JAKARTA, ITN- Saat ini, berinvestasi bukan hanya menjadi keinginan mereka yang sudah mapan, tetapi juga banyak pemain pemula yang sudah mempunyai niat untuk mulai berinvestasi demi masa depan. Menurut Bursa Efek Indonesia, jumlah investor baru mengalami kenaikan sebesar 28% sepanjang tahun lalu. Walaupun begitu, pandangan bahwa investasi itu ribet, butuh dana besar, dan beresiko tinggi, masih menghantui dan menjadi alasan sebagian besar orang, khususnya milenial, untuk mundur dari keinginan mereka menginvestasikan uangnya.

Untuk mengakomodir hal ini, tanamduit sebagai platform digital menyediakan ragam produk investasi secara online dalam satu aplikasi dan dikelola oleh partner yang profesional sekaligus memberikan kemudahan berinvestasi. Produk-produk investasi yang ditawarkanpun bervariasi seperti reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), sampai asuransi. Mulai dari Rp10 ribu saja, kamu bisa mulai berinvestasi reksa dana di tanamduit.

“Kami sadar kalau ada beberapa alasan yang menjadi dasar mengapa masyarakat harus berpikir dua kali untuk berinvestasi, sehingga manfaat-manfaat besarnya pun sering terlupakan,” ujar co-founder tanamduit, Rini Hapsari di Jakarta, Senin (25/1/20).

Menurut Rini, tanamduit hadir untuk memberikan masyarakat Indonesia kenyamanan dan kemudahan melalui berbagai fitur dan tools agar tujuan berinvestasi dapat diprioritaskan. Selain itu mereka dapat mengelola keuangan dengan baik tanpa harus berpindah aplikasi. Sekali lagi, investasi itu penting dan possible bagi semua usia.

Untuk meningkatkan antusiasme pengguna, tanamduit juga berpartisipasi dalam ShopeePay Mantul Sale (SMS) pada 25-27 Januari mendatang dengan menawarkan voucher cashback 60% hingga Rp12 ribu agar #temanduit dapat berinvestasi dengan nyaman, lebih cakap dalam mengelola keuangan dan segera mencapai financial freedom.

Jadi, manfaat-manfaat seperti apa yang dapat didapatkan dengan berinvestasi? Simak poin-poin berikut dari tanamduit untuk mengingatkan kembali #temanduit agar segera berinvestasi.

  1. Menabung Jadi Lebih Cepat

Biasanya, kita punya banyak wishlist untuk diwujudkan, seperti membeli kamera untuk mendukung hobi fotografi, liburan ke luar negeri, menabung untuk biaya penelitian di akhir semester kuliah, atau membeli rumah pertama. Dengan berinvestasi, uang kita akan berpotensi untuk bertambah nilainya dari waktu ke waktu. Alhasil, mewujudkan wishlist pun bisa jadi lebih cepat, bukan?

  1. Punya Dana Simpanan untuk Hal Tidak Terduga

Hidup memang tidak bisa diprediksi. Terkadang, ada saja hal-hal tidak terduga yang pada akhirnya memerlukan banyak biaya, seperti jatuh sakit, kehilangan aset dengan alasan tertentu, kemungkinan kehilangan pekerjaan, bahkan situasi pandemi seperti sekarang ini. Investasi dapat menyelamatkan kita untuk menutupi biaya-biaya yang diperlukan dalam menghadapi hal-hal tidak terduga. Bayangkan kalau kita belum siap secara finansial dalam kondisi-kondisi mendesak tersebut. Duh, pasti akan bingung banget!

  1. Merdeka Secara Finansial

Dengan berinvestasi, uang yang diinvestasikan akan terus bekerja menghasilkan pundi-pundi Rupiah yang berlimpah ke dalam rekening meski ada saatnya kita harus break dari pekerjaan. Kalau sudah memiliki penghasilan, berinvestasi tentu jadi lebih menguntungkan, karena penghasilanmu akan jadi double. Dengan begitu, kita bisa lebih fokus untuk mengelola keuangan dengan baik.

  1. Terhindar dari Inflasi

Inflasi dapat berdampak pada banyak hal, salah satunya pendapatan. Apabila pendapatan kita tidak meningkat seiring terjadinya inflasi, maka dapat dipastikan daya beli kita akan terus berkurang. Dengan investasi, nominal uang yang kita miliki akan terus stabil mengikuti tren keuangan, khususnya saat inflasi.

  1. Masa Depan Anti Suram

Berbagai keuntungan investasi dapat menyelamatkan kita di masa depan. Perencanaan finansial yang matang, salah satunya dengan memulai investasi, merupakan langkah terbaik bagi setiap orang untuk mewujudkan masa depan yang anti suram.

Dengan adanya berbagai manfaat ini, ada baiknya masyarakat Indonesia tetap bersemangat untuk berinvestasi untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik secara finansial.