JAKARTA, ITN- PERKEMBANGAN teknologi yang pesat membuat hampir setengan dari anak-anak secara global menghabiskan lebih dari tiga gam sehari di depan layar, baik itu ponsel, tablet, komputer, atau tv.

Hal ini tentu bisa memengaruhi kesehatan mata anak. Sebab, menatap layar televisi atau gadged terlalu lama dapat menimbulkan dampak buruk, seperti anak yang harus mengenakan kacamata sejak kecil. Untuk itu perlu adanya tindakan untuk mencegah hal tersebut.

Sejumlah gagasan bermanfaat dihadirkan dalam meningkatkan perawatan mata anak-anak. Apa yang dapat orangtua lakukan untuk menjaga kesehatan mata anak?. Berikut tujuh tips penting untuk kenyamanan mata anak dari Philips:

  1. Berinvestasi di lampu LED yang berkualitas

Seperti Philips LED. Dengan pencahayaan tidak berkedip, anak-anak dapat belajar dibawah lampu mereka dengan nyaman, tanpa risiko kelelahan mata atau sakit kepala.

  1. Dorong aktivitas luar ruangan

Pencahayaan alami telah terbukti benrmanfaat dalam meningkatkan kenyamanan mata, jadi anjurkan anak-anak bermain di kebun atau bawa mereka ke taman.

Dorong anak-anak untuk menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dengan bermain di kebun atau ke taman. (foto. evi)

Organisasi Keseatan Dunia (WHO) menyarankan bahwa akan bermanfaat untuk menghabiskan waktu dua jam sehari di luar ruangan.

3. Batasi waktu menatap layar

Meskipun ini mungkin sulit dilakukan mengingat kehidupan sehari-hari sekarang sangat disarankan oleh ponsel, komputer, dan televisi agar anak-anak meluangkan waktu untuk keluar dari layar dengan bermain di luar ruangan atau membaca buku.

  1. Beri istirahat pada mata

Jika anak-anak menghabiskan durasi yang lama di bawah pencahayaan buatan atau di depan layar, menyesuaikan mereka mengistirahatkan mata secara teratur dengan menutupnya selama 30 detik.

  1. Berikan anak makanan yang mendukung kesehatan mata

Dengan memasukan sayuran berdaun, ikan yang banyak mengandung lemak dan buah jeruk dalam makanan mereka.

  1. Lakukan yoga mata

Gunakan latihan yoga mata yang mudah untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kenyamanan mata.

  1. Bawa anak untuk pemeriksaan rutin ke dokter mata

Untuk memastikan Anda mendapatkan oponi profesional atas kesehatan dan penglihatan mata anak-anak Anda. (evi)