- iklan -

JAKARTA, ITN – Bango produksi PT Unilever Indonesia, Tbk. resmi menjadi Presenting Partner dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI untuk menghadirkan kekayaan cita rasa kuliner nusantara melalui persembahan Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 Mandalika yang akan digelar 18 – 20 Maret 2022 mendatang.

Berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, puluhan kuliner otentik yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia siap memanjakan selera seluruh pengunjung yang menghadiri acara bergengsi kebanggaan negara, Moto GP Mandalika 2022.

Muhammad Neil El Himam, M.Sc, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menuturkan, “Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa saat ini Indonesia berada dalam fase penting pemulihan ekonomi dan menjadi momentum bagi Indonesia untuk bangkit. Sebagai bentuk upaya pemulihan ekonomi masyarakat tersebut, Kemenparekraf/Baparekraf RI selalu melihat potensi subsektor ekraf yang dapat mendukung hal tersebut. Kuliner Indonesia adalah salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang berperan besar pada kebangkitan perekonomian”

Menurut data Focus Economy Outlook 2020, kuliner Indonesia berkontribusi sebesar 41% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Total produk kuliner Indonesia mencapai USD 27,5 miliar per tahunnya, hal ini memperlihatkan kontribusi kuliner otentik nusantara ini menjadi bukti ragam kekayaan bangsa Indonesia yang patut dibanggakan dan dirayakan bersama warga dunia.

Mengenai kolaborasi Kemenparekraf/Baparekraf RI dan Bango di Festival Jajanan Bango Mandalika 2022, Neil menambahkan komitmennya sebagai pihak Pemerintahan untuk dapat bekerja sama dengan pihak stakeholder seperti Bango memberi semangat yang luar biasa untuk terus berkolaborasi.

“Tujuan yang sama untuk memajukan kuliner Indonesia menjadi landasan awal bagi kolaborasi ini. Harapan kami, ini dapat menjadi langkah untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner Indonesia, tidak hanya di nasional namun dunia”, tambahnya.

Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Angkat Kelezatan Legendaris Nusantara MenduniaKonsisten dalam melestarikan dan memajukan kekayaan kuliner Indonesia, Direktur Foods & Refreshmment PT Unilever Indonesia, Tbk., Hernie Raharja menjelaskan program FJB yang sudah digelar sejak 2005, dipercaya dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia.

“Sejak 2005, melalui festival kuliner yang menghadirkan puluhan penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah nusantara ini, Bango percaya bahwa FJB dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen bersama dalam melestarikan warisan kuliner Indonesia. Kebanggaan terhadap kekayaan ragam cita rasa kuliner nusantara pun begitu terasa dari puluhan ribu pencinta kuliner yang selalu memadati FJB di tahun-tahun sebelumnya”, jelas Hernie Raharja.

Kolaborasi inilah yang melandasi Kemenparekraf RI untuk memberikan kepercayaan pada Bango dan FJB untuk menjadi Presenting Partner pemerintah untuk memperkenalkan kuliner Indonesia di perhelatan akbar Moto GP Mandalika 2022. FJB Mandalika 2022 akan memanjakan para pengunjung, baik lokal maupun mancanegara, dengan menghadirkan 6 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia serta 27 UMKM kuliner lokal khas Nusa Tenggara Barat yang kelezatan hidangannya sudah sangat tersohor.

Antusiasme datang dari salah satu pemilik usaha kuliner, H. Sofian Maulani yang memiliki usaha Rumah Makan Taliwang Irama generasi ketiga dan sudah sangat terkenal di antara para pecinta kuliner lokal maupun wisatawan manca negara.

“Berawal dari kios sederhana, usaha rumah makan ini terus kami kembangkan sejak 1973 hingga menjadi salah satu destinasi wisata kuliner terfavorit di Lombok. Sebagai warga lokal yang menjadi tuan rumah pelaksanaan Moto GP Mandalika 2002, kami sangat senang bisa ikut menjamu para pengunjung dengan keotentikan hidangan kami di FJB Mandalika 2022. Semoga acara ini bisa semakin mengharumkan aneka kuliner kebanggaan khas kota Lombok dan membantu membangkitkan perekonomian lokal Lombok”, ujar H. Sofian.

Festival Jajanan Bango Mandalika 2022 Angkat Kelezatan Legendaris Nusantara MenduniaDemi memastikan keamanan dan kenyamanan acara, FJB Mandalika 2022 akan dilaksanakan dengan mematuhi protokol 5M secara ketat guna melindungi kesehatan dan keselamatan semua pihak, antara lain.

  1. Penggunaan QR code dan sistem cashless untuk registrasi masuk, pemesanan, hingga transaksi makanan guna menghindari antrian
  2. Penerapan sistem kuota pengunjung per jam untuk meminimalisir kerumunan; dan
  3. Penyediaan area makan yang luas dengan jarak yang aman. Selain itu, seluruh pendukung acara juga akan melakukan test antigen secara berkala, dilengkapi tim medis yang akan standby sepanjang acara berlangsung.

Sebagai simbolisasi kerja sama dan peluncuran FJB Mandalika 2022, Kemenparekraf RI dan Bango melakukan prosesi pelepasan motor balap yang akan membawa hidangan dari perwakilan penjaja kuliner legendaris menuju Mandalika. Di kesempatan yang sama, diberangkatkan pula 9 unit food truck yang akan turut memeriahkan gelaran Moto GP Mandalika.

Turut hadir sebagai tamu istimewa pada sesi prosesi, Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Dalam sambutannya, Menparekraf Sandiaga mengatakan rasa terima kasihnya kepada Bango dari Unilever yang telah bekerjasama dan berkolaborasi lestarikan keragaman kuliner Indonesia dan Sukseskan Moto GP Mandalika.

“Kerja sama ini adalah kolaborasi yang keren banget, saya sendiri sangat familiar dengan brand Bango sebagai salah satu brand legendaris Indonesia yang merajai industri kuliner kita. Alhamdulillah, tim motor Festival Jajanan Bango Mandalika telah kita lepas. Kekayaan dan keanekaragaman kuliner kita, terutama yang nanti akan ditampilkan di Festival Jajanan Bango mudah-mudahan akan meningkatkan kepuasan penonton Moto GP Mandalika. Karena kita menjadi pusat perhatian dunia, dimana 400 juta pasang mata akan melihat Moto GP, maka acara ini akan menunjukkan kearifan lokal kita dan juga aneka bumbu yang kita miliki sebagai bagian dari program ‘Spice Up the World’. Saya berterima kasih kepada Bango dari Unilever yang telah bekerjasama dan berkolaborasi, mari kita lestarikan dan rayakan keragaman kuliner Indonesia, dan mari sukseskan Moto GP Mandalika!.” ungkap Menparekraf.

- iklan -