- iklan -

JAKARTA, ITN- SAMBUT Ramadhan, sejumlah mal menghadirkan program Ramadhan, salah satunya yakni Lippo Malls dengan menghadirkan program belanja menarik hingga Late Night Sale, dekorasi Ramadhan hingga selfie corner, gerai zakat, hiburan Ramadhan, fashion show koleksi Lebaran, dan program berbagi di bulan Ramadhan.

“Kami mengangkat tema ‘Pesona Ramadhan’ untuk menyambut Ramadhan tahun ini mengingat kami memiliki 68 mal yang tersebar di 35 kota besar di Indonesia yang dikelola PT Lippo Karawaci Tbk Indonesia. Masing-masing kota memiliki keragaman budaya dari Jakarta hingga Kendari, dari Binjai hingga Kupang, dimana masing-masing daerah tentunya memiliki tradisi yang berbeda dalam menyambut Ramadhan,” ujar Corporate Public Relations Manager Lippo Malls Indonesia, Nidia N Ichsan pada jumpa pers “Pesona Ramadhan” di Jakarta, Senin (14/5/18).

Melalui tema ini Lippo Malls ingin menampilkan keberagaman dalam keseragaman. Sebab pada dasamya, Indonesia memiliki keberagaman budaya yang membuat negeri ini menjadi begitu kaya.

“Keberadaan Lippo Malls yang menyebar menjadi bukti bahwa Lippo Malls ingin menjadi bagian dari keberagaman budaya masyarakat Indonesia dengan membuat event yang sesuai dengan peta demografis untuk mengadaptasi perbedaan budaya yang ada,” ungkap Deputy Operations Director Lippo Malls Indonesia, Darwin A Roni pada kesempatan yang sama.

Lebih lanjut ia mengatakan, “Pemilihan Pesona Ramadhan juga didasari keinginan Lippo Malls untuk melestarikan budaya Indonesia, dengan mengajak para pengunjung untuk menikmati kembali tradisi Ramadhan yang sudah dilakukan sejak dulu di berbagai daerah di Indonesia. Karena kebudayaan Indonesia itu sangat kaya, dan kami ingin orang Indonesia khususnya generasi muda kembali melakukan tradisi-tradisi yang saat ini mulai dilupakan. Jadi, kami sekaligus bemiat mempromosikan kembali budaya tanah air kita”.

Lippo Malls Indonesia Gelar “Pesona Ramadhan” Secara Serentak di 35 Kota
Nidia N Ichsan (tengah) dan Darwin A Roni saat jumpa pers Peson Ramadhan di Atrium Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (14/5/18).

Menurutnya untuk menangkap tradisi Ramadhan yang khas Indonesia, beberapa mal di bawah pengelolaan Lippo Malls akan menampilkan dekorasi dengan tema arsitektur masjid yang memiliki keunikan dan bernilai sejarah bagi umat muslim di Indonesia, seperti Masjid Agung Tuban yang berada di Tuban, Jawa Timur, karena masjid ini didirikan pada abad ke-15 oleh Bupati Tuban pertama yang memeluk agama Islam.

“Selain itu, ada Masjid Cheng Ho yang memiliki gaya arsitektur khas perpaduan antara masjid dan klenteng yang didominasi wama merah, hijau, dan kuning. Nama masjid ini diambil dari Laksamana Cheng Ho, seorang tokoh angkatan laut Tiongkok yang beragama Islam dan melakukan perdagangan ke Indonesia,” tambah Nidia.

Atrium mal akan menjadi pusat dari semua kegiatan Ramadhan ini, seperti acara ngabuburit di mana akan ada pertunjukan Rampak Bedug (kesenian Banten dalam memainkan bedug sebagai alat musik), Tari Saman (tarian Suku Gayo untuk merayakan peristiwa-peristiwa penting dalam adat Aceh), juga Gambus, Nasyid, dan Marhaban, hiburan musik yang mengalunkan lagu-lagu pujian untuk menyambut datangnya Ramadhan. Ada pula Majelis Lucu Indonesia, Beauty & Hijab Parade, Chickadee Kids Club, Sound of Ramadhan by Voice of Indonesia, Tari Sufi (tanan berputar-putar yang sangat fllosofls), Ramadhan Zakat Expo, dan penampilan dari sejumlah artis Indonesia di beberapa mall di wilayah Jakarta.

Lippo Malls juga akan mengadakan berbagai kompetisi bertema religi, seperti Kompetisi Marawis, Kompetisi Kids ReHgi Fashion, Kompetisi Hadroh, Lomba Tadaruz Quran, Lomba Adzan, Lomba Wajah Muslimah, Kompetisi Hijab Cantik, Lomba Hijab Anak, dan Lomba Juz’ama.

Peragaan busana koleksi busana Lebaran akan turut memeriahkan bazaar Ramadhan. Bazaar ini akan menggelar berbagai koleksi fashion dari tenant di Lippo Malls, juga bazaar makanan Indonesia dan bazaar takjil untuk pengunjung yang bemiat berbuka puasa bersama keluarga di mal. Jika ingin mengabadikan momen bersama keluarga dan teman-teman, beberapa mal juga menyediakan selfie corner yang bisa dimanfaatkan.

Untuk pengunjung yang ingin berbelanja kebutuhan Ramadhan dan Lebaran, Lippo Malls mengadakan sejumlah program diskon. Beberapa mal akan menggelar Late Night Sale, lucky draw, dan program belanja berhadiah, dengan nilai pembelanjaan tertentu yang berkisar dari Rp250.000 hingga Rp500.000 bisa mendapatkan hadiah bempa merchandise menarik, lucky dip ataupun Ovo Point.

“Jika belanja menggunakan Ovo akan mendapatkan diskonn 10-30 % hingga 20 Juni 2018,” ungkap Darwin.

Dibuatnya program belanja ini tentunya untuk meningkatkan jumJah pengunjung Selama bulan Ramadhan. “Ramadhan memang mempakan peak season, sehingga masing-masing mal diharapkan bisa menaikkan jumlah kunjungan melalui program promo yang kami siapkan. Sebagai operator mall terbesar di Indonesia Lippo Malls terus melakukan terobosan. dalam penyelenggaraan kegiatan di masing-masing mal dan Ramadhan merupakan strategl korporasi dalam meningkatkan jumlah kunjungan,” ungkap Nidia.

Sebagai bentuk kepedulian dan melengkapi kegiatan di bulann Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah, Lippo Malls juga mengadakan acara berbuka puasa bersama anak yatim piatu dan kaum dhuafa di setiap mal yang berada di bawah manajemen Lippo Malls. Program CSR (Corporate Social Responsibility) ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungannya.

“Kami berharap dengan tema Pesona Ramadhan ini walaupun beragam tapi satu Bhinneka Tunggal Ika, selain itu dapat mengedukasi tradisi budaya untuk generasi milenial. Dengan diadakannya secara serentak di 35 kota ini maka akan timbul orang berbelanja sehingga ada pergerakan dan pertumbuhan ekonomi yang dapat meningkatkan bisnis retail juga usaha kecil menengah,” tutup Darwin. (evi)

 

 

- iklan -