JAKARTA, ITN-  Indonesia kaya akan keberagaman kuliner. Kekayaan jenis masakanya merupakan cerminan keberagaman budaya dan tradisi Nusantara.

Juli 2022 lalu Indonesiatripnews.com bersama Komunitas Indonesia Trip (KIT) menggelar Lomba Foto Makanan atau Masakan Nusantara.

Proses kurator yang terdiri dari perwakilan Admin Komunitas Indonesia Trip dan Redaktur Media www.indonesiatripnews.com tidak hanya sekedar memilih hasil foto yang terbaik saja namun juga peserta atau kontributor yang mengikuti aturan minimum persyaratan yang di sampaikan dalam pengumuman.

Masing-masing peserta karya terpilih mendapatkan merchandise, T-shirt Komunitas dan voucher belanja Macdonald’s.

Berikut Karya Fotografi terpilih para kontributor Komunitas Indonesia Trip (KIT) dalam Lomba Foto Makanan atau Masakan Nusantara.

  1. Diah Ismayanti

Judul/Karya Foto: Ilat Sapi

Apresiasi Komunitas Indonesia Trip untuk Tiga Karya Terbaik Tema Foto Masakan NusantaraKeterangan Foto: Memperkenalkan ini adalah “Ilat Sapi”, mungkin ada sebagian yang mengetahui atau familiar dengan kue ini. Ilat sapi ini adalah makanan khas dari Kalimantan Timur. Kue ini sangat cocok disajikan dengan teh atau pun kopi. Mau di cemil pada pagi hari atau sorepun sangat cocok. Rasa ilat sapi ini manis, dengan tekstur agak kasar bagian luar namun lembut di dalam. Bahan dasarnya dari gula merah, tepung terigu, sedikit soda kue, dan minyak. Jika bertandang ke Kalimantan Timur, cobain deh snack satu ini. Harganya murah dan pas untuk yang suka nyemil.

Profil: Bergabung dengan Komunitas Indonesia Trip (KIT) sejak 19 Agustus  2018 dengan nama akun Facebook “Diah Ismayanti” merupakan nama sebenarnya. Perempuan kelahiran Apresiasi Komunitas Indonesia Trip untuk Tiga Karya Terbaik Tema Foto Masakan Nusantaradan tinggal di Balikpapan – Kalimantan Timur ini  menekuni dunia fotografi sejak tahun 2017, mulai dari fotografi ponsel atau smartphone hingga menggunakan kamera DSLR.

Ketekunannya belajar dalam dunia fotografi membuahkan hasil mulai menjadi narasumber pada acara seminar foto produk menggunakan smartphone di Rumah BUMN Balikpapan, pengisi di Komunitas Fotografi naungan perusahaan Pertamina Hulu Mahakam Balikpapan juga pernah menjadi Guru Ekstrakulikuler di Sekolah Menengah Atas Negeri Balikpapan hingga menjadikannya sebagai seorang Fotografer Freelance saat ini.

  1. Iwan Nuris S

Judul/Karya Foto: Rengginang 

Apresiasi Komunitas Indonesia Trip untuk Tiga Karya Terbaik Tema Foto Masakan NusantaraKeterangan Foto: Rengginang, sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng panas dalam minyak goreng. Konon katanya makanan ringan ini berasal dari Sunda dan Jawa.

Apresiasi Komunitas Indonesia Trip untuk Tiga Karya Terbaik Tema Foto Masakan NusantaraProfil: Bergabung dengan Komunitas Indonesia Trip (KIT) sejak 21 Desember 2019 dengan nama akun “Iwan Nuris S”. Sesuai nama sebenarnya. Pria kelahiran Pamekasan yang tinggal di Malang sejak tahun 2010 ini merupakan seorang akademisi di salah satu Perguruan Tinggi di Kota Malang dan mulai menekuni dunia fotografi sejak tahun 2014 dari mulai Genre Macro Photography, Landscape dan passionnya hingga saat ini  di Commercial Food Photography.

3. Antok Antx Devandal Jevit

Judul/Karya Foto: Sego Gudangan

Keterangan Foto: Makanan Sego Gudangan, makanan khas yang berada di pasar Kenaran, Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta.Makanan ini bisa di temukan hanya selapan sekali atau 35 hari sekali di kalender Jawa. yaitu pada hari Jumat Kliwon. Foto ini saya  ambil tadi pagi sekalian sarapan (emoticon ketawa).

Apresiasi Komunitas Indonesia Trip untuk Tiga Karya Terbaik Tema Foto Masakan NusantaraBanyak cerita mengenai Sego Gudang di pasar Kenaran. Konon katanya jika ada keinginan dan terwujud beberapa masyarakat bernazar akan beli/makan Sego Gudang di pasar dan memberi sedikit rejeki/shodakoh kepada penjual Sego Gudang sebagai wujud syukur karena keinginannya di kabulkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Dan pasti setiap Jumat Kliwon pagi mulai pukul 05.30-07.00 WIB sangat banyak pengunjung untuk membeli sego gudang tersebut.

Profil: Bergabung dengan Komunitas Indonesia Trip (KIT) sejak 6 Mei 2020 dengan nama akun Facebook Antok Antx Devandal Jevit”. Apresiasi Komunitas Indonesia Trip untuk Tiga Karya Terbaik Tema Foto Masakan NusantaraPria kelahiran Yogyakarta, 22 Juni 1992 dengan nama asli Sudiyanto ini mulai menekuni dunia fotografi sejak tahun 2015 dengan bergabung di Group Fotografi Kangen Desa – Jelajah Kampung (KDJK) dan mengikuti berbagai macam pelatihan teknik fotografi juga beberapa lomba Fotografi seperti di APK AGORA asuhan Okyarisandi. Dunia fotografi  memotivasinya untuk mengenalkan tradisi budaya, adat istiadat setempat dan juga dunia Pariwisata  dalam karya-karya digital yang juga sejalan dengan profesinya saat ini sebagai seorang Digital Marketing.

Selamat dan terimakasih kepada para Pemilik Karya Foto terpilih semoga karya-karya nya menjadi inspirasi dan membawa sinergi yang positif untuk kita semua. (sasha)