JAKARTA, ITN- RENDANG, makanan asal Sumatera Barat sejak dinobatkan menjadi makanan terlezat nomor 1 di dunia versi situs CNN membuat Indonesia patut berbangga.

Rasa rendang dengan rempah yang kuat berpadu gurih dengan santan, memang mampu menggoyang lidah. Ditambah lagi daging sapi yang sudah lembut karena proses pemasakan yang lama sungguh enak dinikmati.

Kini rasa rendang dari Sumatera Barat dapat dinikmati dalam sajian burger di McDonald’s.

Sebagai makanan leluhur, rendang bukan hanya memiliki cita rasa yang berbeda tapi juga terkandung filosofi dan makna mendalam. Dalam rendang terdiri beberapa bahan utama yakni daging sapi, kelapa, cabai serta bumbu lain yang memiliki arti berbeda-beda.

Daging melambangkan kemakmuran dan rasa cinta orang tua dan anaknya, kelapa memiliki arti menyatukan. Semua komunitas masyarakat dilambangkan seperti kelapa yang digunakan saat memasak rendang. Kelapa dalam jumlah banyak melambangkan banyaknya komunitas dan lapisan masyarakat daerah yang bersatu jadi satu.

Cabai melambangkan guru-guru agama yang mengajar ngaji dan baca Al-Quran. Para guru ini digambarkan seperti cabai yang pedas artinya guru dengan tegas mengajar muridnya agar mengerti tata krama.

Sementara bumbu dan rempah pelengkapnya menggambarkan semua orang lapisan masyarakat harus dihargai sebagai sesuatu yang penting. Tanpa bumbu tambahan ini rendang tidak akan punya rasa yang lengkap dan komplet. Jadi semua bahan yang digunakan dalam rendang memiliki makna yang sama pentingnya.

Melihat kepopularan rasa rendang yang merupakan makanan khas Indonesia dan selalu menjadi pilihan bagi berbagai kalangan baik tua maupun muda, McDonald’s Indonesia dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, McDonald’s meluncurkan pilihan menu baru dengan rasa khas Indonesia, yakni Burger Rendang.

Burger Rendang Spesial

“Burger Rendang merupakan burger dengan daging sapi dan saus rendang istimewa, ditambah telur (untuk Burger Rendang Spesial) serta potongan bawang bombai segar, yang disajikan dalam setangkup roti bertabur bubuk jagung,” ujar Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka pada acara “Food Tasting Burger Rendang & Soda Belimbing” di Jakarta, Selasa (1/8/17).

Ia mengatakan, “Sebagai pelengkap menu baru yang bertema ‘Ini Rasa Kita’, McDonald’s juga meluncurkan Soda Belimbing yang merupakan minuman soda (Sprite) dingin dengan tambahan topping sirup Belimbing”.

“Dipilihnya sirup belimbing, karena rasa lama, segar, dan telah akrab di lidah masyarakat Indonesia,” ujar perempuan yang biasa disapa Echy kepada IndonesiaTripNews.com.

Sutji Lantyka (kanan) saat melantunkan sebuah lagu bersama Alif pada acara “Food Tasting Burger Rendang & Soda Belimbing” di Jakarta, Selasa (1/8/17).

Terdapat tiga varian Burger Rendang, yaitu Burger Rendang (Rp22.273), Burger Rendang Dobel (Rp26.364), dan Burger Rendang Spesial (24.546), belum termasuk pajak.

Dengan Rp34.091 untuk Paket Hemat Burger Rendang, pengunjung akan mendapatkan Rendang Burger (single patty), medium french fries, dan medium soda belimbing.

Paket Hemat Burger Rendang Dobel dengan harga Rp38.182  akan mendapatkan Rendang Burger (double patty), medium french fries, dan medium soda belimbing.

Sedangkan untuk paket Burger Rendang Spesial Rp36.364, pengunjung akan mendapatkan Rendang Burger (single patty), telur, medium french fries, dan medium soda belimbing.

Menu Burger Rendang yang dijual pada waktu regular pukul 11.00 – 05.00 WIB ini memiliki periode penjualan sejak 28 Juli – 10 September 2017. Seluruh menu dijual untuk dine in, take away, McDelivery  dan Drive-Thru. (evi/Sasha)