JAKARTA, ITN- Ajang tahunan Jakarta Fashion Trend (JFT) 2023 secara resmi telah digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter untuk keempat kalinya dengan mengusung tema “FashByte” yang memadukan antara fashion, beauty, dan nature dengan tujuan memperkuat kolaborasi antara industri fesyen dan kosmetik di tanah air.

Gelaran hari kedua Jakarta Fashion Trend 2023 menyoroti potensi sektor kids wear (pakaian anak) melalui fashion show “Jakarta Kids Fashion Trend”.

JFT Tampilkan Trend Urban Fashion, Kids Fashion, Hingga Modest Fashion dalam Tema FASHBYTEMenampilkan rangkaian koleksi pakaian anak rancangan desainer yang merupakan member IFC Jakarta Chapter, yaitu Raegita Zoro, Tieka Huza, Erika Ardianto dengan brand Boldsession, Vielga, Hannie Hananto, dan Chaera Lee X Wastra Batik Semarang.

Keenam desainer tersebut mengeksplorasi kreativitasnya dalam memberikan tawaran trend pakaian anak dengan ragam gaya sesuai ciri khas rancangan masing-masing desainer tersebut. Turut ditampilkan koleksi dari brand Kaylalee, Araji, dan Torilla Mode by Hany.

Enam siswa mode dari Institut Kesenian Jakarta berkesempatan pula memperkenalkan koleksi pakaian anak dalam perhelatan ini. Keseluruhan koleksi tersebut diperagakan oleh model anak-anak yang tergabung dalam agensi model Favor Place.

“Industri pakaian anak sangat potensial sebagai salah satu pendorong industri fesyen di Indonesia, namun belum dikembangkan secara optimal,” ujar Hannie Hananto, Local Chairman Indonesian Fashion Chamber Jakarta Chapter.

Dengan target menjadikan Indonesia sebagai pusat mode dunia menurutnya tentu perlu dipersiapkan seluruh sektor dalam industri fesyen tanah air, termasuk pakaian anak. Oleh karena itu, IFC Jakarta Chapter tergerak membuat slot fashion show khusus pakaian anak.

“Kami berharap kegiatan ini dapat diadakan secara berkelanjutan untuk ikut menggiatkan industri pakaian anak di tanah air,” jelas Hannie Hananto.

Rangkaian fashion show pada hari kedua Jakarta Fashion Trend 2023 ini dilanjutkan dengan tawaran trend terbaru dari sejumlah brand dan desainer muda berbakat di Indonesia, yaitu Sanic Alexander, Lyah, Mariline, Heraida, Basheera by Descilia, AR Rafi Premium by Bunda Hanim, Namu by Nanda Mutia, Gaea Home, Aqillah by Ria, Elemwe by Lily Mariasari, dan siswa mode dari Immerse Fashion Academy.

JFT Tampilkan Trend Urban Fashion, Kids Fashion, Hingga Modest Fashion dalam Tema FASHBYTESebagai penutup JFT 2023 ini menghadirkan parade busana dari Rueverse, Racespot X Snap Custom Wear, Kantor Perwakilan Bank Indonesia DKI Jakarta Presents Erika Ardianto, Lia Mustafa, Rosie Rahmadi Homme X Txture, Wignyo, Andy Sugix, AM by Anggia Mawardi, Samsuga, dan Raegita Zoro.

Dalam perhelatan ini diselenggarakan pula pelantikan anggota baru Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter, yaitu Iyonono, Rizka Ade, Louie, Maya Yusufina, Fatmah Suudiyah, dan Kaylalee.

Jakarta Fashion Trend 2023 digelar pada tanggal 11-12 Januari 2022 lalu di Soehana Hall, The Energy Building, SCBD Jakarta dengan menampilkan Fashion Parade karya 62 fashion designer IFC, 12 fashion designer syar’i, 11 brand kids fashion, dan 11 brand/fashion designer dari 11 kota di seluruh Indonesia, yaitu Jambi, Kediri, Kalimantan Utara, Sumatra Barat, Bandung, Yogyakarta, Maluku, Sibolga, Semarang, Surabaya dan Malang.

Koleksi busana yang ditampilkan di panggung Jakarta Fashion Trend 2022 memperlihatkan fragmen perkembangan trend dan gaya busana Indonesia, mulai dari busana etnik kontemporer, urban wear, kids wear, modest wear, dan busana muslim syar’i dengan mengangkat konten lokal dan mengacu pada tren global. (evi)

Foto: dok/IFC