- iklan -

JAKARTA, ITN – “Indonesia Open Military Style Drum Corps Competition 2024” yang merupakan ajang kejuaraan marching band atau drum corps nasional pertama kali yang bergenre militer akan diselenggarakan di Silang Monas Jakarta, pada 14 – 15 Desember 2024.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Tievel Unity Indonesia Foundation atas kolaborasinya dengan TNI, khususnya Kodam Jayakarta, serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dalam rencana penyelenggaraan event tersebut.

“Indonesia Open Military Style Drum Corps Competition 2024” Akan Digelar di Jakarta
Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi kolaborasi Tievel Unity Indonesia Foundation dengan TNI yang akan menggelar “Indonesia Open Military Style Drum Corps Competition 2024” saat Final Episode The Weekly Brief With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

“Harapannya ini akan memberikan pergerakan wisatawan ke Jakarta sekaligus menumbuhkan kecintaan kita serta kedisiplinan ala militer drum corps competition,” ujar Menparekraf Sandiaga dalam “The Final Episode of Weekly Brief with Sandi Uno” di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2024).

Direktur Event Nasional dan Internasional Kemenparekraf/Baparekraf, Fransiskus Handoko, mengapresiasi kegiatan yang membawa dampak positif bagi pergerakan wisatawan nusantara serta memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar karena memberdayakan UMKM.

“Kami juga berharap untuk tetap memperhatikan manajemen krisis dari sisi keamanan, keselamatan, dan kenyamanan sehingga acara ini bisa berjalan dengan lancar dan baik,” kata Frans.

Founder dan Ketua Umum Tievel Unity Indonesia Foundation, Fanny Fatriani Syarifuddin menjelaskan, event ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-79 TNI. Para pemenang kelas junior dan senior akan membawa pulang Piala Panglima TNI.

“Sebetulnya sebelum ini sudah ada kompetisi marching band yang ber-genre military, tetapi hanya di tingkat kota maupun kabupaten,” kata Fanny.

Menariknya dari event ini, akan ada kirab budaya yang digelar pada 15 Desember 2024 yang rencananya akan dimulai dari depan Istana hingga bundaran HI. Kirab ini digelar sekaligus untuk menyambut Presiden RI terpilih, Prabowo Subianto.

“Semoga event ini dapat mendorong semakin lajunya perekonomian pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta khususnya,” kata Fanny.

Sekretaris Jenderal Tievel Unity Indonesia Foundation, Doni Sidharta, menyampaikan event ini diharapkan dapat mendatangkan banyak manfaat khususnya bagi para tim marching band di Indonesia. Karena biasanya para tim hanya dilibatkan pada kebutuhan khusus seperti upacara institusi.

“Biasanya genre itu banyak disukai masyarakat. Jadi kalau menurut saya nanti saat paradenya akan banyak sekali masyarakat yang menyaksikan,” kata Donny.

Hadir dalam The Final Episode of Weekly Brief with Sandi Uno, para pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf.

- iklan -