JAKARTA, ITN- 17 tahun sudah Starbucks Indonesia hadir dengan gerai pertama di Plaza Indonesia, Jakarta. Kini, Starbucks hadir di 25 kota dengan jumlah 400 lebih gerai di Indonesia. “We Are Community” menjadi tema tahun ini selaras dengan upaya Starbucks membantu masyarakat dimanapun Starbucks berada.
Di tahun ke-17 hari jadi Starbucks Indonesia, menghadirkan kolaborasi bersama The Special ID dengan meluncurkan merchandise eksklusif seri anniversary, yaitu  tumblr dan totebag yang menampilkan tiga desain unik yang dibuat oleh tangan anak – anak berkebutuhan khusus.
Sebagai apresiasi dalam kolaborasinya, sebagian hasil penjualan merchandise akan diberikan kepada The Special ID.
The Special ID merupakan social enterprise yang didirikan para pengajar Art Theraphy Center Widyatama yang menghubungkan kreator difabel dengan para peminat karya- karya yang di buat oleh mereka yang berkebutuhan khusus.
“Kami melihat begitu banyak potensi yang dimiliki oleh generasi millenial di indonesia, sehingga kolaborasi ini menjadi kesempatan bagi Starbucks untuk memperkenalkan hasil karya mereka yang berbakat,” ujar Chief Marketing Officer Starbucks Indonesia, Liryawati.
Lebih lanjut ia mengatakan, “Dengan kolaborasi ini diharapkan dapat menambah motivasi para generasi millenial lainnya untuk semakin bersemangat dalam berkarya”.
Sementara pada kesempatan yang sama Founder The Special ID, Firli Heriana mengatakan,  “Starbucks Indonesia telah memberi contoh dalam kepedulian dengan memberikan peluang kerja dimasa depan bagi anak-anak biasa maupun berkebutuhan khusus, serta mendorong pertumbuhan inklusif di Indonesia”.
“Melalui program kreatif seni dan desain ini menunjukan bahwa Starbucks merupakan perusahaan yang sadar inklusi, memahami bahwa manusia itu setara hak hidupnya,” tambah Art Theraphy Center Widyatama, Dr Anne Nurfarina, MSn.
Hingga saat ini di Starbucks, terdapat lebih dari 4.000 partners (karyawan) yang berkontribusi dalam 200.000 jam community service melalui lebih dari 100 kegiatan sosial yang telah dilakukan.
Berikut tiga desain menarik yang diluncurkan disetiap tumblr dan totebag dalam 17th anniversary Starbucks Indonesia:
1. Bhinneka Tunggal Ika oleh Hendra Gunawan yang menggambarkan keindahan, keanekaragaman di Indonesia.
2. Let’s Travel oleh Fatur Ridho yang menggambarkan pemandangan sehari-hari di era digital.
3. Milo the Cat oleh Claudia Panca yang bercerita mengenai kecintaan seorang Claudia akan seekor kucing yang tersenyum saat tertidur dan warna kuning cerah menggambarkan keceriaan. (sasha)