JAKARTA, ITN- SEBAGAI bagian dari perayaan Hari Warung Nasional, GrabKios membantu lebih dari 100.000 warung di seluruh Indonesia dengan memberikan voucher diskon dan tambahan modal usaha.

GrabKios adalah aplikasi digital untuk memajukan warung tradisional di Indonesia agar menjadi serba bisa melayani berbagai produk dan layanan. Dikenal sebagai Kudo sebelumnya, GrabKios telah memberdayakan lebih dari 2.6 juta mitra GrabKios yang jaringannya telah tersebar di lebih dari 500 kota dan kabupaten di seluruh Indonesia. Melalui teknologi, GrabKios memberikan akses digital untuk berjualan berbagai macam produk bagi warung tradisional, menjembatani layanan keuangan ke masyarakat dengan keterbatasan akses digital dan perbankan, dan meningkatkan penghasilan tambahan bagi pemilik warung dan peluang bagi para individu untuk berjualan, kunjungi: https://www.grab.com/id/kios/.

Melalui upaya ini, GrabKios mempertegas gerakan sosial #MajuinWarung dalam menggalang lebih banyak dukungan masyarakat terhadap warung-warung di sekitar mereka. Kedepannya, GrabKios dan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah akan menjalin kemitraan dengan lebih banyak industri dan perusahaan untuk turut mendukung Hari Warung Nasional dan memberikan dukungan yang lebih besar untuk warung.

GrabKios mempercepat upaya untuk mendigitalkan warung dan membantu meningkatkan daya saing mereka dengan memanfaatkan jaringan Kudo yang luas hingga lebih dari 2.6 juta mitra di lebih dari 500 kota dan kabupaten di Indonesia, serta layanan dan kemitraan di dalam ekosistem Grab.

Sebagai bagian dari Hari Warung Nasional, GrabKios berencara untuk memajukan warung melalui pemanfaatan teknologi, menyediakan solusi yang membantu mereka bertahan seiring dengan pertumbuhan ekonomi digital dan dapat bersaing dengan minimarket moderen. Pemberdayaan warung tersebubt dilakukan melalui tiga cara, yakni:

1) Memperluas jenis layanan yang ditawarkan warung serta membantu mereka untuk menambah penghasilan: Selain layanan yang telah diluncurkan sebelumnya seperti pulsa, pembayaran beragam tagihan dan tiket perjalanan, layanan pengiriman uang serta registrasi mitra pengemudi Grab, GrabKios menghadirkan peluang usaha tambahan diantaranya:

  1. Pengantaran paket didukung oleh Porter, dimana pelanggan dapat mengirimkan barang melalui mitra GrabKios. Layanan ini kini tersedia di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.

  2. Fitur tabungan emas didukung oleh Tamasia, dimana mitra GrabKios dapat menawarkan ke pelanggan tabungan emas yang aman, terpercaya dan sesuai hukum syariah mulai dari Rp10,000. Fitur ini telah diluncurkan di Medan dan seluruh kota di pulau Jawa.

  3. Asuransi mikro, dimana pelanggan dapat membeli asuransi kesehatan, jiwa, pendidikan, perlindungan kecelakaan, dan asuransi mikro lainnya. Fitur ini akan tersedia mulai awal Desember 2019.

2) Menyediakan akses terhadap modal usaha, layanan keuangan serta membantu warung untuk meningkatkan usahanya: Hari ini Grab menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Bank Mandiri, salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia, untuk menyediakan pinjaman dari Bank Mandiri kepada mitra GrabKios serta mitra pengemudi Grab.

3) Mengurangi biaya usaha: GrabKios memberikan akses yang lebih luas dan lebih mudah kepada warung tradisional untuk memesan barang dagangan melalui aplikasi dengan harga yang sangat kompetitif. Barang akan diantarkan langsung ke pemilik warung secara gratis dan tersedia pilihan pembayaran cash-on-delivery (COD), yang sesuai dengan kebutuhan warung kecil. (evi)