- iklan -

JAKARTA, ITN- ISTILAH bonding atau kelekatan semakin banyak terdengar dewasa ini. Momenn bonding sangat penting teruma bagi anak-anak usia dini karena dapat mempengaruhi tumbuh kembangnya menjadi pribadi yang bahagia, mandiri, dan Tangguh.

Bonding itu sebuah ikatan emosional yang terjalin dengan anak. Ketika orangtua berhasil menciptakannya, maka akan terbentuk pondasi aman terhadap anak,” ujar Psikolog Anak dari Tiga Generasi, Chitra Annisya, MPsi pada jumpa pers Zwitsaland di Mal Gandaria City, Jakarta Selatan, Sabtu (20/4/19).

Menciptakan Momen Bonding Bersama Buah Hati di Zwitsaland
Bermain di Zwitsal Play House menciptakan bonding antara ibu dan buah hati. Foto.evi

Chitra mengatakan, “Dua tahun pertama kehidupann merupakan saat terbaik untuk membangun bonding antara anak dengan orangtuanya. Dengan demikian orangtua dapat menyiasati minimnya waktu bersama buah hati dengan meluangkan 15-30 menit setiap harinya untuk membangun momen bonding dengan anak serta memaksimalkan kualitas interaksi tersebut”.

Tak hanya kualitas interaksi, menurutnya juga memastikan bonding itu berjalan secara konsisten dan berkelanjutan. “Misalnya ketika anak menangis orangtua tidak mendiamkan tangisannya tetapi merespon dengan cepat untuk mencari tahu terlebih dahulu apa penyebab anak menangis, sehingga trust-nya terbentuk”.

Chitra menjelaskan, “Ada tiga elemen utama untk menciptakan momen bonding dengan buah hati, yaitu kontak mata, sentuhan, dan interaksi misalnya mengobrol. Membangun bonding bisa dilakukan melalui berbagai aktivitas sehari-hari, termasuk bermain bersama”.

Menciptakan Momen Bonding Bersama Buah Hati di Zwitsaland
Suasana Zwitsalang di Atrium Mal Gandaria City, Sabtu (20/4/19)).

Menurutnya aktivitas bermain yang sederhana pun bisa jadi momen bonding yang seru, menyenangkan, dan bermakna.

Pada kesempatan tersebut, sebagai komitmen untuk terus mendukung orangtua dalam menjalin momen bonding, produk bayi Zwitzal menghadirkan Zwitsaland, sebuah aktivitas seru untuk membangun bonding orangtua dengan buah hati yang berlangsung dua hari pada 20-21 April 2019 di Atrium utama Mal Gandaria City, Jakarta Selatan.

“Kami mempersembahkan Zwitsaland, platform playland dengan beragam aktivitas sebagai wadah dan inspirasi kegiatan bonding yang seru dan menyenangkan bagi para orangtua untuk menjalin momen-momen bonding yang berkualitas dan bermakna dengan buah hati mereka,” ujar Head of Skin Cleansing and Baby Care Indonesia, PT Unilever Indonesia, Tbk, Maulani Affandi.

Berbagai aktivitas yang dapat dinikmati, antara lain booth-booth Zwitsaland, seperti Zwitsal Sensory Corner, Zwitsal Cooking Corner, Zwitsal Science House, Zwitsal Fashion Corner, Zwitsal Traveling & Discovery, dan Zwitsal Massage & Manicure Corner, dan talkshow, serta performance menarik di panggung.

Turut hadir pada kesempatan tersebut artis dan alumni Puteri Indonesia sekaligus ibu dari Zoe, Artika Sari Devi. “Menjadi orangtua zaman sekarang memang harus kreatif untuk menjalankan multiperan kita di kota besar, di era digital yang semuanya serba cepat,” ujarnya.(evi)

- iklan -