JAKARTA, ITN– Literasi adalah sebuah kemampuan individu dalam menggunakan segala potensi dan ketrampilan yang dimilikinya dalam hidup.

Literasi tidak terbatas pada buku pelajaran saja, jadi dari masa pra sekolah anak juga perlu diajarkan banyak hal sedini mungkin.

McDonald’s Indonesia sebagai brand yang dekat dan peduli dengan anak Indonesia berkomitmen untuk mendukung peningkatan literasi anak melalui serangkaian kegiatan yang telah berjalan selama hampir satu tahun melalui program Inspirasi Literasi McD.

Untuk melanjutkan komitmennya, kini McDonald’s Indonesia menghadirkan McD Library dengan merenovasi salah satu Taman Baca Masyarakat (TBM), yaitu Rumah Baca Zhaffa yang berlokasi di Tebet, Manggarai dan berada di bawah naungan Forum Taman Baca Masyarakat (Forum TBM).

Baca: https://indonesiatripnews.com/ulasan-menarik/mcdonalds-indonesia-gelar-rangkaian-program-literasi-untuk-anak-indonesia/

“McD Library merupakan salah satu wujud nyata komitmen McDonald’s terhadap program literasi anak, yang mana Taman Baca merupakan salah satu sarana edukatif untuk menumbuhkan minat baca anak,” ujar Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka pada grand opening McD Library McD Library.

Apalagi menurut Sutji, jika dilengkapi dengan infrastruktur yang memadai serta fasilitas yang lengkap tentunya hal itu akan menarik kehadiran anak-anak untuk berkunjung dan membaca lebih banyak buku.

Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, McDonald’s Persembahkan McD Library “Oleh karena itu, McD Indonesia memberikan dukungan melalui sarana dan prasarana memadai sehingga anak-anak dapat mengakses banyak buku dengan rasa senang dan nyaman,” ungkapnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima indonesiatripnews.com, Jumat (22/12/2022).

Sebelumnya, Rumah Baca Zhaffa sudah aktif beroperasi sejak tahun 2008 serta memiliki 50 anggota aktif. Namun setelah 14 tahun berlalu, selain buku-buku perlu diperbarui sesuai perkembangan zaman, kondisi bangunan pun sudah perlu direnovasi.

Karena itu, McDonald’s memilih Rumah Baca Zhaffa sebagai proyek pilot untuk melakukan perbaikan secara menyeluruh. Setelah direnovasi, taman baca ini diubah namanya menjadi Rumah Baca Zhaffa supported by McDonald’s.

Yudi Hartanto selaku Ketua Forum TBM (Taman Bacaan Masyarakat) Provinsi DKI Jakarta sekaligus pendiri dari Rumah Baca Zhaffa mengatakan, kondisi bangunan Rumah Baca Zhaffa memang membutuhkan banyak perbaikan guna meningkatkan kenyamanan belajar anak-anak.

Tidak hanya perbaikan rak-rak buku, kerusakan genteng, dinding yang mengelupas, dan penambahan saluran pompa air, namun koleksi buku juga perlu diperbaharui dengan dilakukan penambahan.

“Apalagi, saya melihat semangat anak-anak untuk datang dan membaca begitu besar sehingga hal itu memotivasi saya untuk dapat terus mengelola dan membuat Taman Baca ini menjadi ebih baik lagi.  Dengan demikian, kami menyambut baik langkah positif dan kerjasama yang diajukan McDonald’s dalam merenovasi taman baca ini,” ujarnya.

Tingkatkan Literasi Anak Indonesia, McDonald’s Persembahkan McD Library 
Kiri ke kanan, Yudi Hartanto, Sutji-Lantyka, Evita Kasudin Perpustakaan Jakarta Selatan, dan Nero Taopik Ketua Forum TBM Indonesia.

Renovasi McD Library telah berjalan selama dua bulan sejak bulan September 2022 dengan memperbaiki serta memperluas sebagian besar area bangunan, melakukan pengecatan interior dan eksterior dengan dominasi warna yang mencirikan nuansa McDonald’s, serta melukis area dinding samping eksterior bangunan (mural) dengan gambar anak-anak dan buku untuk melambangkan Taman Baca.

Pengerjaan mural secara unik melibatkan anak-anak di sekitar TBM sebagai simbol diresmikannya McD Library. Tidak hanya mengubah tampilan fisik bangunan, McDonald’s juga memfasilitasi buku bacaan anak yang lebih variatif, menambah alat peraga atau edukasi, serta memperbaiki furnitur yang masih layak pakai.

“Selain memperhatikan kelengkapan infrastruktur dan kenyamanan area Taman Baca, membuat berbagai kegiatan dan program rutin penting dilakukan untuk meningkatkan aktivitas literasi di dalam TBM,” ungkap Kepala Dinas Perpustakaan DKI Jakarta, Wahyu Haryadi.

Setidaknya menurut Wahyu, diadakan satu hingga dua kegiatan rutin setiap minggunya, yang mana sesekali kegiatan ini dapat melibatkan kehadiran orang tua untuk mengetahui kemajuan anak-anak mereka.

McD Library juga memiliki rencana program edukatif berkelanjutan untuk taman baca ini. Program yang akan dilaksanakan, yakni “McDonald’s Day” dimana dalam kegiatan yang dilaksanakan pada setiap sabtu di minggu ketiga setiap bulan ini akan menghadirkan kegiatan untuk meningkatkan minat baca anak, salah satunya ialah hari membaca bersama dengan mendapatkan hadiah produk dari McDonald’s.

Selain itu, akan ada juga kunjungan rutin relawan karyawan McDonald’s untuk bekerja secara sukarela mengajar anak-anak yang ada di taman baca.

“Kami berharap McD Library dapat difungsikan sebagai wadah edukatif baru yang menyenangkan untuk belajar dan bertukar informasi di luar kegiatan formal sekolah. Kami berharap dapat membangun lebih banyak lagi McD Library agar dapat memberikan akses membaca kepada lebih banyak anak dan menjangkau daerah yang lebih luas lagi di Indonesia, sehingga McDonald’s dapat terus mewujudkan misi inspirasi literasi McD.” tutup Sutji.