JAKARTA, ITN-  UNTUK menyambut National Breakfast Day Senin, 12 Maret 2018, McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat telah mempersiapkan tim kerjanya, terutama di bagian dapur.

Melihat dari Dekat Dapur McDonald's Sarinah Thamrin
Sutji Lantyka dengan Chicken Muffin yang akan dibagikan di McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (12/3/18). Foto. evi

“Hari ini sebelum meluncurkan menu baru, kami mengundang rekan-rekan media untuk dapat mengikuti tour ke kitchen McDonald’s kami,” ujar Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka saat jumpa pers persiapan National Breakfast Day 2018 dan peluncuran menu baru McDonald’s Indonesia, di McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/18).

“Untuk tour kitchen tidak hanya bagi media saja, kami juga membuka bagi  masyarakat luas yang ingin mengenal dapur kami,” ungkapnya.

Sutji mengatakan, “Masih banyak orang salah persepsi tentang apa yang dilakukan di dapur, dari media sosial terutama. Dengan melihat sendiri dapur kami, maka tidak ada yang ditutup-tutupi. Yang kami sajikan untuk konsumen adalah yang tebaik, food safety dan food quality”.

Melihat dari Dekat Dapur McDonald's Sarinah Thamrin
Sugiharto atau biasa disapa Pak Bob memandu perjalanan kunjungan ke dapur McDonald’s Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. Foto.dok McD

Pada kesempatan tersebut perjalanan ke dapur yang dipandu oleh Restaurant General Manager McDonald’s Sarinah Thamrin, Sugiharto atau yang biasa disapa Pak Bob dibagi menjadi masing-masing 10 media, mengingat tidak bisa semuanya masuk ke dapur dikarenakan banyak peralatan masak yang panas dan jika disentuh berbahaya.

Sebelum perjalanan dimulai, IndonesiaTripNews.Com bersama peserta tour lainnya disarankan untuk mematuhi peraturan McDonald’s, yakni tidak mengambil gambar di area dapur dikarenakan banyak peralatan masak berukuran besar di dapur McDonald’s.

Melihat dari Dekat Dapur McDonald's Sarinah Thamrin
Siti Parisanti mengajarkan cara membuat Chicken Muffin kepada salah satu rekan media. Foto. dok McD.

Saat mulai memasuki area dapur, Bob mengatakan, “Seluruh karyawan yang berada di dapur diharuskan wajib mencuci tangan satu jam sekali dan setelah itu harus menggunakan hand block”.

Dilanjutkan dengan ke bagian area proses memasak ayam, penggunaan hand block pun berbeda, untuk bahan yang belum matang menggunakan handblock berwarna biru, sedangkan yang matang menggunakan hand block berwarna putih.

Bob juga memperlihatkan proses pemakaian minyak dan pengukur minyak khusus untuk Hash Brown, French Fries, dan juga Apple Pie yang tidak berada jauh dengan peralatan masak untuk menggoreng ayam. “Besok tanggal 12 Maret 2018 kita akan ada National Breakfast Day yang akan menjadi hari yang luar biasa, dan kemeriahannya akan terjadi di dapur ini,” ungkapnya bersemangat.

“Di tanggal tersebut kami akan menyediakan 1.000 Chicken Muffin gratis untuk pengunjung dan akan kami lebihkan 100 Chicken Muffin untuk tamu undangan,” ungkap Bob lebih lanjut.

Melihat dari Dekat Dapur McDonald's Sarinah Thamrin
Staf penyaji McDonald’s di bagian depan akan memberikan sinyal kepada staf di bagian dapur saat konsumen datang. Foto. evi

Bob mengatakan, “Kita punya Hash Brown, kopi dan teh,  yang akan menjadi tambahan selain Chicken Muffin yang akan dibagikan besok Senin (12/3/18). Di area ini akan menjadi ramai. Saat memasak kita harus tetap tersenyum dan bahagia”.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang rekan media ditawarkan untuk membuat Chicken Muffin. Dengan dipandu pramusaji bernama Siti Parisanti. “Saat membungkus Chicken Muffin harus pelan-pelan, karena kalau tidak mejadi berantakan. Minimum pemasakan Chicken Muffin itu hanya dua di alat ini, karena ada waktu sendiri. Kalau sudah matang mesin berbunyi,” jelas Siti.

“Semua memiliki pengukuran suhu minyak secara otomatis dan setiap pagi selalu dilakukan pengecekan suhu dan expired makanan. Ayam dimasak dengan suhu 166 derajat celcius selama 12 menit dengan 27 porong ayam saat menggoreng,” ujar Quality McDonald’s Sarinah, Fauziah menambahkan.

Melihat dari Dekat Dapur McDonald's Sarinah Thamrin
National Breakfast Day 2018 akan menyemarakkan sarapan pagi di 167 gerai McD di seluruh Indonesia. Foto. evi

Menurutnya staf di bagian dapur akan langsung memasak ketika menerima sinyal dari staf penyaji di bagian depan dengan diberikan sinyal bendera kuning dan jumlah ayam yang akan disajikan.

Tak hanya itu Fauziah mengatakan, “Ada juga staf bagian khusus penyaji hidangan seperti burger atau telur dadar. Sebelum ditempatkan di bagiannya, para staf disini di training selama tiga bulan. Semuanya harus bisa kerja cepat dan tepat waktu agar makanan dapat sampai ke konsumen dengan kondisi hangat dan tepat waktu”.

Dari pantauan selama berada di ruang bagian pemasakan, sedikit hawa panas memang akan dirasakan pengunjung menginat banyaknya peralatan masak, namun begitu tampak sangat terlihat kebersihan di bagian dapur tersebut.

Perjalanan diakhiri dengan melewati bagian penyimpanan bahan-bahan makanan yang tersimpan di lemari es berukuran besar, dilanjutkan dengan sebotol mineral water yang dibalut kertas bertuliskan ‘Pemadam Kepedasan”, dan menyantap nasi serta Ayam Spicy McD yang diluncurkan pada hari bersamaan setelah tour ke dapur McDonald’s.

Ayo jangan lupa, besok Senin, 12 Maret 2018 pukul 0630-11.00 WIB lihat keseruan karyawan McDonald’s menyajikan 1.000 Chicken Muffin Gratis. “Mana Lagi…Mana Lagi Selain di McD….” (evi)