- iklan -

JAKARTA, ITN – Tak terasa, kini sudah memasuki hari – hari akhir ditahun 2022. Berbagai tantangan sudah dilalui dan berbagai resolusi mungkin sudah dapat direalisasikan bersama sepanjang tahun ini.

Jelang akhir tahun turut menjadi momen yang tepat untuk melihat kembali kesiapan menyambut tahun selanjutnya, baik dalam aspek personal, hingga finansial.

Sebagai menteri keuangan keluarga, detail mengenai kesehatan finansial keluarga tentu menjadi salah satu perhatian.

Jika sudah mulai melakukan pengelolaan keuangan atau baru akan memulai untuk dijalankan pada tahun depan, tidak ada salahnya untuk mengecek kembali beberapa tips berikut agar manajemen finansial keluarga tetap sehat dalam jangka panjang.

• Evaluasi Skema Anggaran Keluarga
Memiliki skema anggaran keluarga akan memberikan lebih banyak kemudahan untuk mengkaji perbandingan antara pemasukan dan pengeluaran dalam satu periode tertentu, misalnya periode mingguan atau bulanan.

Pengeluaran rutin dapat dipetakan dalam beberapa variabel utama, seperti biaya perumahan, air & listrik, transportasi, pendidikan, serta grosir atau kebutuhan belanja kebutuhan primer.

Agar semakin efisien jelang akhir tahun, coba untuk petakan kembali persentase masing-masing pengeluaran beberapa bulan terakhir.

Apakah ada yang dapat dikurangi porsinya, atau berpotensi akan meningkat pada tahun depan.

Hitung juga rata-rata pengeluaran per bulan, dan pelajari pola pengeluaran di bulan tertentu yang lebih besar dari biasanya, seperti di tahun ajaran baru anak, atau hari raya.
Tak lupa untuk sisihkan anggaran bagi kebutuhan tiba-tiba seperti pembaruan pajak, renovasi rumah, kegiatan ekstrakurikuler anak, serta agenda spesial keluarga misal liburan akhir tahun.

• Cek Persentase Tabungan dan Buat Proyeksi

Dalam mengelola keuangan, aspek kebutuhan jangka panjang menjadi salah satu komponen penting yang perlu dipertimbangkan.

Selain menyusun persentase pengeluaran rutin dengan mawas dan rinci, mengalokasikan sebagian pendapatan untuk menabung juga patut dilakukan.

Bila sudah mulai menyicil tabungan keluarga untuk masa depan, perkuat motivasi menabung dengan menyusun proyeksi tabungan dalam beberapa waktu kedepan, serta untuk apa saja tabungan tersebut akan digunakan.

Jika baru akan memulai, ada baiknya diawali dengan melihat kembali persentase pendapatan yang mungkin dapat disimpan sebagai tabungan rutin.

• Perbanyak Edukasi Perencanaan Keuangan

Banyak yang berpikir bahwa perencanaan keuangan hanya berkutat dengan memetakan pengeluaran dan perbanyak menabung.

Padahal, banyak hal yang dapat dipahami lebih mendalam jika mempelajari perencanaan keuangan, seperti menyusun tujuan finansial, mengantisipasi risiko keuangan, hingga eksplorasi instrumen investasi untuk menambah pendapatan pasif.

Baik baru akan memulai maupun telah menjalankan perencanaan keuangan, menambah pengetahuan tentang finansial perlu dilakukan agar tetap relevan dengan kondisi saat ini.

Perkembangan teknologi finansial yang sangat dinamis, dapat digunakan untuk menjelajah konten-konten mengenai financial planning diberbagai platform digital.

Seperti dengan mengikuti diskusi atau seri berbagi ilmu bersama financial planner, atau menjadi bagian dari komunitas bisa menjadi pilihan.

• Mulai Adopsi Platform Digital

Sebagai bagian dari resolusi keuangan, tidak ada salahnya untuk mulai mengintegrasikan platform digital yang relevan dengan kebutuhan keuangan keluarga.

Jika mulai merasa berbelanja langsung di supermarket membuat semakin boros karena transportasi dan parkir misalnya, coba jajaki platform belanja grosir online yang menawarkan pengantaran gratis ke rumah.

Salah satu platform digital yang mungkin dapat dimanfaatkan dengan lebih maksimal tentu saja fitur e-wallet atau dompet digital.

Saat ini, dompet digital bukan hanya dapat dimanfaatkan untuk berbelanja online atau pembayaran di merchant via QRIS; namun juga semakin berkembang untuk berbagai kebutuhan transaksi digital lainnya.

ShopeePay, kini memiliki fitur Transfer ShopeePay yang memungkinkan transfer antar wallet ShopeePay dan ke semua rekening bank secara gratis tanpa biaya admin dan bebas kuota harian.

Langsung dari aplikasi Shopee, transfer dengan ShopeePay pun real time atau langsung sampai. Selain menghemat biaya admin, juga tidak perlu repot berpindah-pindah aplikasi, atau harus mengunjungi ATM.

Berbagai tips yang dapat dijalankan untuk kesehatan keuangan keluarga yang lebih baik jelang akhir tahun sudah dijabarkan.

Segera unduh aplikasi Shopee secara gratis via App Store atau Google Play, aktifkan ShopeePay, dan upgrade ke ShopeePay Plus untuk menikmati berbagai benefit tambahan, seperti limit saldo lebih besar, promo spesial, serta fitur Transfer ShopeePay yang memberikan kemudahan Transfer Ke Mana Pun.

- iklan -