JAKARTA, ITN- Diadaptasi dari novel karya Kaui Hart Hemmings yang terbit tahun 2007, Film ini mengisahkan tentang Matt King yang diperankan oleh George Clooney sebagai seorang pengacara yang bekerja di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat.

Selain menjadi seorang pengacara, Matt juga menjadi pewaris tunggal tanah warisan keluarga seluas 25 ribu hektar yang terletak di pulau Kauai, Hawaii, Amerika Serikat.

Kepemilikan tanah ini mengalami sengketa dan pejabat setempat mendesak Matt untuk segera menjualnya, namun di tengah pertimbangan Matt memutuskan untuk menjualnya atau tidak, muncul masalah lain.

Istrinya, Elizabeth yang diperankan oleh Patricia Hestie mengalami sebuah insiden yang membuatnya koma dan terbaring dirumah sakit, hal ini membuat Matt mau tidak mau harus menjadi pengasuh bagi anak perempuan nya Scottie yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

"The Descendants" Sebuah Film dengan Penuh KonflikKarena kerap sibuk dengan pekerjaannya dan jarang meluangkan waktu untuk Scottie, ini menjadi hal yang cukup berat untuk Matt ditambah lagi menurut gurunya di sekolah Scottie adalah anak yang nakal dan sering berbicara tidak sopan bahkan mem-bully teman sekelasnya.

Untuk itu Matt memanggilnya anak sulungnya, Alex yang diperankan oleh Shailene Woodley untuk pulang dari asrama sekolahnya dan membantunya mengurus Scottie, namun sama halnya dengan Scottie, Alex juga sering bicara tidak sopan dan anak yang susah diatur, ia bahkan sering mabuk dan mengonsumsi narkoba.

Tentu ini menjadi tantangan berat untuk Matt agar bisa menjalin ikatan emosional dan memperbaiki hubungan ia dengan kedua putrinya. Konflik bertambah ketika Matt dihadapkan dengan keputusan dokter yang menyatakan bahwa istrinya, Elizabeth tidak akan pernah terbangun dari koma dan dokter menyarankan untuk mencabut alat penunjang kehidupannya dan segera memberi tahu kabar ini ke anak-anak dan kerabatnya.

Mendengar hal ini, tiba tiba saja Alex membongkar satu rahasia yang disembunyikan oleh ibunya, tanpa sepengetahuan Matt ternyata selama ini Elizabeth berselingkuh dengan pria lain. Hal ini makin membuat situasi semakin runyam dan membuat Matt sangat kecewa dan marah hingga ia mencari siapa pria yang menjadi selingkuhan istrinya itu.

The Descendants menampilkan cerita yang ringan, sederhana sekaligus mudah dipahami. Kisah tentang orang-orang yang berusaha untuk menjadi lebih dewasa dan lebih baik.

Semua tokohnya pernah punya kesalahan yang mereka perbuat di masa lalu. Mereka lalu menemukan kondisi yang membuat mereka menyesali kesalahan mereka dan mencoba untuk memperbaiki kesalahan tersebut dan berusaha melanjutkan hidup dengan lebih baik.

Elemen drama yang dibalut dengan komedi juga dibawakan secara baik di film ini, ditambah cinematography dan musik pengiring yang berlatar di Hawaii membuat nuansa menjadi semakin mudah untuk dinikmati bersama keluarga.