JAKARTA, ITN – Seiring dengan peningkatan perangkat smartphone yang semakin stabil serta daya beli konsumen yang tinggi untuk menyesuaikan kebutuhan gaya hidup, generasi smartphone masa depan mulai fokus pada desain dan fungsionalitas guna memenuhi kebutuhan tersebut. Konsep dan inovasi baru mulai dihadirkan pada setiap kesempatan, yang merevolusi tampilan, rasa, dan fungsi smartphone secara keseluruhan.

Kemajuan produksi smartphone dimulai dengan memperkenalkan kemampuan layar smartphone yang luar biasa, di antaranya layar organic light-emitting diode (OLED) fleksibel yang memungkinkan pengguna untuk memutar, membengkokkan, meremas, dan bahkan melipatnya dengan berbagai cara. Dapat dikatakan saat ini tampilan layar smartphone menjadi hal yang penting, yang mana jika fitur layar menjadi perhatian konsumen setiap harinya.

Seringkali ukuran smartphone dikaitkan dengan tampilan layar, beberapa di antaranya memiliki ukuran layar besar sehingga cukup sulit untuk dapat disimpan di tas atau saku pakaian. Bila sebuah smartphone yang memiliki konsep baru dengan tampilan layar gulung dan desain serta fungsional yang lebih canggih, nantinya akan lebih memudahkan konsumen saat memilih dan menentukan smartphone yang tepat bagi mereka.

Menggabungkan layar OLED fleksibel, OPPO hadirkan konsep baru pada perangkat OPPO X 2021 dengan layar inovatif yang dapat ditarik dan disesuaikan ukurannya dari 6,7 inci hingga 7,4 inci secara diagonal. Dalam melakukan proses ini, OPPO tak luput melakukan optimalisasi pada desain smartphone untuk mendukung layar yang fleksibel sehingga dapat ditarik melalui serangkaian teknologi eksklusif untuk mengatasi masalah potensial yang mungkin timbul karena layar nan tipis tersebut.

Powertrain Roll Motor yang menggunakan teknologi gaya seimbang pada layar OLED fleksibel memastikan bahwa layar tidak melipat tetapi menekuk dan menggulung dengan mulus saat memanjang atau ditarik kembali. Selain itu, Pelat 2-in-1 yang dilengkapi dengan dua substrat pendukung yang saling berdekatan membentuk satu permukaan layar tanpa adanya celah segmen, yang mencegah layar runtuh saat ditarik kembali. Pertimbangan lainnya adalah ketahanan layar fleksibel. OPPO X 2021 menggunakan Warp Track yaitu laminasi layar berkekuatan tinggi yang dibuat untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan layar secara keseluruhan.

Dapat di bayangkan, bila sebuah smartphone memiliki fitur pengenalan lokasi secara otomatis yang dapat menyesuaikan ukuran layarnya untuk memberikan pengaturan tampilan lebih optimal dapat mendukung produktifitas di masa depan. Pada era saat ini dimana suatu smartphone sebagai penunjang roda produktifitas, fitur otomatis bukanlah hal yang tidak mungkin terwujud.

Aplikasi augmented reality CybeReal yang ada pada perangkat OPPO memiliki kecerdasan yang menggunakan kemampuan GPS, Wi-Fi, dan Bluetooth pada perangkatnya yang bisa secara bersamaan dengan ) pemposisian spasial pemetaan dan lokalisasi  simultan (simultaneous localization and mapping /SLAM) dan algoritma identifikasi tampilan kecerdasan buatan untuk lebih memahami lokasi dan lingkungan pengguna. Hal ini memungkinkan lokalisasi presisi tinggi secara real-time hingga sentimeter dan pengenalan skenario yang akurat. Teknologi ini bisa didapatkan dalam konsep smartphone layar gulung sehingga konsumen memiliki perangkat cerdas yang bisa menyesuaikan dengan gaya hidup mereka, bukan sebaliknya.

Kini konsumen akan mulai meliht inovasi serta fitur yang diperkenalkan pada tahun berikutnya yang mana nantinya akan mengubah terus menerus smartphone lebih dari sekadar perangkat pintar, melainkan sebuah smartphone nantinya dapat menjadi hal utama penunjang hidup. Hal ini membuat sejumlah perusahaan teknologi mulai mengembangkan produk dan layanan dengan satu pemikiran yang sama – yaitu membuat mereka bekerja lebih baik dengan manusia, memprioritaskan pada intuisi dan memenuhi gaya hidup dan kebutuhan pengguna yang berbeda.

OPPO percaya bahwa produk harus memberdayakan manusia, membawa manfaat bagi pengguna, dan membantu semua orang mendapatkan yang terbaik dalam hidup mereka. Penting untuk membangun kemampuan teknis, akan tetapi lebih penting lagi untuk mengintegrasikannya secara inovatif. Pembaharuan pada Layar yang dapat digulung dan teknologi pemosisian presisi tinggi secara real-time yang OPPO perkenalkan hanyalah batu loncatan dalam memperkenalkan serangkaian smartphone generasi baru.