JAKARTA ITN– Disadari atau tidak, usia pemakaian kasur ternyata membawa pengaruh besar terhadap kenyamanan tidur. Menurut Bill Fish, sleep coach dari Sleepfoundation.org, kasur yang telah berusia tua sangat rentan menjadi sarang tungau debu. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan kulit mati dan minyak alami yang mengundang tungau. Jumlah tungau dalam kasur ini akan semakin banyak seiring dengan usia pemakaian kasur yang semakin tua.

John D. Ramirez Jr dari Florida Orthopedic Institute menuturkan bahwa tungau dapat menyebabkan penyakit kulit seperti eksim, sementara kotoran dari tungau menjadi faktor utama timbulnya alergi. Selain alergi, kasur berusia tua juga dapat menyebabkan asma dan rasa nyeri pada leher dan punggung.

Sementara menurut Asosiasi Produk Tidur Internasional (The Better Sleep Council) pemakaian kasur maksimal idealnya adalah tujuh sampai sepuluh tahun lamanya. Lebih dari itu, baiknya sudah harus mengganti dengan kasur yang baru.

Selain usia pemakaian kasur, pemilihan jenis kasur  ternyata juga tidak kalah penting untuk diperhatikan. Pilihan kasur biasanya beragam disesuaikan dengan kondisi tubuh dan kebutuhan. Misalnya, orang dengan postur tubuh yang besar atau memiliki masalah pada tulang punggung lebih cocok menggunakan kasur dengan feel yang lebih keras.

“Tidur malam merupakan bagian penting dari kehidupan manusia. Kita menghabiskan 1/3 (sepertiga) dari hidup untuk tidur, dan tidur yang sehat dapat membantu meningkatkan kualitas hidup. Matras yang baik dan berkualitas akan memberikan Anda lingkungan yang sehat dan tempat untuk beristirahat yang dapat mendukung terjadinya regenerasi sel didalam tubuh dan kesehatan mental sehingga Anda dapat memperoleh kembali tenaga untuk menjalankan aktifitas di siang hari,” ujar Mukti Argo selaku Group Brand Manager DAP dalam keterangan tertulisnya kepada Indonesiatripnews.com, Jumat (20/11/2020).

Menjawab kebutuhan masyarakat akan perlengkapan tidur berkualitas, PT Duta Abadi Primantara (DAP) menggelar pameran besar, Clearance Sale pada 24-27 November 2020 di Sampoerna Strategic Square. Clearance Sale DAP ini merupakan pameran akbar tahunan yang diselenggarakan sejak 2014. Di perhelatannya yang ketujuh kali ini, Clearance Sale akan menyediakan berbagai perlengkapan tidur dengan potongan harga. Adapun perlengkapan tidur yang ditawarkan meliputi mattress dan bedding accessories yang ada di DAP yakni King Koil, Serta, Tempur, dan Florence.

Christine Setiawan selaku Head of Direct Sales mengungkapkan, kegiatan Clearance Sale yang tetap dihelat di kondisi pandemic ini merupakan bukti komitmen DAP untuk konsisten menyediakan kebutuhan perlengkapan tidur berkualitas.

“Hampir semua industri terkena dampak dari Pandemi Covid-19, namun DAP berkomitmen untuk menyuguhkan kebutuhan perlengkapan tidur yang sesuai dengan kondisi sekarang. Untuk itu, kami beradaptasi dengan standar pelayanan yang baru pada semua pameran yang kami adakan dan tentunya kami terapkan juga di Clearance Sale kali ini,” ujar Christine.

Adaptasi tersebut berupa penerapan protokol kesehatan selama Clearance Sale berlangsung. Tahapan protokol kesehatan mulai dari pengecekan suhu kepada para SPG dan pengunjung yang datang. Setiap SPG wajib mengenakan masker, face shield dan sarung tangan. Hand sanitizer tersedia di setiap titik area pameran untuk digunakan oleh pengunjung. Selain itu, pada lantai area pameran juga dipasang imbauan stiker untuk tetap menjaga jarak di beberapa titik.

Tidak hanya pengunjung, penerapan protokol kesehatan juga berlaku produk-produk yang dijual Clearance Sale ini. Setiap kasur pada pameran ini sudah disterilisasi sebelum dipamerkan ke konsumen. Pembersihan produk-produk secara berkala dengan disinfektan juga dilakukan agar pengunjung tetap merasa aman dan nyaman selama berbelanja.

“Untuk Clearance Sale tahun ini kami menerapkan rangkaian prosedur kesehatan untuk menghindari penyebaran Covid-19. Jumlah pengunjung juga kami batasi cukup 45 orang dalam sekali masuk. Selain itu, untuk pembayaran transaksi, kami menyarankan pengunjung untuk dilakukan secara cashless,” ujar Christine.

Pada tahun sebelumnya Clearance Sale dari DAP dihadiri oleh 2.000 pengunjung. Namun mengingat masa pandemi saat ini, DAP hanya menargetkan pengunjung sebesar 80 % dari tahun lalu atau sekitar 1.600 pengunjung. Christine berharap Clearance Sale DAP tahun ini mendapat sambutan baik dan mampu memberi alternatif kebutuhan tidur bagi pengunjung.

“Kami berharap lewat Clearance Sale ini, masyarakat Indonesia dapat memiliki kasur dan perlengkapan tidur premium dengan harga terjangkau, yang akan membantu agar tidur lebih nyaman dan berkualitas sehingga meningkatkan mood positif serta produktifitas,” tutur Christine.

Pengunjung Clearance Sale dapat menikmati diskon hingga 80%. Khusus pengunjung yang melakukan transaksi dengan kartu kredit dan debit BCA akan ada cashback hingga Rp400.000 dan cicilan 0% selama 3 bulan.

Pada Clearance Sale ini terdapat dua metode pengiriman produk yakni carry away, pembelian hari H transaksi sebelum pukul 15.00 WIB akan dikirimkan di hari yang sama (wilayah Jakarta kecuali Kepulauan Seribu). Metode lainnya adalah pengiriman sesuai dengan tanggal permintaan konsumen, namun paling lama dua minggu sejak pameran berakhir. (*/sasha)