SURABAYA, ITN– Sekitar 250 orang purnawirawan TNI Angkatan Laut yang sudah lanjut usia (Lansia) di Wilayah PPAL V/Surabaya mengikuti vaksinasi booster-II yang diselenggarakan PPAL, Selasa (20/12/2022). Para purnawirawan itu berasal dari Surabaya, Gresik, Sidoarjo, dan kota-kota lain di Jawa Timur.

Kegiatan vaksinasi booster-II di Surabaya merupakan kelanjutan dari kegiatan yang diselenggarakan PPAL di Jakarta (Pangkalanjati tanggal 14 Desember 2022) dan di Gedung Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, tanggal 16 Desember 2022. Di kedua tempat itu, lebih dari 800 orang purnawirawan yang divaksinasi booster-II.

Vaksinasi yang dilaksanakan di Gedung Graha PPAL Surabaya dihadiri langsung oleh Ketua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan beberapa Pengurus PPAL Pusat, Ketua PPAL Wilayah Surabaya Laksda TNI Purn Sudaryanto, serta Ketua Paguyuban Istri Purnawirawan Angkatan Laut (PIPAL) Dra. Manik Siwi Sukma Adji.

Purnawirawan AL Sambut Positif Vaksinasi Booster-II di SurabayaKetua Umum PPAL Laksamana TNI Purn Siwi Sukma Adji, S.E., M.M,  mengatakan, vaksinasi booster-II untuk para purnawirawan, dimaksudkan untuk membantu program pemerintah dalam upaya mencegah menyebarnya Covid-19 terutama pada Lansia.

“97 persen purnawirawan adalah Lansia yang sangat rentan terhadap Covid-19. Saya merasa bersyukur, para purnawirawan yang sudah Lansia sangat positif menyambut vaksinasi booster-II ini,” ujarnya.

Dengan diberikannya vaksin booster-II, diharapkan kekebalan tubuh para purnawirawan akan meningkat; sehingga terhindar dari Covid-19. Menurut pihak panitia penyelenggara, jenis vaksin yang disuntikkan kepada para purnawirawan, baik di Jakarta maupun Surabaya adalah Pfizer.

Kegiatan vaksinasi di Surabaya melibatkan tenaga kesehatan sebanyak 43 orang yang berasal dari RSPAL dr. Ramelan, Rumkital dr. Oepomo, dan Diskes Lantamal V/Surabaya, serta didukung oleh personel dari Yonmarhanlan, Spotmar, dan Pomal. (ab)