- iklan -

MUNTOK, ITN- Otak-otak atau olahan berbahan ikan telah menjadi makanan khas dari Bangka Belitung. Namun ada satu kue, yakni Penganan Pelite yang harus dicoba.

Kue ini tepatnya berasal dari Muntok, Bangka Barat. Daerah ini sangat terkenal sebagai kota tua yang didirikan pada abad ke-17.

Muntok yang dikenal sebagai tempat pengasingan Sukarno dan Hatta di Pulau Bangka ini juga dijuluki sebagai Kota Seribu Kue. Kue Penganan Pelite menjadi penganan spesial di antara yang lain. Kue pelite disebut-sebut merupakan salah satu makanan khas Bangka yang menjadi favorit Bung Karno saat diasingkan di Muntok. Bung Karno bersama para beberapa pejuang kemerdekaan lain diasingkan di Bangka pada tahun 1948-1949.

Mencoba Kue "Penganan Pelite" di Kota Seribu Kue“Untuk mendapatkan Kue Pelite ini, harus pagi-pagi bangunnya. Kalau sudah siang kehabisan,” ujar Plt Sekda Kabupaten Bangka Barat, M Effendi saat bincang-bincang santai dengan Media Forwapar Jakarta (Forum Wartawan Pariwisata) di Roemah Kebun, Bangka Barat, Selasa malam (24/9/19).

Penasaran dengan Kue Penganan Pelite, Indonesiatripnews.com pun mencoba untuk bangun subuh dan merasakan kue tersebut yang menurut Effendi dapat ditemukan di dekat hotel tempat saya menginap, yakni Hotel Yasmin, Jalan Depati Amir No 7 Muntok, Bangka Barat.

Rupanya Kue Penganan Pelite ini berbahan dasar tepung dan berwadah takir yang terbuat dari daun pandan. Kue Penganan Pelite lebih mirip dengan Kue Tetu yang juga diisi gula merah dengan wadah daun pandan.

Kue Petite dengan harga Rp2.500 ini dibuat dengan cara sederhana. Adonan dibuat dari tepung beras, santan, dan garam. Diaduk-aduk hingga tercampur dan adonan mengental.

Mencoba Kue "Penganan Pelite" di Kota Seribu Kue“Bagian bawahnya diberi gula untuk isian, lalu adonan dimasukan ke dalam takir dan dikukus,” ujar pemilik kue, Nur Siah yang telah berjualan puluhan tahun di Muntok saat ditemui Indonesiatripnews.com di kedainya, Rabu pagi (25/9/19).

Ibu lima anak dan tujuh cucu ini mengatakan, “Disini Kue Penganan Pelite sering disebut ‘
Kue Bung Karno”.

Kue ini sangat lembut saat disendok, dan rasanya gurih dengan di dalamnya terdapat gula yang manis, lumer di mulut. Membuat siapapun yang mencobanya bakal ketagihan.

Tak hanya Kue Penganan Pelite saja yang jual di Kedai Kue Ibu Siah (Iis) dengan harga kisaran Rp 1.000 hingga Rp3.000 ini, ada juga kue Tompak Selong, Bluder, Bingke, Aneka Empek-empek, Lakse, Pantiaw, Kue Sarang Madu, Gumak, dan masih banyak lainnya. (evi)

- iklan -