- iklan -

JAKARTA, Indonesiatripnews.com: NGGAK Cuma anak-anak, komik juga disukai orang dewasa. Bagi pecinta komik sebuah event kreatif khusus komik yang didaulat untuk memajukan perkomikan Indonesia akan digelar.

Event yang diberi nama ComicFest ID ini akan digelar pada 28-29 Mei mendatang di SMESCO Exhibition Hall, Jalan Gatot Soebroto, Jakarta. Selain memperkenalkan karya para komikus lokal Indonesia, event ini juga akan diramaikan tamu komikus internasional serta cosplayer dari mancanegara.

Dengan mengusung hashtag #MajuTerusKomikIndonesia, event ComicFest ID merupakan brand event lokal yang memfokuskan diri pada komik Indonesia dan industri pendukungnya, berbeda dengan sejumlah event event pop-culture yang umumnya merupakan afiliasi dari brand luar negeri. ComicFest ID ingin menunjukkan kepada publik, potensi dan kualitas komik Indonesia yang telah mengalami kemajuan pesat selama beberapa tahun terakhir.

 Chris Lie
Chris Lie

“Kami ingin mengapresiasi seluruh komikus lokal dan mendorong komik Indonesia ke pentas yang lebih tinggi. Karena itu kami harapkan agar kita semua dapat bersatu di ComicFest ID,” ujar Chris Lie, Direktur utama PT Wahana Inspirasi Nusantara yang juga adalah penerbit majalah kompilasi komik lokal re:ON Comics yang pernah sukses menggelar event re:CON 2015 tahun lalu.

Lebih lanjut Chris mengatakan, “Kami memberikan booth khusus bagi para komikus senior serta stage time untuk mereka. Demikian halnya dengan pendatang baru maupun yang bermain di jalur independen”.

“Kami menyediakan space bagi mereka dengan harga yang amat terjangkau. Dengan ini maka harapannya para komikus dapat memperoleh kesempatan yang lebih besar untuk mempromosikan karya mereka kepada khalayak ramai,” ungkapnya.

Hebatnya lagi, ComicFest juga telah mempersiapkan visi untuk eksis di luar negeri ke depannya. “Kami ingin membuktikan bahwa komikus kita juga memiliki talenta serta daya saing yang tinggi dan siap meramaikan pasar internasional, khususnya ASEAN di era MEA ini. Oleh karenanya acara ini kami namakan ComicFest supaya ke depannya juga lebih mudah untuk dibawa ke luar negeri,” kata Chris lagi.

Menurutnya, sejumlah cosplayer dari luar negeri yang dihadirkan nanti akan ikut meramaikan live performance “The Grand Legend Ramayana” atau kisah Ramayana yang dimodernisasi dan diadaptasi dari komik lokal berjudul sama.

“ComicFest ID juga bisa dibilang merupakan event pop-culture pertama di mana tamu dari mancanegara datang untuk memerankan karakter komik lokal, bukan sebaliknya,” jelasnya.

Chris juga mengaku sangat optimis dengan kebangkitan komik Indonesia yang semakin terbuka jalannya di depan, meskipun tentunya diperlukan kedisiplinan dan etos kerja profesional untuk mewujudkan impian ini.

“Dari sisi edukasi, ComicFest ID juga mengadakan workshop yang dibawakan oleh ilustrator dan komikus profesional dengan materi yang dipersiapkan bagi para individu yang berniat untuk memperdalam keahlian ilustrasi mereka dan bersiap untuk terjun ke dunia professional,” ujar Andik Prayogo, Creative Director PT Wahana Inspirasi Nusantara selaku penyelenggara ComicFest ID, kepada wartawan di Jakarta, Senin (14/3/16).

Kemudian dari sisi industri kreatif, ComicFest ID akan mempersatukan kekuatan para pelaku komikus Indonesia, mulai dari para komikus senior dengan karya mereka yang monumental di masa lalu hingga komikus kontemporer, termasuk memberikan ruang bagi komikus junior serta komikus yang berjuang di jalur independen.

Sementara itu untuk menambah kemeriahan acara, pihak penyelenggara juga mengadakan lomba cosplay dengan hadiah belasan juta rupiah. Keunikan utama lomba cosplay ComicFest ID ini yaitu merupakan kompetisi cosplay pertama yang mengkhususkan diri dan hanya fokus pada karakter komik Indonesia dengan informasi lengkap yang dapat diakses di situs www.comicfest.id.

Dukungan pun mulai terlihat dengan mulai berdatangannya sokongan dari dunia industri yang melihat potensi industri kreatif seperti komik sebagai sebuah potensi sinergi antar industri yang amat besar.

Dari kiri ke kanan, Chris Lie, Direktur utama PT Wahana Inspirasi Nusantara yang juga penerbit majalah kompilasi komik lokal re:ON Comics dan sukses menggelar event re:CON 2015 tahun lalu, cosplayer re:ON, Andik Prayogo, dan Yudha Negara Nyoman.
Dari kiri ke kanan, Chris Lie, Direktur utama PT Wahana Inspirasi Nusantara yang juga penerbit majalah kompilasi komik lokal re:ON Comics dan sukses menggelar event re:CON 2015 tahun lalu, cosplayer re:ON, Yudha Negara Nyoman, dan Andik Prayoga.

“Beberapa perusahaan produk konsumen, misalnya, sudah ada beberapa yang menyatakan diri ikut dalam ComicFest ID. Bahkan juga ada beberapa perusahaan multinasional yang telah menjadi sponsor dan salah satu stasiun TV besar nasional juga sudah menjadi media partner kami,” tambah Yudha Negara Nyoman, komisaris utama PT Wahana Inspirasi Nusantara.

Para calon exhibitor yang telah masuk dalam antrian meliputi penerbit buku dan komik baik cetak maupun digital, studio game, produsen elektronik, produsen makanan dan minuman, lembaga pendidikan, serta stationery dan alat gambar.

Dan karena ComicFest ID merupakan ajang berkumpulnya para komikus Indonesia maka penyelenggara menyiapkan space dengan jumlah yang cukup banyak. “Kami telah menyiapkan lebih dari 60 space untuk pemain komik lokal Indonesia dan sekitar 40% kami khususkan bagi komikus independen dengan harga yang amat terjangkau,” tutupnya. (evi)

- iklan -