- iklan -

SOLO, ITN- Kementerian Komunikasi dan Informatika yang didukung oleh Pusat Inovasi Digital Industri 4.0 (PIDI 4.0) dan Pemerintah Daerah gelar Seminar “Journey To 5G Smart City” di Solo, Jawa Tengah, Selasa-Rabu (4-5//7/23).

Acara ini merupakan salah satu langkah konkret pemerintah dalam mendorong akselerasi transformasi digital pemerintah daerah melalui pemanfaatan teknologi 5G untuk Smart City.

Dukung Penerapan Konsep Smart City di Indonesia, PIDI 4.0 Berkolaborasi dengan Ericsson Indonesia Hadirkan Use Cases 5G
Head of Network Solutions and Government Industry Relations Ericsson Indonesia, Ronni Nurmal memberikan pemaparan mengenai program dan teknologi terkini Ericsson dalam acara Seminar “Journey To 5G Smart City” pada (4/7/2023) di Solo. Partisipasi Ericsson pada acara ini merupakan komitmen perusahaan dalam mendukung penerapan digital inklusi serta implementasi 5G di Indonesia bagi pemerintah, industri, dan konsumen.

Terdapat dua topik utama yang disoroti yaitu “Smart City untuk Pemerintahan” dan “Smart City untuk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif”. Turut hadir beberapa perwakilan dari pemerintah dan pelaku industri telekomunikasi, termasuk Ericsson Indonesia.

Mareta Pratiwi, Head of Ecosystem PIDI 4.0 mengungkapkan apresiasinya terhadap partisipasi berbagai pihak dalam acara ini.

“Dalam mewujudkan sasaran peta jalan Making Indonesia 4.0, PIDI 4.0 terus berupaya dalam mengoptimalkan manfaat 5G bagi seluruh masyarakat, salah satunya dengan menerapkan 5G Smart City. Hal ini hanya dapat diwujudkan melalui kerja sama strategis oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, para pemain industri, maupun masyarakat luas. Melalui Seminar “Journey To 5G Smart City”, kami harap ke depannya PIDI 4.0 dapat mendorong kemajuan Smart City secara lebih luas ke berbagai daerah di Indonesia,” katanya.

Dukung Penerapan Konsep Smart City di Indonesia, PIDI 4.0 Berkolaborasi dengan Ericsson Indonesia Hadirkan Use Cases 5G
Kunjungan Direktur Jenderal PPI, Wayan Toni Supriyanto, S.T., M.M dan Direktur Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika ke booth PIDI 4.0 yang disambut oleh Head of Ecosystem PIDI 4.0, Mareta Pratiwi. PIDI 4.0 yang salah satunya didukung oleh Ericsson mempertunjukkan berbagai use cases yang akan mendukung penerapan konsep 5G Smart City pada tanggal 4-5 Juli 2023 di Kota Solo. Salah satu use case yang ditampilkan adalah VR headset 360 dengan Pengalaman Teknologi Masa Depan (Demo Future Tech Experience).

Ronni Nurmal, Head of Network Solutions and Government Industry Relations Ericsson Indonesia mengatakan, “Sebagai perwujudan komitmen Ericsson dalam mendorong akselerasi transformasi digital di Indonesia, perusahaan turut mendukung Kementerian Komunikasi dan Informatika, PIDI 4.0, dan seluruh perwakilan Pemerintah Daerah terutama Pemerintah Daerah Solo dalam mewujudkan konsep Smart City di Indonesia”.

“Pada acara ini, Ericsson menghadirkan teknologi dan solusi lewat beragam use cases 5G. Kami yakin kolaborasi sinergis ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan bisnis serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tanah Air,” tutup Ronni.

- iklan -