- iklan -

JAKARTA, ITN- RATUSAN peserta yang umumnya sebagian besar wanita memenuhi Ruang Jasmine, Swiss-Belhotel Mangga Besar, Jakarta untuk menghadiri acara Cooking Party yang diselenggarakan Indonesian Chef Association (ICA), Jumat (19/5/17).

Cooking Party merupakan salah satu wujud kontribusi ICA dalam membumikan kuliner Nusantara dengan menghadirkan para Celebrity Chef yang menjadi member ICA , seperti Chef  Juna Rorimpandey, Chef Henry Alexie Bloem, Chef Yongki Gunawan, dan Chef  Dea Annisa.

Indonesian Chef Association Gelar Cooking Party bersama Celebrity Chef
Chef Juna saat memasak menu Laksa Udang.

“Cooking Party salah satu bagian program kerja kepengurusan ICA baru periode tahun 2017-2022. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan ICA diharapkan bisa memberikan kontribusi yang nyata untuk mengangkat sekaligus melestarikan kuliner Nusantara,” ujar Vice President Marketing & Event ICA, Slamet Jarwanto.

Menurutnya Cooking Party diikuti oleh 350 peserta, dan rencananya ICA akan regular mengadakan kelas kursus memasak dengan diajarkan langsung oleh chef-chef yang berada di bawah ICA.

Para peserta yang telah membayar tiket Rp300.000 diajarkan mengolah dengan mudah beberapa makanan dan kue yang sudah terkenal di Indonesia selalin tentunya diberikan waktu untuk foto bersama dengan para chef tersebut.

Pada kesempatan tersebut chef Juna mengajarkan cara memasak Laksa Udang. Laksa merupakan makanan khas Indonesia yang terkenal dari kota Bogor dan Jakarta. Dengan kreasi khusus chef Juna membuat laksa ini semakin elegan.

Chef Juna memasak untuk satu porsi. “Saya pakai bakso udang, karena yang saya masak Laksa Udang. Udang yang saya pakai jenis udang black tiger yang mudah di dapat,” ujar chef Juna.

“Karena ini cooking party, saya sarankan agar santai dalam memasak yang mau bertanya silakan saja,” ungkapnya.

Indonesian Chef Association Gelar Cooking Party bersama Celebrity Chef
Peserta saat foto bersama chef Juna dan Yongki Gunawan.

Devi, salah seorang peserta menanyakan, “Apakah bumbu Munik yang digunakan sudah ada rasa, dan apa perlu ditumis atau tidak?”.

Menurut chef yang memiliki nama lengkap Juna Rorimpandey ini menjelaskan, “Bumbu Munik sudah ada rasa, bahkan rasa ladanya. Namun bila kamu merasa kurang, tambahkan saja sedikit, dan bumbu bisa langsung dimasak tanpa harus ditumis”.

Sementara  chef Henry Bloem mengajarkan membuat  Tuna Bumbu Kalas Bali,  menu ini lebih mengedepankan Ikan tuna yang padukan dengan salah satu bumbu terkenal khas bali  yaitu kalas.

Dilanjutkan dengan Chef yongki dengan Chef Dea mengajarkan membuat Original Combinatie Legit, Naugat Roll, Resep Dasar Bolu Gulung (Napoleon Roll Green Tea, Napoleon Roll Chocolate, dan Napoleon Roll Almond), Ayam Goreng Honje, Oseng-osen Rawon Munik, dan Abon Plecing Lombok.

Tak hanya memasak, pada kesempatan tersebut Chef Yongki juga memberikan trik-trik untuk berjualan kuliner secara online.

Berikut resep pertama yang dipresentasikan chef Juna, yakni Laksa Udang :

Bahan :

1 pack bumbu Laksa Munik600 ml kaldu ayam, 250 ml santan kental, 2 udang (ukuran 21-25) kupas tetapi kepala intact dan bersihkan punggungnya, 2 bakso udang, 70 gram bihun ukuran besar di rendam air mendidih, 2 buah tahu yang digoreng dan iris tipis, 50 gr tauge yang di celup air panas, 1 butir telur rebus dan potong ½, 2 pucuk daun kemangi, 1 sdm bawang goreng, 1 jeruk nipis, sambal (beberapa cabai merah besar dan cabai rawit merah/orange), serta garam dan merica bubuk putih secukupnya.

Indonesian Chef Association Gelar Cooking Party bersama Celebrity Chef
Laksa Udang

Cara membuat :

  1. Berikan sedikit garam dan merica bubuk putih kepada udang
  2. Di penggorengan masukkan bumbu laksa Munik dengan kaldu ayam, diaduk merata lalu panaskan hingga mendidih.
  3. Masukkan udang dan bakso, biarkan hingga kembali mendidih
  4. Kecilkan apinya dan masukkan santan kental, aduk merata dan masak hingga udang matang dan kekentalan yang dikehendari. Matikan apinya.
  5. Susun secara berurutan dalam mangkok; bihunm, tauge, telur, tahu, bakso udang, udang, dan daun kemangi, tuangkan kaldu perlahan-lahan
  6. Taburkan bawang goreng.

 

 

- iklan -