi muda Banyuwangi lebih mengenal  sale pisang atau keripik pisang kepok merah sebagai oleh-oleh penganan khas Banyuwangi.

Fitri Carlina, perempuan cantik dan penyanyi yang baru terpilih sebagai duta pariwisata dari wilayah di ujung timur Pulau Jawa ini melihat sajian kue khas daerahnya dengan cara yang berbeda. Dia bertekad untuk mengembalikan kejayaan Banyuwangi yang dulu terkenal dengan sebutan Kota Pisang.

Fitri Carlina Tawarkan Banyuwangi Savana Cake Sebagai Oleh-oleh Khas Banyuwangi
Fitri Carlina

Dengan bermodalkan semangat yang kuat untuk memajukan dan mengembangkan potensi wisata daerahnya, perempuan kelahiran 1987 ini menggagas sebuah ide promosi yang efektif untuk memperkenalkan Banyuwangi. Promosi itu melalui sajian kue khas Nusantara yang diberi nama Banyuwangi Savana Cake (BSC) dengan menggunakan bahan dasar pisang.

BSC mengusung tagline “Seru Enjonge” yang memiliki arti keterlaluan nikmatnya, diambil dari bahasa Osing Banyuwangi.

Sementara nama savana terinspirasi dari iklim tropis Banyuwangi dan merupakan nama tempat  pariwisata terkenal di Banyuwangi, yakni Savana Baluran dan Savana Sadengan. Kedua tempat tersebut merupakan savana terbaik di Banyuwangi dan mendapat julukan Afrika Kecil dari Pulau Jawa.

Fitri Carlina Tawarkan Banyuwangi Savana Cake Sebagai Oleh-oleh Khas Banyuwangi
Savana Red Island

“BSC akan mengeluarkan 5 varian rasa kue yang mengadopsi keindahan pariwisata Banyuwangi seperti Savana Red Island, Savana Green Bay, Savana Blue Fire, Savana Sunrise of Java, dan Savana Wedi Ireng,” ujar Fitri Carlina disela persiapan launching gerai BSC pertama di Banyuwangi.

Menurutnya, BSC akan menyebarkan promosi melalui media online dan melakukan aktivasi di beberapa lokasi di Banyuwangi, supaya masyarakat lebih mengenal Banyuwangi Savana Cake.

“Semoga kehadiran BSC dapat memberikan manfaat manis untuk Kabupaten Banyuwangi. Oleh-oleh khas kekinian yang menjadi kebanggaan semua warga Banyuwangi. Ibarat seperti  savana, padang rumput yang luas dan lebar, semoga bisa membuka jalan yang luas bagi Banyuwangi dan semua,” ungkapnya lebih lanjut.

Fitri mengatakan, “Saat ini kami masih fokus di Banyuwangi dan akan meluas ke beberapa wilayah yang terdekat dengan provinsi Jawa Timur”.

Bagi yang ingin mencoba kenikmatan rasa dari kue khas Banyuwangi Savana ini, bisa mengunjungi gerai BSC di Jalan Letjen S Parman No.26, Banyuwangi atau  follow IG @banyuwangisavanacake. (evi)

 

- iklan -