- iklan -

JAKARTA,ITN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno melantik tiga pejabat fungsional di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menparekraf Lantik Tiga Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno memberikan selamat kepada pejabat fungsional yang baru saja dilantik di lingkungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Selasa (27/12/2022) di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

“Pelantikan ketiga pejabat fungsional ini diharapkan dapat semakin meningkatkan tugas dan fungsi Kemenparekraf/Baparekraf dalam mendorong kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam arahannya di acara pelantikan Pejabat Fungsional yang berlangsung di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (27/12/2022).

Ketiga pejabat yang dilantik adalah Muhammad Abdi sebagai Pejabat Fungsional Auditor Ahli Utama; Amanda Rizki Rachim sebagai Pejabat Fungsional Dosen Asisten Ahli; serta Enos Julvirta sebagai Pejabat Fungsional Dosen Asisten Ahli.

Menparekraf menyampaikan selamat kepada ketiga pejabat fungsional yang baru saja dilantik.

Menparekraf Lantik Tiga Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf

“Saya ingin mengucapkan selamat kepada Bapak Muhammad Abdi yang telah diambil sumpahnya sebagai jabatan fungsional auditor ahli utama. Bapak Abdi merupakan pejabat auditor ahli utama pertama di Kemenparekraf/Baparekraf. Tentu saja hal ini merupakan hal yang sangat membanggakan dan harus dijadikan sebuah trigger buat rekan-rekan semua untuk bisa mencapai karier puncak menjadi pejabat fungsional ahli utama,” kata Menparekraf Sandiaga.

Sebagai pejabat fungsional auditor yang memiliki peran tugas tanggung jawab dan wewenang untuk melaksanakan pengendalian mutu internal, Auditor Ahli Utama, dan seluruh auditor lainnya diharapkan dapat menjadi ujung tombak dalam pengawasan internal dan menjadi mitra.

Karena sejatinya seorang auditor hadir di satuan kerja bukan untuk mencari-cari kesalahan namun menjadi mitra, memberikan masukan, dan perbaikan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan dan hasil yang diinginkan.

“Menyadari bahwa posisi kita sebagai abdi negara, saya berharap kita menjadi lebih siap dan berkomitmen untuk bergerak lebih progresif meningkatkan pengawasan pemerintah guna meningkatkan layanan dan mewujudkan good governance, tata kelola yang baik melalui peran aktif pada auditor yang kita miliki. Dengan adanya pelantikan Auditor Ahli Utama ini saya sangat berharap prestasi internal Kemenparekaf dapat dipertahankan dan justru ditingkatkan,” ujar Sandiaga.

Selanjutnya Menparekraf Sandiaga juga mengucapkan selamat kepada dua orang dosen jenjang Asisten Ahli yang juga telah dilantik dan diambil sumpahnya hari ini. Keduanya diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan dedikasi juga loyalitas sebagai tenaga pendidik profesional dalam memajukan pendidikan vokasi bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Guna melahirkan insan pariwisata dan ekonomi kreatif yang unggul, berkarakter, dan berdaya saing baik secara nasional maupun internasional. Serta dapat melahirkan insan pariwisata dan ekonomi kreatif yang nantinya menjadi entrepreneur dan memiliki jiwa leadership yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru di bidang parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) bagi masyarakat luas,” ujar Sandiaga.

Inovasi dan kreativitas dikatakan Menparekraf Sandiaga wajib dimiliki seorang dosen karena tugas di dunia pendidikan memiliki tantangan yang luar biasa khususnya di new normal era.

Inovasi yang dapat dilakukan seorang dosen bukan hanya mengenai perubahan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan, namun juga perlu dilakukan inovasi yang bersifat substansi terkait jurusan dan program studi yang ada di perguruan tinggi pariwisata.

“Dan sebagai dosen diharapkan dapat memberikan sustainable impact bagi masyarakat luas. Tugas mulia dari seorang dosen adalah bagaimana menciptakan pendidikan yang tuntas berkualitas demi kemajuan bangsa kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

“Mari kita terus gaungkan, internalisasikan, implementasikan prinsip kerja 3G (Gercep, Geber dan Gaspol) dalam kerja sehari-sehari agar segala tantangan dan dinamika yang sedang kita hadapi dapat dijalani dengan sebaik-baiknya dan kita semua selalu diberikan kekuatan dalam menjalaninya,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Sekretaris Utama Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ni Wayan Giri Adnyani; Deputi Bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Nia Niscaya; Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan Kemenparekraf/Baparekraf, Diah Martini Paham; Inspektur 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Bayu Aji; serta Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi Kemenparekraf/Baparekraf, Wawan Rusiawan.

- iklan -