JAKARTA, ITN- Ratusan penari dengan balutan kostum tradisional daerah memenuhi area Parkir Selatan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada Minggu sore  (27/11/22).

Para penari tersebut mengikuti kegiatan Taman Mini Menari 2022. Taman Mini Menari sendiri merupakan salah satu program yang rutin diadakan pada Minggu ke-3 di setiap bulannya oleh pengelola Taman Mini Indonesia Indah.

Sanggar Ayunda Puspita Ramaikan TMII Menari 2022 dengan Tari Puspa Pesona
tim tari binaan TMII meramaikan TMII Memnari. (foto. evi)

Diklat anjungan daerah beserta sanggar-sanggar seni undangan berkolaborasi untuk memeriahkan acara tersebut. Acara yang dibuka dengan penampilan bintang tamu Vino Saga yang menyanyikan lagu “Pecah Seribu” mendapat sambutan dari beberapa pengunjung yang sedang berada di sekitaran Parkir Selatan TMII.

Dilanjutkan dengan penampilan beragam tarian yang memukau, diantaranya Tari Kembang Bekasi yang dibawakan Sanggar Sinar Selih Asih, Tari Rahyang Mandalajati dari Sanggar Tari Kreasi Puspita, dan Tari Puspa Pesona oleh Sanggar Tari Ayunda Puspita. Disusul dengan tarian dari binaan potensi TMII yang ikut meramaikan acara tersebut dengan atraksinya yang membawa bendera warna-warni.

Sanggar Ayunda Puspita Ramaikan TMII Menari 2022 dengan Tari Puspa Pesona
Gerakan tari Puspa Pesona. (foto.evi)

Dibawah terik matahari, Tari Puspa Pesona yang dibawakan dengan enerjik oleh sejumlah penari yang berparas ayu ini membuat pengunjung semakin ingin mendekat untuk melihatnya.

Puspa Pesona merupakan suatu tarian yang mencerminkan tentang keterpesonaan terhadap seorang pemimpin wanita. Pemimpin yang memiliki sikap keibuan, berbahasa lembut, gemulai dalam bersikap namun tegas dan lugas dalam bertindak.

Sanggar Ayunda Puspita Ramaikan TMII Menari 2022 dengan Tari Puspa Pesona
Penampilan Tari Puspa Pesona dari Sanggar Ayunda Puspita (foto. evi).

Puspa Pesona cerminan pimipnan seorang wanita berparas ayu, bersahaja, rendah hati dalam tampilan dan juga berpenampilan moderen.

Setelah tiga tarian, Vino Saga kembali masuk menghibur pengunjung TMII dengan suaranya yang mengajak pengunjung untuk ikut bernyanyi dan menari dengan lagu daerah Papua, yakni Yamko Rambe Yamko.

Dilanjutkan dengan Tari Ronggeng Geber dari Sanggar Wijaya, Tari Lenggang Nyai dari Sanggar Mutia Tradisional, dan Tari Layar Batuta dari Sanggar Bunga Tanjung.

Sanggar Ayunda Puspita Ramaikan TMII Menari 2022 dengan Tari Puspa Pesona
Ratusan penari dan Vino foto bersama selesai acara TMII Menari 2022.. (foto. evi)

Setelah tiga tarian, Vino kembali menyanyikan lagu terakhirnya dengan diikuti seluruh penari dan mengajak pengunjung ikut bernyanyi dan berjoget membuat lingkaran bersamanya dengan lagu “Ojo Dibandingke”.

Setelah Vino bernyanyi, dilanjutkan dengan Lagu “Gemu Fa Mire” asal Ende- Flores (Nusa Tenggara Timur) menjadi penutup acara, dimana pengunjung juga diajak untuk turut menari bersama. (evi)