JAKARTA, ITN Pigmentasi kulit merupakan salah satu masalah kulit yang terlihat dari munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit menjadi tidak merata.

Biasanya tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya bercak pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Masalah pigmentasi sangat berkaitan erat dengan produksi melanin dalam tubuh. Apabila produksinya berlebih, dapat menyebabkan hiperpigmentasi (bintik hitam), sedangkan kekurangan akan menyebabkan hipopigmentasi (bintik putih).

Oleh karena itu, pigmentasi menjadi salah satu permasalahan kulit yang cukup sulit diatasi. Masalah pigmentasi akan menyebabkan kulit terlihat kusam, tidak cerah dan tampak lebih tua.

Beberapa modalitas perawatan bahkan tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan harus dengan kombinasi atau menggabungkan satu perawatan dengan perawatan lainnya.

Perawatan dengan laser dapat menjadi alternatif mengatasi masalah pigmentasi kulit seperti melasma dan bintik hitam.

 

PT Sometech Indonesia Luncurkan Pastelle, Solusi Hilangkan Tato dan Masalah Pigmentasi Kulit
Direktur ST Indonesia, Mr Moses Yang saat menjelaskan Pastelle pada acara Launching Ceremony yang berlangsung di Klinik Kartika Estetika RSPAD, Jakarta, Minggu (25/9/22).

PT Sometech Indonesia (ST Indonesia), perusahaan penyedia produk-produk Kecantikan dan Medis terkemuka dan terpercaya di Indonesia, meluncurkan Pastelle, Premium Q-Switched ND:Yag Laser 1064nm & 532nm.

Acara Launching Ceremony yang berlangsung di Klinik Kartika Estetika RSPAD, Jakarta, Minggu (25/9/22) ini ditandai dengan pemencetan tombol oleh Direktur ST Indonesia, Mr Moses Yang dan dilanjutkan dengan pemutaran video Pastelle.

Pastelle Premium Q-Switched Nd:YAG Laser 1064nm & 532nm, yang menjadi Nd:YAG Laser System pertama dengan mode PTP (Photoacoustic Twin Pulse) yang telah tersertifikasi di Korea.

Pastelle diproduksi oleh Wontech, perusahaan medical laser terbesar di Korea Selatan yang berdiri sejak 1999. Di Indonesia, Pastelle didistribusikan secara resmi oleh ST Indonesia.

Mr Moses Yang mengatakan,“Teknologi terkini di bidang kedokteran estetika dan anti-aging telah menghadirkan berbagai alat canggih untuk mengatasi masalah pigmentasi kulit. Salah satunya adalah Pastelle”.

Hingga saat ini menurutnya, Pastelle telah digunakan oleh lebih dari 1.000 orang Dokter di Korea dan telah dicintai selama bertahun-tahun oleh banyak pasien, termasuk selebriti di Korea yang sangat peduli dan sensitif terhadap kecantikan.

“Pastelle telah mengantongi sertifikat FDA, CFDA, Medical CE, KGMP Certificate dan telah terdaftar di Kemenkes RI sehingga dipastikan telah diterima dan aman untuk digunakan di Amerika Serikat, Eropa, China, dan Indonesia,” ungkapnya.

Mode PTP ini akan secara konstan mengirimkan twin-pulse berupa output dengan daya tinggi dalam interval yang sangat pendek. Karena pulse (dorongan) yang dihasilkan terbagi menjadi dua kali, maka resiko terjadinya kerusakan pada jaringan sekitar dan nyeri ketika perawatan menjadi minim dengan waktu penyembuhan yang lebih cepat.

Perawatan dengan mode PTP dapat mengurangi resiko terjadinya hipopigmentasi atau hiperpigmentasi setelah inflamasi serta efek samping lainnya. Oleh karena itu, mode PTP memberikan pengalaman lebih nyaman bagi pasien apabila dibandingkan dengan single pulse.

PT Sometech Indonesia Luncurkan Pastelle, Solusi Hilangkan Tato dan Masalah Pigmentasi Kulit
dr Abraham Arimuko, SpKK, FINS.DV, FAADV, MARS, MH dari Ikatan Kedokteran Laser di Indonesia mengatakan, laser ini sangat populer di kalangan dokter estetika.

Panjang gelombang 532nm dari laser ini efektif untuk mengatasi lesi pigmen pada lapisan epidermis seperti lentigo, age spot, tanda lahir, bintik-bintik cokelat, keratosis dan epidermal spot.

Sedangkan Panjang gelombang 1064nm dapat digunakan untuk menghilangkan tato berwarna ataupun gelap, ABNOM (Acquired Bilateral Nevus of Ota-like Macules), Nevus Ota, Nevus Ito, melasma.

Fitur menarik lain yang dimiliki Pastelle, yakni Auto Calibration atau Kalibrasi Otomatis. Proses yang cepat dan mudah ini mampu memberikan energi yang tepat dan stabil setiap kali Dokter memulai perawatan sehingga dapat fokus memberikan hasil yang optimal kepada pasien.

Selain itu, Pastelle juga memiliki mode Genesis & Soft Peeling, untuk mengecilkan pori-pori, perbaikan kerutan halus dan peremajaan kulit dari regenerasi kolagen dengan cara menstimulasi lapisan dermis menggunakan energi panas yang berurutan.

Perawatan soft peel dengan menggunakan carbon cream dari Pastelle dapat mengangkat sel-sel kulit mati, jerawat aktif, mencerahkan kulit wajah serta mengecilkan pori.

Empat kata yang menggambarkan produk Pastelle yaitu: Serbaguna, Kuat, Stabil, Handal. Laser Pastelle Premium Q-Switched Nd:YAG Laser 1064nm & 532nm menjadi solusi tepat bagi beragam permasalahan pigmen kulit.

Sementara pada kesempatan yang sama, dr Abraham Arimuko, SpKK, FINS.DV, FAADV, MARS, MH dari Ikatan Kedokteran Laser di Indonesia mengatakan, “Laser ini sangat populer di kalangan dokter estetika karena mampu mengatasi derma dan epiderma, tidak hanya untuk pigmentasi saja, tetapi untuk kesehatan kulit”.

Menurutnya indikasi pigmen, tanda lahir, tato, melasma dan sebagainya merupakan problem estetik. “Sebelum melakukan treatment laser, dokter hendaknya melakukan edukasi kepada pasien,” ujarnya.

Misalnya, untuk pasien melasma, dokter tidak langsung melakukan tindakan laser, tetapi melakukan pengobatan pertama dengan krim guna menahan pigmennya selama beberapa bulan. (evi)