- iklan -

Singkawang,ITN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi sejumlah destinasi wisata budaya di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Kamis (9/2/2023), untuk melihat secara langsung peluang yang dapat dioptimalkan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah tersebut.

Menparekraf Kunjungi Destinasi Wisata Budaya di Singkawang Kalbar
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi mengunjungi Wihara Tri Dharma Bumi Raya dan Bangunan Cagar Budaya Marga Tjhia, (9/2/2023).

Dalam kesempatan ini, Menparekraf Sandiaga mengunjungi Wihara Tri Dharma Bumi Raya dan Bangunan Cagar Budaya Marga Tjhia. Usai mengikuti prosesi penyambutan dan menyaksikan pertunjukan barongsai, Sandiaga mengungkapkan rasa kagumnya atas keberagaman tradisi dan budaya serta toleransi antar suku yang ada di Singkawang.

“Kita sudah melihat bagaimana kearifan dari konsep Tidayu (Tionghoa Dayak Melayu) di mana inilah yang menjadi bukti keharmonisan dan suatu persatuan dalam keberagaman,” kata Sandiaga.

Sandiaga mengapresiasi tradisi masyarakat Singkawang dalam menerapkan nilai-nilai toleransi. Menurutnya, keberagaman serta nilai-nilai toleransi yang hadir di Singkawang menjadi nilai jual dan daya tarik wisata yang unik dan menarik serta patut dicontoh oleh berbagai daerah di Indonesia.

“Karena yang dikunjungi (wisatawan) itu bukan hanya budayanya tapi juga toleransi dan kearifan masyarakat Singkawang yang betul-betul menjadi inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia agar bisa bersatu-padu dan tidak terpecah-belah serta membaur dengan baik,” katanya.

- iklan -