JAKARTA, ITN– PAMERAN bertajuk Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 kembali digelar untuk yang ke-21 kalinya di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan pada 24-28 April 2019.

Pameran yang akan diikuti sekitar 1.700 peserta dari seluruh pelosok tanah air dan akan menempati 1.400 stan ini merupakan salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara.

Beberapa negara sahabat yang akan menyemarakkan pameran ini, antara lain Maroko, Jepang, Polandia, dan Hong Kong. “Kami akan menampilkan produk argan oil, kaftan untuk laki-laki dan perempuan, serta perhiasaan. Ada juga kuliner gratis,” kata Duta Besar Kerajaan Maroko, Ouadia Benabdellah pada Konferensi Pers Inacraft 2019 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/19).

Pada setiap penyelenggaraannya, pameran yang diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerjasama dengan Mediatama Binakreasi ini menampilkan kerajinan dari daerah tertentu di Indonesia secara bergilir.

Tahun ini Inacraft 2019 mengangkat kesenian dan kebudayaan serta kerajinan unggulan dari Betawi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Tema yang diangkat adalah Jakarta Enjoyable Multicultural Diversities mendampingi tema sentral From Smart Village to Global Market.

Pameran Inacraft 2019 Kembali Digelar di JCC

 

 

“Inacraft 2019 ditargetkan mampu menarik 1.300 pembeli dan 200 ribu pengunjung. Transaksi diharapkan mencapai Rp 149 miliar dan kontak dagang 13 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 183,6 miliar,” ungkap Direktur Mediatama Binakreasi Umi Noor W.

Lebih lanjut Umi mengatakan, “Alhamdulillah per 19 April sudah tercatat dan registrasi itu 1.085 buyers dari 60 negara”.

Penyelenggaraan Inacraft tahun ini didukung oleh BNI sebagai sponsor utama dengan penggunaan fasilitas fitur Tapcash sebagai akses masuk pameran. Akan ada harga masuk spesial Rp1.946 bagi 1.000 pengunjung setiap harinya. BNI juga menyediakan fitur aplikasi Inacraft yang di dalamnya terdapat peta pameran, promo, dan jadwal acara.

Akan ada kegiatan khusus Buyer’s Night Welcome Dinner pada 24 April 2019 yang akan dihadiri oleh potential buyers Kantor Perwakilan Indonesia di luar negeri, potential expoerters, dan pelaku kerajinan lainnya.

Selain fasilitas buyers, penyelenggara juga menyediakan fasilitas transportasi bagi pengunjung yang ingin berkunjung pameran melalui layanan shuttle bus di beberapa mal, seperti Summerecon Mall Bekasi, Margo City Mall, One Belpark Mall, Kuningan City Mall, dan Mall Emporium Pluit serta shuttle yang beroperasi di seputaran Senayan melalui Pintu V GBK.

Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Inacraft tahun ini juga akan menyelenggarakan Inacraft Award sebagai program unggulannya, dimana produk kerajinan UKM yang dipamerkan akan dikurasi untuk kemudian dinilai dan dipilih oleh 12 orang juri untuk mendapatkan penghargaan pada 26 April 2019.

Kegiatan penghargaan bidang kerajinan ini mengadaptasi konsep pemeilihan produk unggul dari tujuh kategori produk berdasarkan  bahan baku utama (keramik, serat alam, kayu, batu-batuan, logam, tekstil, dan bahan baku lainnya termasuk recycle). (evi)