JAKARTA, ITN- Menyikapi banyaknya simpang siur informasi terkait penyelenggaraan event Jakarta Fair Kemayoran 2020, dengan ini pihak penyelenggara event Jakarta Fair Kemayoran yakni PT Jakarta International Expo (JIExpo) angkat bicara. Hal ini disampaikan langsung oleh Marketing Director PT JIExpo, Ralph Scheunemann. Ia menjelaskan bahwa berita ataupun informasi yang beredar luas di masyarakat mengenai ditiadakannya event akbar tersebut adalah tidak benar.

“Beberapa hari belakangan ini banyak sekali tersiar kabar bahwa PRJ tahun ini ditiadakan. Hal tersebut bukanlah bersumber dari pihak kami. Saya tegaskan dalam hal ini bahwa Jakarta Fair Kemayoran adalah event resmi yang diselenggarakan oleh PT Jakarta International Expo di area JIExpo Kemayoran,” ungkap Ralph dalam keterangan tertulisnya.

“Apabila ada pihak lain yang menggunakan kata ‘PRJ Ditiadakan’ itu bukan bersumber dari kami. Dan juga apabila ada pihak-pihak yang menyebut bahwa Jakarta Fair 2020 ditiadakan maka hal itu tidak benar,” tambahnya.

Sebelumnya pihak Manajemen PT JIExpo juga sudah memberikan konfirmasi terkait penundaan event Jakarta Fair Kemayoran pada awal April silam. Event akbar tersebut yang sedianya digelar pada tanggal 14 Mei – 28 Juni 2020 ditunda penyelenggaraannya sampai situasi dan kondisi yang membaik.

Kebijakan tersebut diputuskan setelah tim Penyelenggara berkoordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholders) baik Pemerintah pusat maupun Daerah, TNI, Polri serta berbagai pihak lainnya. Dalam hal ini semua pihak sepakat bahwa terdapat kepentingan yang jauh lebih besar yaitu mengutamakan kesehatan serta keselamatan masyarakat guna mencegah dan meminimalisir penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia.

Namun hal tersebut bukan berarti membatalkan event Jakarta Fair Kemayoran namun pihak penyelenggara hanya menunda hingga situasi dan kondisi kondusif serta membaik. Pihak Manajemen PT JIExpo juga menjelaskan bahwa nantinya akan mengumumkan kepada publik lebih lanjut terkait tanggal resmi penyelenggaraan event Jakarta Fair Kemayoran 2020.

“Sekali lagi kami konfirmasi Jakarta Fair tahun 2020 ini hanya ditunda namun bukan berarti dibatalkan. Terkait tanggal penyelenggaraan resminya kapan, kita selalu berkoordinasi secara intensif baik itu dengan Pemerintah Pusat maupun dengan Pemerintah Provinsi, artinya kita melihat perkembangan situasi pandemi Covid-19 ini. Dan kemungkinan besar apabila situasi dan kondisi sudah membaik, kami berencana akan mengadakannya di akhir tahun 2020,” jelas Ralph.

PT Jakarta International Expo juga berkomitmen akan terus patuh terhadap peraturan serta anjuran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait pandemi Covid 19 ini. Terkait penyelenggaraan event atau pameran, PT JIExpo berharap situasi akan kembali normal pada bulan Agustus ataupun September. Apabila keadaan sudah semakin kondusif maka event serta pameran sudah dapat digelar yang akan diawali secara bertahap dengan skala yang kecil dan berangsur ke pameran dengan skala menengah dan juga skala besar.

“Kita harapkan situasi di bulan Agustus atau September situasi sudah kembali normal. Kita akan mengawali bertahap dari event dengan skala kecil lalu menengah dan pada akhirnya puncak dari pameran ataupun event yang digelar di area JIExpo Kemayoran ini adalah event Jakarta Fair di akhir tahun 2020,” terang Ralph.

Pihak Manajemen PT JIExpo juga akan memperhatikan hal yang paling penting yaitu terkait Protokol kesehatan. PT JIExpo akan menerapkan berbagai prosedur yang sesuai dengan SOP serta anjuran yang dikeluarkan oleh Pemerintah. Aturan-aturan ini juga akan dikoordinasikan lebih lanjut kepada pihak event organizer dan juga kepada para pengunjung pameran.

“Terkait protokol kesehatan dalam penyelenggaraan event, kami akan menyiapkan hand sanitizer di berbagai area pameran, pengecekan suhu tubuh di area pintu masuk, lalu kami juga menyiapkan desinfectant chamber dan berbagai protokol kesehatan lainnya. Kami juga mengikuti aturan serta SOP yang dikeluarkan oleh Asosiasi Pameran Dunia,” katanya.

Bertepatan dengan ulang tahun kota Jakarta yang ke- 493 pada 22 Juni 2020, pihak manajemen PT JIExpo berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir dan keadaan kembali kondusif serta semua pihak dari segala lini bisnis bisa berjalan kembali normal.

“Sejak tahun 1968, kita semua selalu merayakan ulang tahun Kota Jakarta bersamasama dengan Jakarta Fair. Namun tahun ini perayaan tersebut terpaksa ditunda karena adanya Covid-19. Semoga kita semua bisa segera menyelenggarakan serta menyemarakkan ulang tahun kota Jakarta di akhir tahun 2020 ini dengan digelarnya Jakarta Fair. Selamat ulang tahun Kota Jakarta, Semoga Jaya Selalu,” ujar Ralph.

Sebagai informasi, event akbar Jakarta Fair Kemayoran adalah ajang festival dan pameran perdagangan multiproduk terbesar, terlengkap sekaligus terlama di kawasan Asia Tenggara. Event ini secara khusus digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kota DKI Jakarta. Sejak pertama kali diselenggarakan yakni tahun 1968, event ini secara rutin selalu diadakan setiap tahun tanpa pernah absen ataupun terputus. Semoga pandemi Covid-19 segera cepat berlalu dan keadaan membaik serta kondusif sehingga Jakarta Fair Kemayoran 2020 dapat segera digelar. (*)