CIREBON, ITN- Belum ke Cirebon kalau tak makan Sego Jamblang (Nasi Jamblang). Ada banyak tempat yang menjual Nasi Jamblang. Kali ini indonesiatripnews.com atas undangan desainer Nina Septiana (Nina Nugroho) mendapat kesempatan mencoba untuk menikmati Pawon Sego Jamblang Hj Asnani.

Pawon Sego Jamblang Hj Asnani yang baru saja buka pada 4 Mei 2022 lalu ini terletak di Jalan Ir H Djuanda No 32, Dawuan, Kecamatan Tengah Tani, Kabupaten Cirebon.

Sejumlah lauk masakan rumahan yang terdiri dari 35 jenis tampak tersaji rapih dan siap untuk dipilih pengunjung. Seperti biasa resto Nasi Jamblang pada umumnya, sistem pemesanan secara prasmanan pun berlaku di sini.

Menikmati Pawon Sego Jamblang Hj Asnani di Cirebon
Menu nasi jamblang pilihan indonesiatripnews.com.

Pegawai resto akan memberikan pengunjung sepiring Nasi Jamblang polos dengan alas daun jati. Sisanya, pengunjung dapat memilih sendiri lauk yang diinginkan. Mulai dari goreng-gorengan seperti ayam, tahu, tempe, telur sampai yang ada kuahnya seperti semur, sayur tahu, dsb. Ada juga pilihan seafood, seperti Cumi Blekutek (cumi hitam) yang sedap.

Indonesiatripnews.com memilih nasi dengan pilihan lauk Cumi Blekutek (cumi hitam), Sayur Tahu, Sate Telor Puyuh, Tauco Kedelai, dan sambal merahnya dengan campuran potongan daging khas Cirebon. Begitu masuk ke dalam mulut, kombinasi rasa antar lauk dipadu dengan pedasnya sambal amatlah sedap. Gurih, asin, manis, dan pedas semuanya terasa pas di lidah.

Menikmati Pawon Sego Jamblang Hj Asnani di Cirebon
Sayur Tahu, menjadi menu yang paling dipilih.

Selain menu tersebut, menu lainnya yang sangat memanjakan lidah dan menjadi menu andalan pengunjung, antara lain Rica Ikan Tongkol, Ikan Suwir Masak Aceh, aneka pepes, dan masih banyak menu lainnya dengan harga mulai dari Rp2.500 hingga Rp18.000.

Dari sekian banyak tempat makan Nasi Jamblang, yang membedakan Pawon Sego Jamblang Hj Asnani dengan Nasi Jamblang lainnya, yakni rasanya begitu melekat di indra perasa, seperti sedang makan makanan yang dimasak oleh keluarga di rumah. Tak hanya itu sajian Pawon Sego Jamblang Hj Asnani tampak terlihat rapi dan higienis mengingat semua menu yang ditawarkan di dalam wadah panci tertutup, begitu juga dengan gelas minuman untuk pengunjung semjua di beri tutup gelas.

“Dengan kapasitas kurang lebih untuk 60 pengunjung, kami memilih lokasi di Jalan Ir H Djuanda, karena kawasan ini telah dikenal sebagai kawasan kuliner khas Cirebon, yakni Empal Gentong. Kami buka mulai pukul 08.00-21,00 WIB,” ujar pemilik Pawon Sego Jamblang Hj Asnani, Mahrus Ali.

Menikmati Pawon Sego Jamblang Hj Asnani di Cirebon
Selain semur tahu, sambal merah khas Cirebon dengan irisan daging di dalamnya juga menjadi pilihan yang sangat diminati pengunjung.

Mahrus Ali ingin melengkapi kawasan tersebut sebagai one stop destination kuliner khas Kota Udang dengan menghadirkan nasi Jamblang. “Selama ini tempat makan Nasi Jamblang kebanyakan di dalam Kota Cirebon, sehingga kami mencoba hadir di Kabupaten Cirebon,” ujar Mahrus Ali yang mengelola rumah makan ini bersama sang istri Hj Nani Ratnasih kepada indonesiatripnews.com.

Sementara pada kesempatan yang sama Hj Nani Ratnasih, yang juga ibunda desainer kondang Nina Nugroho mengatakan, “Secara umum pilihan menu yang disajikan sama seperti Nasi Jamblang pada umumnya, namun penyajian makanannya berbeda, karena ditempatkan dalam panci yang dilengkapi penutup sehingga kebersihannya lebih terjamin”.

“Awal mula mendirikan Pawon Sego Jamblang Hj Asnani ini, karena saya bersama suami ingin mengakomodir tenaga kerja yang terkena PHK akibat dampak pandemi Covid-19. Kebetulan kami juga sudah lama menjalani bisnis katering untuk melayani kebutuhan konsumsi ratusan anggota DPR di Jakarta setiaph harinya,” ungkapnya.

Lebih lanjut Nani mengatakan, “Saya juga ingin mengembangkan kuliner khas Cirebon, yakni Nasi Jamblang. Makanya saya dan suami memutuskan untuk pulang kampung ke Cirebon dan membuka rumah makan Nasi Jamblang ini.

Menikmati Pawon Sego Jamblang Hj Asnani di Cirebon
Foto Bersama pemilik Pawon Sego Jamblang Hj Asnani, Mahrus Ali & istri Hj Nani Ratnasih yang juga orangtua dari desainer kondang, Nina Nugroho.

Meskipun sudah ada menu berkuah, yakni Baso Ikan Tuna, pengunjung masih mengiginkan menu berkuah. “Untuk menu tambahan banyak permintaan dari pengunjung yang menginginkan masakan berkuah, kedepannya kami akan menambah menu Soto Ayam, Sop Ayam, dan Sop Iga Sapi,” tambah Hj Nani Ratnasih.

Ada sedikit tips buat sobat indonesiatripnews.com, ketika makan Nasi Jamblang untuk tidak lapar mata melihat banyaknya aneka lauk yang menggoda. Pilih yang benar-benar disuka, agar tidak mubazir. Kalau masih kurang tinggal tambah lagi. Yuk’ cuss coba Pawon Sego Jamblang Hj Asnani. (evi)