- iklan -

JAKARTA, ITN- Mengambil tempat di area Gazebo Taman Margasatwa Ragunan Jakarta Selatan, komunitas pengajian Ukhtina memperingati lima tahun berdirinya Ukhtina bertema “Ukhtina Bersinar (Berbagi, Silaturahmi, Rihlah)” yang didukung oleh J99Corp.

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai ungkapan  syukur atas persahabatan yang telah dijalin komunitas Ukhtina selama lima tahun terakhir. Acara kajian yang dikemas dalam kegiatan rihlah sekaligus berbagi kepada yang membutuhkan ini, dihadiri kurang lebih 100 anggota Ukhtina yang tersebar di area Jabodetabek.

“Dalam rangka milad ke-5 Ukhtina kami ingin mengumpulkan para anggota dalam suasana kajian yang berbeda agar saling kenal dan memperkuat ukhuwah secara nyata. Bagi yang selama ini mengikuti kajian hanya lewat online, dengan acara ini bisa bertemu dan lebih mengenal,” ujar Yusnina Karlita, Ketua Panitia Ukhtina Bersinar, di Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

Para peserta terlihat antusias mengikuti kajian yang dibawakan oleh ustadzah Hj Lissa Malike, Lc bertajuk “Berteman Sampai ke Surga”. Dalam pemaparannya, Ustadzah Lissa menekankan pentingnya mempererat ukhuwah Islamiyah.

“Ukhuwah Islamiyah merupakan ikatan kokoh dan konsisten yang menyatukan setiap muslim bukan hanya di Nusantara namun juga di seluruh dunia,” ujar Nina.

Peringati Milad Ukhtina Ke-5, Jalin Ukhuwah dan Berbagi di Taman Margasatwa Ragunan
Ustadzah Hj Lissa Malike, Lc (tengah) dalam kajian Islami bertajuk “Berteman Sampai ke Surga” (foto. evi)

Pada kesempatan itu, Lissa juga menyinggung tentang kondisi terkini Palestina dan menegaskan bahwa membantu Palestina adalah sebagai bagian dari ukhuwah islamiyah. “Tentunya kita membantu meringankan duka Palestina dengan berdonasi dan terus berdoa,” jelas Lissa yang juga merupakan Ketua bidang sosialisasi & edukasi Palestina Koalisi Perempuan Indonesia Peduli Al Aqsha.

Nina menambahkan, berbagi menjadi tema besar kegiatan Milad Ukhtina yang ke-5. Tema itu antara kain diwujudkan melalui pembagian paket makan kepada puluhan petugas di sekitaran wilayah Ragunan. Selain itu juga diadakan penggalangan dana guna membantu warga Palestina yang sedang dilanda peperangan.

Kegiatan Ukhtina Bersinar didukung oleh J99 Corp. sebagai mitra utama dalam acara ini. CEO J99 Corp, Ganesya Widya mengatakan bahwa bagi mereka keberdaan media sangatlah penting sehingga J99 Corp. sangat senang bisa mendukung kegiatan rekan-rekan jurnalis melalui acara Ukhtina Bersinar.

“Semoga kolaborasi ini dapat membawa kebaikan, mempererat tali silaturahmi dan memberi dampak positif yang lebih luas. J99 Corp. melalui unit-unit bisnisnya dan brand seperti MS GLOW, Jiwater dan lain-lain senantiasa berkomitmen untuk memberikan jaminan kualitas tinggi, dan kami ingin masyarakat kian mengenal dan mencintai produk dan jasa kami; salahsatunya dengan dukungan terhadap event-event positif seperti hari ini,” tambah Ganesya.

Kegiatan Milad Ukhtina diisi dengan acara hiburan berupa games edukasi tentang Islam dengan melibatkan hampir seluruh peserta termasuk anak-anak.

Peringati Milad Ukhtina Ke-5, Jalin Ukhuwah dan Berbagi di Taman Margasatwa Ragunan
Foto bersama peserta milad Ke-5 Uktina Bersinar di Gazebo, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta, Sabtu (11/11/2023).

“Senang dengan acara kajian seperti ini yang tampil berbeda. Kita bisa mengikuti kajian, games, di saat bersamaan mengajak untuk tetap peduli Palestina,” kata Aulianti, guru SMA di Jakarta yang hadir sebagai peserta.

Ukhtina (Ukhuwah Till Jannah), berdiri pada tahun 2018 sebagai komunitas pengajian yang tidak berafiliasi dengan partai atau kegiatan politik apapun.  Ukhtina sendiri bermakna ikatan persaudaraan sesama muslim yang berlangsung karena Allah, dan dapat terus menjaga ukhuwah hingga kelak bertemu di surga Allah.

Lebih jauh, komunitas pengajian Ukhtina berdiri dengan dilandasi dari keinginan para jurnalis muslimah untuk menambah ilmu agama sebagai siraman rohani sekaligus penyeimbang kehidupan yang utamanya bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Memperkuat tali silaturahmi sesama rekan seprofesi awalnya juga menjadi visi misi komunitas ini. Namun seiring waktu anggotanya semakin luas, bukan hanya terbatas dari kalangan jurnalis saja, tetapi juga praktisi komunikasi, komunitas guru, dan lainnya yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Adapun kegiatan kajian diadakan rutin setiap dua pekan sekali bergantian secara tatap muka lewat daring. Karena dilakukan secara hybrid, kajian ini dapat menjangkau anggota yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.Materi yang dibahas dalam kajian ini cukup beragam dari mulai tafsir Al Quran, hadits, hingga ilmu fiqih.

“Harapannya melalui kajian Ukhtina, para anggota dapat memperkuat solidaritas untuk mewujudkan cita-cita bersama dalam membangun dan mensyiarkan Islam, serta memiliki sikap tarâhum (kasih sayang)  dengan saling bantu dalam hal kebaikan dan meningkatkan ketaqwaan”, tutup Nina.

- iklan -