- iklan -

JAKARTA, ITN-  Ingin menyantap makanan khas Bali dengan sensasi rasa gurih, otentik, dan ‘medok’ rasa rempah-rempahnya? Taliwang Bali sangat cocok buat makan siang atau makan malam beserta sahabat ataupun famili.

Resto Taliwang Bali yang terletak di Lantai UG, Mall Kota Kasablanka (Kokas), Jakarta Selatan menjadi pilihan Indonesiatripnews.com untuk menikmati makan siang disaat week end. Suasana hangat, bersih,  dengan didominasi interior warna hijau serta bangku dan meja dari kayu menambah kenyamanan bagi pengunjung.

Resto Taliwang Bali menyajikan kuliner spesial Bali serta Lombok dengan resep dari nenek moyang yang sudah diwariskan turun temurun.

Resto Taliwang Bali Sajikan Menu Khas Bali di Jakarta
Bakwan Sayur Udang. (foto. evi/itn)

Sebagai menu pembuka, camilan Bakwan Sayur Udang yang berisi tiga bakwan dengan sambal kacang seharga Rp33.000 dan segelas Es Kuwut (Kelapa Muda) Jeruk Rp37.000 menjadi menu pembuka.

Dilanjutkan dengan menu utama Ayam Bakar Taliwang. Menu Ayam Bakar Taliwang ini adalah salah satu signature Resto Taliwang Bali. Ayam Bakar Taliwang ini disajikan dengan sambal Taliwang yang tingkat kepedasannya pun bisa dipilih sesuai keinginan. Ada tiga rasa level pedas, yakni  mild, medium, hingga hot. Untuk set menu ini sudah dapat Plecing Kangkung dan nasinya juga.

Resto Taliwang Bali Sajikan Menu Khas Bali di Jakarta
Sajian menu Resto Taliwang Bali yang menawarkan makanan khas Bali. (foto evi/itn)

Rasa ayamnya sudah enak, bumbunya benar-benar meresap sampai ke dalam dagingnya. Ayam yang disajikan juga besar dan banyak dagingnya. Rasa gurih, manis, dan pedasnya pas dan enak bila dicampur ke nasi panas.

Tak lengkap rasanya jika tidak memesan Sate Lilit. Sate Lilit Ayam dan Sate Ayam Plecing menjadi pelangkap menu makan siang.  Lanjut sepiring Rujak Gula Bali (Rp35.000) yang segar menggunakan kacang serta segelas Es Kuwut Sirsak menjadi penutup.

“Semua masakan di Taliwang Bali berani bumbu sehingga khas Bali sangat terasa di semua menu yang ada di Resto Taliwang Bali. Kelebihan Taliwang Bali ini adalah resep keluarga, dan kami memang asli Bali. Ini otentik serta original taste Bali. Kita berani bumbu,” ujar pemilik Resto Taliwang Bali, Jessica Deandra saat ditemui Indonesiatripnews.com.

Resto Taliwang Bali Sajikan Menu Khas Bali di Jakarta
Jessica Deandra. (foto. evi/itn)

Selain Ayam Taliwang yang dikenal sebagai makanan khas Lombok, resto yang buka pukul 10.00 hingga 22.00 WIB setiap hari ini juga menyajikan makanan Lombok lainnya yaitu, Ayam Sasak.

Menariknya dalam tiap menu diselipkan nama-nama daerah di Bali sehingga pelanggan bisa memenuhi rasa kangen dengan masakan Bali. Ada khas tersendiri jika dicicipi langsung membayangkan Bali yang indah dan menenangkan, seperti Nasi Bebek Goreng Ubud,  Gurame Seminyak, Ikan Bakar Jimbaran, Nasi Ayam Bakar Bedugul, Sop Ikan Sanur, dan masih banyak lainnya.

Selain itu menu lainnya yang tak kalah nikmat adalah Sate Plecing Ayam, Sate Lilit, Ayam Betutu, Ayam Klungkung, Nasi Bakar Betutu, Sop Iga Garang Asam Bali, Nasi Bali Bli Bagus dan Nasi Bali Mbok Jegeg. Yang terakhir itu adalah Nasi Bali sepasang sesuai dengan namanya Bli Bagus dan Mbok Jegeg.

Buat yang suka menu sayuran, selain Plecing Kangkung menu Sayur Asam, Tipat Cantok, Jukut Urap, Serombotan, dan Beberuk bisa juga menjadi pilihan.

Untuk sambal, Resto Taliwang Bali juga memberikan beragam pilihan sambal. Sambal matah yang menjadi ciri khas makanan Bali itu memang paling favorit, lalu ada sambal taliwang, sambal plecing, dan sambal terasi. “Sambal ini bisa didapat di e-commerce juga, seperti di Tokopedia,” ungkap Jessica.

“Selain menu utama, kami juga menyediakan menu dessert, snack, dan minuman segar khas Bali. Pokoknya orang bisa enjoy di tempat kita karena semua sudah ada,” jelas Jessica yang lulusan Marketing Komunikasi di Canada ini.

Beberapa menu dessert dan snack yang ditawarkan, antara lain Es Ijo-ijo, Pisang Goreng, Jaje Bali, Rujak Gula Bali, Rujak Serut, Es Kacang Merah, Es Teler, dan Es Campur Legian.

Resto Taliwang Bali Sajikan Menu Khas Bali di Jakarta
Es Kuwud Sirsak dan Es Kuwut (Kelapa Muda) jeruk, dua dari varian minuman yang menyegarkan di Resto Taliwang Bali. (foto. evi/itn).

Tak mau ketinggalan, minuman segar mewarnai menu Resto Taliwang Bali, seperti Kuwud (Kelapa Muda) Sirsak, Kuwud Jeruk, Ubud Coconut Series, Kuwud Denpasar, dan Kuta Mojito. Tak hanya itu, Kopi Bali Kintamani juga menjadi pilihan andalan pengunjung.

Resto ini juga menawarkan menu baru yaitu Soto Betawi dan yang ternyata menjadi andalan. “Alasan kita membuat Soto Betawi karena outlet kita di Jakarta, dan ternyata menjadi andalan bagi pelanggan, ini juga salah satu favorit,” kata Jessica.

Untuk masakan menurut Jessica, chef memang sengaja dicari orang Bali sehingga rasanya otentik Bali. Jessica menegaskan jika semua outletnya adalah makanan halal. Selain di Mal Kota Kasablanka, otlet Taliwang Bali juga terdapat di Mall PIM 3, Senayan Park, Grand Indonesia, Emporium Pluit Mal, dan Summarecon Mal Bekasi.

Resto Taliwang Bali Sajikan Menu Khas Bali di Jakarta
Menu andalan, Ayam Bakar Taliwang dengan Plecing Kangkung. (Foto. evi/itn).

Pada kesempatan yang sama, Ellen Hidayat yang menjadi penasehat untuk Jessica dan kakaknya dalam merintis restoran itu menambahkan, “Saat ini generasi Z tidak ingin ribet untuk urusan makanan, kebanyakan maunya yang simple tapi laku. Jajanan ini langsung dimakan atau dikonsumsi tanpa pengolahan atau persiapan lebih lanjut”.

“Berbeda dengan Jessica Deandra yang memilih terjun menekuni bisnis makanan Nusantara khas Bali. Sebagai orang Bali asli, Jessica ingin mengenalkan masakan Bali dikenal oleh masyarakat luas dengan membuka Resto Taliwang Bali,” ungkapnya.

Jessica menjelaskan, “Awalnya kita membuka di foodcourt, tapi kita mencobanya dengan membuka outlet sendiri di mal, ternyata responnya sangat baik. Setiap jam makan, resto selalu penuh terisi”.

Resto Taliwang Bali Sajikan Menu Khas Bali di Jakarta
Tak hanya menu khas Bali, Taliwang Bali juga terus berinovasi dengan menyajikan menu baru, yaitu Soto Betawi dan yang ternyata menjadi favorit para pelanggannya. (foto evi/itn).

Resto Ayam Taliwang ini termasuk berani masuk mal dan bersaing dengan restoran yang menyajikan menu luar seperti Jepang dan Korea. “Tidak banyak anak-anak muda yang mau urus makanan tradisional, paling bisa dihitung dengan jari. Kebanyakan anak muda sekarang maunya menu Japanese Food, Korea Food yang cuma bumbunya pakai kecap, dll. Anak-anak muda ini nekat dan mereka sudah paham bumbu rempah,” uajr Ellen Hidayat lebih lanjut.

“Menyambut HUT RI Ke-78, Resto Taliwang Bali akan memberikan promo menu Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus untuk menu Rujak Gula Bali dari harga Rp35.000 menjadi Rp17.000,” tutup Jessica. (evi)

- iklan -