BALI, ITN- Bali terkenal akan keindahan pantainya yang digemari tidak hanya oleh wisatawan nusantara (wisnus), juga wisatawan mancanegara (wisman). Selain menawarkan pemandangan alamnya yang indah, pantai-pantai di Bali mempunyai karakter yang berbeda-beda antara pantai bagian utara, selatan, barat, dan timur, ditambah lagi Bali juga menawarkan sejumlah kegiatan wisata air yang menarik.

https://indonesiatripnews.com/perjalanan-wisata/geliat-bali-membangun-pariwisata-menyambut-liburan-akhir-tahun/Pada hari ketiga di Bali, Sabtu (28/11/2020)  indonesiatripnews.com mengeksplore Nusa Penida Beach. Untuk mencapai Nusa Penida wisatawan harus menyebrang dengan menggunakan fast boat dari Sanur.

Menuju Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur.

Mengeksplore banyaknya tempat wisata di Nusa Penida tentu saja tak cukup sehari, apalagi jika ingin menikmati sunset mengingat fast boat terakhir dari Nusa Penida ke Sanur pukul 16.00 WITA. Diperlukan menginap paling tidak satu hari.

https://indonesiatripnews.com/perjalanan-wisata/main-air-di-hidden-canyon-menikmati-alam-dtukad-hingga-mewarnai-pot/Di Nusa Penida bukan saja dapat melihat keindahan karang dan ikan-ikan di bawah laut, tetapi bisa sekalian snorkeling, “Sebaiknya bulan Juli hingga September datang ke Nusa Penida, karena dibulan ini ada kemungkinan bisa menjumpai ikan Mola Mola Raksasa yang berenang ke permukaan laut untuk berjemur,” ungkap tour guide Nusa Penida.

Perjalanan kami ke Nusa Penida  menuju wisata timur, diantaranya ke Diamond Beach dan ke Three House (Rumah Pohon). Dari Pelabuhan Nusa Penida ke Diamond Beach menghabiskan waktu kurang lebih satu jam.

Diamond Beach.

Hamparan laut Pantai Diamond dihiasi sejumlah tebing karst yang berbentuk meruncing bak permata. Alhasil nama “Diamond” pun diberikan pada pantai tersebut. Untuk bermain di area pantai, wisatawan harus menuruni anak tangga dari bebatuan sepanjang sekitar 25 meter.

Diamond Beach atau Pantai Berlian ini begitu terkenal mengingat di pantai ini sudah dibuatkan tangga sehingga wisatawan lebih mudah dan aman untuk menjangkau pantai ini. Sambil menuruni anak tangga, wisatawan bisa menikmati pemandangan lepas pantai dari ketinggian. Setibanya di area pantai, bisa berfoto-foto sambil menikmati indahnya air laut yang masih jernih.

Rumah Pohon.

Pantai ini juga memiliki fasilitas swing seperti di Ubud, sebuah ayunan raksasa yang diikatkan di kedua buah pohon kelapa yang menjulang tinggi. Sayangnya aktivitas berenang dilarang di pantai ini mengingat ombaknya yang dianggap berbahaya.

Selesai menikmati keindahan Diamond Beach, perjalanan dilanjutkan menuju Three House. Wisatawan yang ingin bermalam di Nusa Penida bisa menyewa rumah pohon dengan rate harga Rp550 ribu.

Kelingking Beach.

Rumah Pohon Nusa Penida menawarkan pengalaman yang menarik karena bisa menjadi tempat wisata sekaligus penginapan. Dari rumah pohon ini, wisatawan yang menginap dapat menyaksikan keindahan alam Nusa Penida

Selesai melihat Three House, kami menuju wisata barat, untuk melihat keindahan  Kelingking Beach dengan jarak tempuh yang hampir sama kurang lebih satu jam dari Three House.

Suasana makan malam di Pantai Jimbaran.

Kelingking Beach tepatnya terletak di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar, Kecamatan Nusa Penida. Kelingking Beach menjadi destinasi yang direkomendasikan untuk berwisata di pulau Bali.

Kelingking Beach Nusa Penida Bali menghadirkan keindahan surga yang tersembunyi dan masih jarang wisatawan yang mengunjunginya. Walaupun hanya bisa menikmati pantai ini dari atas tebing karena ada akses jalan yang susah untuk menuju ke bawah, hal ini tidak mengurangi rasa takjub indonesiatripnews.com dan peserta famtrip melihat keindahan tersebut.

Salah satu menu yang ditawarkan saat makan malam di Pantai Jimbaran.

Dari Kelingking Beach seharunya perjalanan dilanjutkan menuju Broken Beach dengan waktu 45 menit tetapi karena cuaca tak mendukung untuk melihat sunset kami kembali ke pelabuhan untuk sekaligus makan malam di Pantai Jimbaran, yang tentunya menawarkan aneka menu seafood yang memanjakan lidah.

Dari pengalaman eksplore ke Nusa Penida dengan beberapan pantainya yang menarik ini, indonesiatripnews.com ingin berbagi tips:

  1. Bila ingin bermalam di Nusa Penida sebaiknya jangan menggunakan koper, lebih baik menggunakan tas ransel, atau bila membawa koper pack light (paking ringan) saja mengingat susah untuk membawa koper naik ke atas fastboat.
  2. Pakai penutup kepala/topi
  3. Gunakan sunblock
  4. Pakai sandal lebih baik
  5. Bawa lotion nyamuk
  6. Jaket (jika bermalam)
  7. Obat-obatan
  8. Dan bawalah uang yang cukup karena susah mencari ATM. (Bersambung-Sishi)