JAKARTA,ITN- Masyarakat Indonesia, dikenal sangat peduli satu sama lain, gemar menolong dan saling membantu. Situasi ini tak terkecuali, bagaimana sikap bangsa kita bersama-sama seluruh elemen bangsa menghadapi pandemi Covid-19, dimana dengan semangat kebersamaan dan tolong menolong upaya mengatasi pandemi Covid sekaligus mempertahankan kondisi ekonomi, menjadi bukti kuat bahwa rakyat Indonesia memang hebat.

Menumbuhkan kebangkitan ekonomi, termasuk sosial dan budaya, menjadi inisiatif yang melatarbelakangi Forum Komunikasi Masyarakat Kudus (FKMK) turut dalam upaya menyiarkan dan mendorong kebangkitan ekonomi rakyat pasca pandemic Covid 19.

Meskipun FKMK menyadari bahwa upaya yang dilakukan adalah kontribusi kecil, namun upaya positif ini diharapkan terus menerus dapat dilakukan oleh komponen masyarakat lain.

“FKMK mengajak komunitas daerah di Jabotabek, usahawan, BUMN dan para pihak untuk bersama-sama memberi kesempatan UMKM, Masyarakat Kreatif dan Seni Budaya kembali berkarya dan berjaya pasca pandemi Covid-19,” ujar Ketua Umum FKMK, Marsdya (Purn) Eris Herryanto dalam keterangan tertulisnya kepada indonesiatripnews.com.

Kudus Festival Digelar pada 21-22 Mei 2022 di Museum Satria Mandala Jakarta

Kudus Festival 2022 adalah event yang mewadahi para pelaku Seni & Budaya, masyarakat kreatif, dan UMKM untuk unjuk gigi kembali dihadapan masyarakat luas.

Event yang digelar selama 2 hari tanggal 21 sd 22 Mei 2022 di Museum Satria Mandala Jakarta diselenggarakan oleh FKMK bekerja sama dengan Pemerintah Kudus, Yayasan BUMN, dan para donatur.

Eris menjelaskan, “Kudus Festival ini menyajikan aneka pentas budaya dan seni, pamer produk UMKM, dan pamer produk makanan khas kudus, yang dibuka untuk umum, dan kami mengajak masyarakat Indonesia untuk menyaksikan kagiatan ini secara langsung di Museum Satria Mandala, dan khusus warga Kudus akan jadi ajang silaturahim yang kini sedang ada di perantauan.

“Adanya festival ini juga diharapkan bisa semakin menambah ikatan persaudaraan antaranggota FKMK, sehingga bisa semakin solid dan kompak di perantauan”, tambah Marsdya (Purn) Eris Herryanto.

Sementara itu Ketua Panitia Himawan, mengajak masyarakat untuk tidak ketingalan untuk menikmati kuliner khas kudus di Jakarta, dengan harga murah seharga di Kudus.

“Mari kita nikmati sajian kuliner Kudus murah meriah di Jakarta, sekaligus kita saksikan pula pentas seni & budaya khas Kudus, seperti tarian, wayang klitik, ketoprak, kirab jenang, dan lain-lain,” ungkap Himawan.

Dalam pameran produk UMKM nanti akan ditampilkan produk unggulan dari Kudus, termasuk fashion diantaranya batik, ecoprint, bordir, peci, dll, serta produk kreatif lain. Produk makanan yang ditampilkan antara lain Sate Kebo, Soto Kudus, Garang Asem, Sego Pindang, Sego Kering, Sego Jangkrik, Lentog, dan masih banyak lagi.

Bagi masyarakat yang akan kelokasi dapat menuju Kudus Festival 2022 yang berlokasi di halaman Museum Satria Mandala, Jl Gatot Subroro Kav 14 Jakarta Selatan.