JAKARTA, ITN- Identik dengan berbagai hal religius, bulan Ramadhan bagi umat Muslim  merupakan bulan yang dijadikan sebagai momen untuk menjalankan dan meningkatkan ibadah. Selain berpuasa, di bulan ini umat Muslim yang cenderung untuk melakukan kegiatan kunjungan ke beberapa destinasi wisata religi demi mendapatkan sensasi pengalaman ibadah yang berbeda dari biasanya. Tentunya tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang menjadi hal utama harus diperhatikan mengingat kasus pandemi Covid-19 masih terus berlangsung.

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak pilihan lokasi wisata religi, terutama masjid bersejarah, yang bisa dikunjungi oleh masyarakat dan berkaitan erat dengan sejarah penyebaran agama Islam pada zaman dahulu. Tempat-tempat tersebut pun mempunyai daya tarik wisata tersendiri di setiap daerahnya. Jika kamu merupakan salah satu peminat wisata religi, berikut adalah beberapa rekomendasi masjid cantik di Indonesia yang wajib dikunjungi serta rekomendasi staycation bagi para wisatawan yang ingin menginap di sekitar area masjid cantik.

  • Masjid Baiturrahman ( Aceh )

Memiliki arsitektur bergaya India Kuno, Masjid Baiturrahman dibangun pada 1612 M oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Masjid Raya Baiturrahman merupakan ikon Masjid kota Banda Aceh serta ikon monumental pasca pasca Tsunami Aceh di tahun 2004, sehingga membuat masjid ini menjadi tempat wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Mengalami beberapa kali renovasi seperti perluasan dan menambah kubah untuk mempercantik bangunan Masjid, tentu saja wisatawan tak boleh mengabaikan kegunaan utama Masjid sebagai tempat Ibadah. Berjarak hanya sekitar 3km dari Masjid Baiturrahman, RedDoorz Syariah near Baiturrahman Aceh dapat menjadi pilihan yang tepat bagi wisatawan yang mencari penginapan terdekat dari Masjid.

  • Masjid Agung (Semarang)

Terkenal dengan arsitektur unik serta termegah di Indonesia, Masjid Agung Semarang memiliki payung hidrolik raksasa yang mirip seperti di Masjid Nabawi, Mekkah. Selain sebagai tempat ibadah, masjid Agung dapat menjadi menjadi objek wisata terpadu, pusat pendidikan, dan pusat syiar agama Islam. Beragam fasilitas tersedia lengkap, diantaranya memiliki perpustakaan, auditorium, ruang akad nikah, serta museum perkembangan Islam. Bagi para wisatawan yang ingin melakukan wisata religi keliling Semarang dan Masjid Agung, RedDoorz @ Jalan Kartini Semarang dapat menjadi alternatif untuk tempat staycation selama berada di Semarang.

  • Masjid Jami (Malang)

Masjid Jami Malang memiliki dua gaya arsitektur, yaitu Jawa dan Arab. Dikenal nama Masjid Agung Jami Kota malang, masjid ini dibangun pada tahun 1890 dan selesai pada tahun 1903. Seiring berjalanya waktu, Masjid Jami tak hanya didatangi bagi para wisatawan yang akan beribadah melainkan kerap dikunjungi wisatawan dan pecinta fotografi yang mengagumi keindahan bentuk bangunannya. Masjid Jami Malang ini memiliki sejumlah fasilitas penunjang, seperti stasiun radio Madina FM, pabrik air minum kemasan Q-Jami, serta perpustakaan. Berlokasi strategis di tengah kota dan masih satu kawasan dengan alun – alun kota Malang, membuat masjid ini mudah untuk kamu kunjungi. RedDoorz near Balai Kota Malang dapat menjadi pilihan bagi wisatawan yang ingin melakukan wisata religi ke Malang terutama dekat masjid Jami Malang.

  • Masjid Sultan Suriansyah (Banjarmasin)

Memiliki arsitektur tradisional Banjar dengan konstruksi panggung yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Suriansyah, Masjid ini merupakan masjid tertua di Kalimantan Selatan serta menjadi simbol dimulainya pergerakan Islam di area Kalimantan Selatan. Telah mengalami beberapa kali pemugaran, struktur dasar masjid ini masih tetap dipertahankan karena termasuk dalam cagar budaya peninggalan Kesultanan Banjar. Sebagai salah satu ikon bersejarah di daerah Banjarmasin yang bersebelahan dengan Sungai Kuin, masjid ini dapat menjadi rekomendasi wisata religi yang dapat dikunjungi. Berjarak hanya 1,6km dari Masjid, RedDoorz Syariah near RSU Suaka Insan dapat menjadi pilihan menginap selama berada di Banjarmasin.

  • Masjid 99 Kubah (Makassar)

Menyajikan nuansa religi unik sesuai dengan namanya, masjid ini dihiasi dengan puluhan kubah dari berbagai ukuran yang ditata bertingkat dengan warna – warna terang. Dirancang oleh Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat, Masjid 99 Kubah Makassar menjadi Ikon terbaru bagi masyarakat Sulawesi Selatan di kawasan elit Center Point of Indonesia (CPI Makassar). Wisatawan yang akan melakukan wisata religi sekitar Masjid 99 Kubah dan Makassar tidak perlu khawatir terkait penginapan, RedDoorz Hostel @ POD House Makassar yang berlokasi dekat dengan jarak kurang dari 2 km dapat menjadi alternatif penginapan sekitar wilayah Makassar.

Hal paling utama yang tetap harus diperhatikan apabila melakukan wisata religi di masa pandemi ini yakni tetap menerapkan protokol kesehatan ketat serta memilih tempat staycation yang sudah terjamin kebersihan, keamanan, dan kenyamanannya, mitra properti yang ada di aplikasi RedDoorz telah mengantongi HygienePass. HygienePass adalah program sertifikasi untuk akomodasi dan perhotelan yang merupakan satu program hasil kerja sama dengan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).