- iklan -

JAKARTA, ITN – The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) on October 2024 resmi dibuka Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Teten Masduki di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (2/2/2024).

Pameran yang sudah terselenggara selama lebih dari dua dekade ini telah menjadi wujud nyata dari implementasi perkembangan dunia kerajinan kawasan Asia Tenggara dan Internasional.

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dalam perjalanannya pada tahun 2022, INACRAFT memiliki sister event bertajuk INACRAFT On October.

INACRAFT on October 2024 Resmi Dibuka
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia, Bapak Teten Masduki resmi membuka pameran The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) on October 2024

Untuk para pencinta produk craft dan fashion, INACRAFT on October Vol.3 diselenggarakan selama lima hari pada tanggal 2-6 Oktober 2024 di JCC dengan menggunakan seluruh hall.

Pada Edisi Ketiga ini, INACRAFT on October lebih memantapkan konsep YOUTHPRENEURS sebagai bentuk komitmen dan perhatian ASEPHI pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya.

Ketua Umum BPP ASEPHI, DR. Muchsin Ridjan menjelaskan, Pameran Inacraft on October mencoba keluar dari pakem yang masif dan konvensional. “Kami mencoba terobosan konsep kevisual dengan segment memfasiltasi generasi Z. Tahap ini kami mencoba di 25% luas area total peserta. Total booth yang dibangun sebanyak 897 booth terdiri dari 27 BUMN, 4 Kementerian, 80 dinas, 785 individu”.

“Kami juga mengkombinasikan kuliner dan handicraft dalam format bertajuk Talam Inacraft Tasty Indonesia yang diisi 71 booth peserta di 2 area yaitu Mezzanine dan Hall B,” ujarnya.

INACRAFT on October 2024 Resmi Dibuka
Ketua Umum BPP ASEPHI, DR. Muchsin Ridjan

Muchsin Ridjan menambahkan, Pameran Inacraft on October menargetkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar Rp5 miliar dengan kontak dagang diharapkan mencapai$1 juta.

Baca juga:https://indonesiatripnews.com/berita/metropolitan/inacraft-on-october-2024-beri-kesempatan-berkarya-untuk-anak-muda/

Ragam produk yag dipamerkan berasal dari tujuh kategori bahanbaku (keramik, serat alam, logam, batu-batuan, tekstil, kayu dan bahan lainnya) mulai dari batik, tradisional tekstil, muslimfashion, tenun, songket, embroidery, home décor, jewelry, accessories, households, decorative items, travel goods, gifts &miscellaneous craft.

“Dengan hadirnya Pameran Inacraft, ASEPHI berusaha maksimal memperjuangkan harkat martabat dan kebangkitanUMKM dari sejak pandemi hingga sekarang. Salah satu yang menjadi sorotan ASEPHI adalah transformasi digital. “ASEPHI juga mendukung langkah-langkah dan upaya yang dilakukanoeh pemerintah yakni Kemneterian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, Kementerian Komunikasi dan Informasi dalam rangkamelindungi UMKM agar tetap eksis dan berkembang di dalamnegeri dan luar negeri,” ujar Muchsin Ridjan.

 

- iklan -