BANDUNG, ITN- IKEA, perusahaan ritel yang menjual perabot rumah asal Swedia, selalu memiliki komitmen untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Untuk merealisasikan visi tersebut, salah satu upaya IKEA adalah dengan meningkatkan aksesibilitas melalui kehadiran flagship store terbarunya yang di semester pertama 2021 ini akan segera dibuka di Kota Baru Parahyangan, Bandung Barat.

Berdirinya toko IKEA Kota Baru Parahyangan ini tidak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat dan Kedutaan Besar Swedia. Melalui toko pertama IKEA di Bandung Barat ini, IKEA ingin hadir lebih dekat untuk menyediakan solusi perabot rumah yang terjangkau untuk masyarakat Bandung Barat dan sekitarnya.

Sebelumnya, IKEA telah membuka dua Pick-up Point di Bandung, yang berlokasi di Pasir Kaliki dan Kota Baru Parahyangan. Flagship store terbaru IKEA ini sudah hampir rampung dan siap untuk dibuka di semester pertama 2021. Sama seperti dua toko IKEA lainnya, IKEA Kota Baru Parahyangan juga akan dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat, untuk menghadirkan pengalaman belanja yang sehat dan aman bagi para pelanggan.

Toko IKEA Kota Baru Parahyangan memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi pada perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Bandung Barat dan sekitarnya, salah satunya adalah dengan merekrut lebih dari 300 SDM lokal yang berasal dari masyarakat sekitar dengan latar belakang yang berbeda. Lebih dari itu, IKEA Kota Baru Parahyangan akan menyelenggarakan program Teras Indonesia di mana hal ini adalah program kemitraan flagship antara IKEA dengan pelaku UMKM yang dapat menjual produk-produknya di toko IKEA.

“Kami sangat senang dapat segera menyapa masyarakat Bandung dan sekitarnya di toko IKEA Kota Baru Parahyangan. IKEA ingin menjadi bagian dari Bandung Barat dengan menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang di wilayah ini,” ujar President Director PT. Rumah Mebel Nusantara (IKEA Indonesia), Patrik Lindvall dalam keterangan tertulisnya yang diterima indonesiatripnews.com.

Hubungan baik antara IKEA dan Pemprov Jabar sudah terjalin. Di bulan Agustus 2020, IKEA mendonasikan 17.500 masker wajah pakai ulang dan 250 matras untuk memperkuat ketahanan Covid-19 di Jawa Barat. Selain mendapatkan dukungan dari pemerintah setempat, IKEA Kota Baru Parahyangan juga mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Swedia. Hal ini mungkin terjadi berkat relasi baik antara Swedia dengan Jawa Barat yang telah terbangun.

“Perekonomian Bandung semakin meningkat. Adanya IKEA di Kota Baru Parahyangan merupakan investasi yang luar biasa di tengah pandemi yang kami lakukan dengan harapan IKEA dapat memberikan dampak positif dalam menggerakan roda perekonomian Bandung lebih baik lagi di tahun mendatang,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja.

Sementara Duta Besar Swedia untuk Indonesia, HE Marina Berg, mengatakan, “IKEA Kota Baru Parahyangan merupakan salah satu upaya IKEA untuk lebih mempererat hubungan Swedia dengan Indonesia, khususnya Jawa Barat. Bersama Pemerintah Provinsi Jabar, kami selalu bercita-cita untuk menciptakan peluang baru bagi masyarakat sekitar, serta UMKM. Kami yakin kemitraan ini merupakan kontribusi Swedia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Bandung dan Jawa Barat”.

“Kami juga sangat menghargai dukungan penuh yang diberikan oleh Pemprov Jabar, Pemkab Bandung Barat dan Kedutaan Besar Swedia dari awal pembangunan toko hingga saat ini. Agar hubungan yang telah terjalin dapat semakin erat, kami optimis bahwa kami dapat memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan komunitas lokal,” tambah Patrik.

Dengan segera dibukanya IKEA Kota Baru Parahyangan, IKEA terus berupaya untuk menjangkau lebih banyak masyarakat yang menginginkan perabot rumah berkualitas dengan harga terjangkau. Setelah IKEA Kota Baru Parahyangan, IKEA juga sedang menyiapkan pembukaan toko keempat yang diharapkan dapat dibuka di semester kedua 2021, yang berlokasi di Jakarta Garden City (JGC), Jakarta Timur.

Selain melalui toko offline, para pelanggan juga dapat memperoleh produk IKEA secara online di situs IKEA.co.id ataupun aplikasi IKEA Indonesia yang dapat diunduh di App Store dan Play Store secara gratis. (*/sishi)