- iklan -

JAKARTA, ITN– MEMADUKAN antara gunung dan laut, konsep inilah yang dipakai Restoran Saung Layaran yang baru diresmikan pada 1 Juli 2016 di Jalan Lodan Timur No 7, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Beberapa tampilan menu utama yang disajikan Saung Layaran. (Foto. evi)
Beberapa tampilan menu utama yang disajikan Saung Layaran, diantaranya tampak Lobster Salad Buah dan Udang Standar Bakar Madu yang menjadi favorit pengunjung. (Foto. evi)

Nuansa gunung terlihat dengan menghadirkan tempat makan ini berupa gubug-gubug dari bambu yang mendominan, sedangkan nuansa laut terlihat dengan hidangan yang ditawarkan, yakni live seafood lovers. Di tempat ini, pengunjung bisa memilih ikan, udang, kepiting yang masih hidup di akuarium kemudian minta dimasakkan oleh chefnya.

Nama Layaran ini diambil dari nama ikan layaran (marlin) merupakan salah satu ikan yang bergeraknya paling cepat serta ikan yang paling suka migrasi dan juga paling tinggi layaran (mengarungi atau siap untuk bepergian).

Menu Dim Sum (Foto. evi)
Menu Dim Sum (Foto. evi)

Tak hanya live seafood, Saung Layaran juga menyediakan menu Nusantara khas Sunda, seperti menu Gurame Goreng, Gurame Bakar, Sop Buntut, Iga Penyet, Karedok, berbagai macam tumis seperti Tumis Kangkung, Tauge Ikan Asin, Genjer, Terong, Pakis Udang, Daun Ginseng, dan lain sebagainya.

“Kami juga menyediakan menu Chinese Food seperti berbagai makanan steam. Untuk sarapan,  ada menu Dim Sum yang hanya disediakan pada pukul 07.00-11.00 WIB. Target market menu ini untuk pengunjung Ancol yang sedang berolahraga atau berkunjung di Eco Park,” ujar General Manager Corporate Saung Layaran, Surya Happy Pangkapi saat ditemui ITN.Com di Restoran Saung Layaran, Selasa (12/7/16).

Talas Jabrik yang menggugah selera. (Foto. evi)
Talas Jabrik yang menggugah selera. (Foto. evi)

Saung Layaran yang memiliki kapasitas 700 orang ini memiliki 18 saung, 2 kursi sarang burung dengan masing-masing kapasitas untuk empat orang, dan 300 orang untuk ruangan VVIP.  Pada hari Sabtu dan Minggu restoran buka pukul 07.00 – 24.00 WIB, sedangkan pada hari Senin hingga Jumat buka pukul 10.00-22.00 WIB.

Menu Utama Saung Layaran

Menu Restoran Saung Layaran merupakan kombinasi antara Sea Food dan beragam menu Nusantara khas Sunda yang biasa dinikmati oleh masyarakat umum.

Minuman Leci Mint Boba, Mango Choco, dan Es Merah Delima menjadi pilihan favorit pengunjung. (Foto. evi)
Minuman Leci Mint Boba, Mango Choco, dan Es Merah Delima menjadi pilihan favorit pengunjung. (Foto. evi)

“Target pengunjung kami adalah keluarga dan menengah keatas. Lokasi yang strategis dan juga ragam aneka menu pilihan membuat kami yakin kalau Saung Layaran akan dapat bersaing dengan rumah makan yang sudah ada sebelumnya di Taman Impian Jaya Ancol,” ujar Chef Surya yang memiliki spesialisasi menu Western dan Indonesia Food ini.

Menurutnya, salah satu menu unggulan di restoran ini yaitu Udang Standar Bakar Madu. Sajian udang ini menghadirkan bahan baku udang segar dan madu yang langsung diambil dari hutan Jawa.  Saung Layaran menggunakan bahan baku udang galah dengan ukuran 30-35 cm, dengan satu porsi berisi kurang lebih sembilan ekor.

Es Cream Kelapa dengan tiga pilihan rasa. (Foto. evi)
Es Cream Kelapa dengan tiga pilihan rasa. (Foto. evi)

Selain udang, menu favorit lainnya yang wajib dicoba di Saung Layaran adalah Kepiting Saos Padang dengan jenis kepiting dari Papua, Lobster Salad Buah, Talas Jabrik, Cumi Saos Pedas, Ayam Tulang Lunak Telur Asin, Bebek Panggang, Gurame Cobek, dan masih banyak lainnya.

Talas Jabrik, merupakan menu pertama yang dirasakan dan menjadi pilihan ITN.Com. Makanan yang bentuknya tampak unik dan mirip ikan ini terbuat dari talas. Rasanya benar-benar nikmat, apalagi bila dimakan masih hangat. “Isinya terdiri dari jamur, ayam, dan udang,” ujar Chef Surya.

Untuk minumannya Saung Layaran  menawarkan Mango Choco, Es Merah Delima, Leci Mint Boba, Es Cendol, Es Cream Kelapa, dan lain sebagainya.

“Untuk Es Cream Kelapa, ada tiga rasa es putar. Es Putar Kacang Hijau, Nangka, dan Kacang Merah. Sedangkan minuman Leci Mint Boba merupakan minuman favorit pengunjung, di dalam boba tersebut mengandung kalsium,” tambah Bartender Ovandi Yuskal.

Menikmati sajian hidangan laut dan Nusantara Saung Layaran.
Menikmati sajian hidangan laut dan Nusantara Saung Layaran.

Saung Layaran juga menyiapkan menu khas dan sesuai dengan nama serta logo restoran tersebut, yakni menu ikan layaran atau marlin mulai dari marlin bakar kecap, hingga marlin bakar madu.

Saung Layaran yang menawarkan menu utamanya mulai dari Rp18.000 hingga Rp400 ribu ini juga menawarkan paket makan untuk dua orang Rp247.500 hingga paket untuk 10 orang.

Selama Juli hingga Agustus 2016, para pencinta makanan laut dapat menikmati sajian di Saung Layaran dengan harga diskon 20 persen. (evi)

- iklan -