- iklan -

JAKARTA, ITN – Tarian Naga Api Tai Hang legendaris dari Hong Kong akan kembali hadir pada Festival Pertengahan Musim Gugur tahun ini, menyalakan kobaran api ritual yang dihormati sejak 2019.

Festival akan diselenggarakan selama tiga malam berturut-turut dari tanggal 28 hingga 30 September 2023, tarian spektakuler ini akan menampilkan lebih dari 300 penari mengarak naga nan megah sepanjang 67 meter melintasi jalanan distrik Tai Hang yang memesona.

Hong Kong Kembali Hadirkan Tarian Naga Api Tai Hang di Festival Pertengahan Musim Gugur
Tarian Naga Api Tai Hang

Acara tahun ini akan menampilkan sejumlah elemen baru yang menarik, termasuk pertunjukan khusus dari para penari naga generasi terbaru, plakat bunga raksasa LED dengan bentuk kepala naga di dekat pintu masuk untuk pengunjung dapat menggambil foto, dan arena pertunjukan yang diperluas untuk mengakomodasi lebih banyak penonton di sepanjang Wun Sha Street dan Tung Lo Wan Road.

Latar belakang dari sejarah serta arti perayaan ini juga dapat ditemukan pada siang hari di Tai Hang Fire Dragon Heritage Centre yang baru saja dibuka dengan harapan dapat memberikan wawasan menarik tentang tradisi yang telah berusia 143 tahun ini.

Pembuatan kerangka karya naga yang akan ditampilkan sangatlah rumit dan membutuhkan dedikasi waktu lebih dari satu bulan kerja keras oleh tim pengrajin terampil dan berpengalaman, karya naga ini dibuat dengan tangan memadukan bahan seperti jerami mutiara, rotan, dan tali rami.

Terdiri dari 32 segmen, tubuh naga dihiasi dengan 12.000 dupa yang menyala, dengan kepala naga seberat 50 kilogram. Pertunjukan yang berapi-api ini hanya dapat ditemukan di Hong Kong, sehingga menjadikannya pertunjukan yang istimewa.

Penjaga Api Leluhur  

Berawal lebih dari 140 tahun yang lalu, Tarian Naga Api muncul ketika Tai Hang bergulat dengan kesulitannya menghadapi wabah penyakit di tengah kalangan kelompok petani dan nelayan. Mendapatkan ilham dari mimpi, seorang tetua desa diinstruksikan untuk membuat seekor naga dihiasi dengan dupa yang membara dan mengaraknya di jalanan untuk menyelamatkan desa.

Sejak saat itu, ritual ini telah dilakukan setiap tahun dengan karakter yang khas dan telah menempatkan posisi sebagai salah satu perayaan budaya terpenting di Hong Kong, tarian pada ritual ini pun termasuk ke dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda (National List of Intangible Cultural Heritage).

“Kami sangat bergembira bahwa Tarian Naga Api Tai Hang kembali hadir di musim ini setelah terhenti selama empat tahun, dan kami tidak sabar untuk menyambut para pengunjung lokal serta global untuk bergabung dalam perayaan yang meriah ini,” ujar Cheung Kwok Ho, Almon, Acting Commander in Chief Tarian Naga Api Tai Hang dan warga Tai Hang.

“Bagi kami, tarian ini lebih dari sekadar pertunjukan – tarian ini merupakan bagian tak terpisahkan dari kehidupan dan kami bangga bahwa tradisi seperti ini akan terus hidup seiring kami meneruskan warisan ini ke generasi berikutnya,” tambah Cheung Kwok Ho.

Pusat Perayaan dan Pelestarian

Menambah kemeriahan perayaan ini, telah dibuka pusat kebudayaan “Tai Hang Fire Dragon Heritage Centre” yang bertempat di Grade 3 Historic Building di 12 School Street. Di tempat ini diselenggarakan pameran serta dilengkapi restoran yang menyajikan hidangan terinspirasi oleh kuliner lezat komunitas Hakka, yang merupakan penduduk asli Tai Hang.

“Tai Hang Fire Dragon Heritage Centre merupakan bentuk dari perayaan kemeriahan Tarian Naga Api, bertujuan memberikan wawasan yang menarik mengenai sejarah, tradisi, dan warisan budaya takbenda dari tarian itu sendiri serta budaya Hakka,” ujar Vice Chairman Anthea Lo. “Tempat ini terletak di sebuah bangunan bersejarah yang dibangun pada akhir tahun 1940-an, dan merupakan contoh yang bagus dari revitalisasi perkotaan berfungsi sebagai penghubung antara tradisi bersejarah tarian naga api dan masyarakat setempat saat ini.”

Suasana Meriah Malam Hari di Kota yang Memesona

Selain Tarian Naga Api, Hong Kong juga menawarkan serangkaian acara malam hari yang meriah yang tidak boleh dilewatkan pada Festival Pertengahan Musim Gugur tahun ini. Hong Kong akan diterangi oleh ratusan lampion yang menghiasi kota.

Masyarakat dapat berkumpul di tepi pelabuhan yang berkilauan dan di taman-taman yang dihiasi dengan dekorasi serta pertunjukan lampu yang memukau untuk menikmati cahaya bulan hingga memanjakan diri dengan kue bulan yang meriah.

Hong Kong menyambut semua orang untuk datang dan larut dalam suasana Festival Pertengahan Musim Gugur yang memesona.

- iklan -