- iklan -

BALI, ITNKementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI melangsungkan Pertemuan Sherpa G20 keempat di Bali pada tanggal 11-13 November 2022.

Pertemuan ini merupakan pertemuan terakhir dari rangkaian pertemuan sherpa dalam pada Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 untuk membahas rancangan Deklarasi Pemimpin G20 (Leaders’ Declaration). Pertemuan ini dipimpin bersama oleh Co-Sherpas G20 Indonesia, Edi Prio Pambudi dan Dian Triansyah Djani.

Leaders’ Declaration merupakan komitmen dari para Pemimpin G20 terhadap upaya bersama dalam pemulihan ekonomi dan kesehatan pasca pandemi Covid-19.

Rancangan Deklarasi berisikan substansi pembahasan prioritas Presidensi G20 Indonesia yakni Arsitektur Kesehatan Global, Transformasi Digital, dan Transisi Energi. Deklarasi juga membahas mengenai isu ketahanan pangan yang menjadi isu global saat ini.

Pertemuan Sherpa yang dihadiri 39 Negara/Organisasi Internasional ini selain diisi  kegiatan rapat juga diselingi oleh berbagai kegiatan side event seperti Welcoming Reception, Exhibition, dan Fun Activity.

Sunset Welcoming Reception digelar pada tanggal 10 November 2022 di Alun-alun Intercontinental Bali Resort untuk menyambut kedatangan para delegasi Sherpa dan tamu undangan.

Dengan dipandu oleh MC Sophie Navita, acara ini menghadirkan Angel Pieters, Eki Cahyadi, dan Naluri Manca untuk menghibur para Delegasi dan tamu undangan.

Side Event 4th Sherpa Meeting Presidensi G20 Indonesia Hadirkan Nusantara Culinary Journey dalam Sunset Welcoming ReceptionHal yang mendapat perhatian dari para delegasi adalah Nusantara Culinary Journey. Melalui kegiatan tersebut, Indonesia sebagai tuan rumah mengajak para Delegasi Sherpa G20 untuk berkeliling nusantara melalui berbagai hidangan yang disajikan sejak Pertemuan Sherpa Pertama di Jakarta pada Desember 2021 lalu dilanjutkan Pertemuan Sherpa G20 kedua di Labuan Bajo, Pertemuan Sherpa G20 ketiga di Yogyakarta dan Pertemuan Sherpa G20 keempat di Bali.

Pada akhir pertemuan, Delegasi Sherpa G20 mendapatkan “passport” sebagai bukti telah menjelajahi kuliner nusantara selama mengikuti pertemuan sherpa G20 di Indonesia.

Pertemuan Sherpa keempat ini juga turut menghadirkan pameran yang bertempat di Ballroom Intercontinental Bali Resort, pameran ini bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal Indonesia digelar.

Pameran tersebut diselenggarakan pada tanggal 11-14 November 2022 yang didukung oleh PT Kapal Api Global, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

PT Kapal Api Global sebagai G20 Indonesia Coffee Partner menyuguhkan berbagai seduhan kopi khas Indonesia bagi para Delegasi.

Pada kesempatan yang sama, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam gelaran ini memboyong emam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada dibawah naungannya untuk memperkenalkan produk lokal sehingga dapat dikenal lebih luas.

Selain itu, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) juga turut berpartisipasi dalam pameran ini dan memiliki tujuan untuk terus mengampanyekan persepsi positif terhadap sawit melalui berbagai produk olahan sawit yang ditampilkan seperti minyak sawit merah, helm, handsanitizer, dan berbagai produk lainnya.

Kegiatan side event diakhiri dengan acara Fun Activity pada tanggal 14 November 2022, dengan menghadirkan Denada sebagai instruktur zumba yang dilanjutkan dengan berbagai permainan tradisional Indonesia seperti lomba makan kerupuk, balap bakiak, dan berbagai permainan tradisional lainnya.

Rangkaian acara ini didukung oleh PT Kapal Api Global, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

“Selama perhelatan Sherpa ke-4 di Bali telah dilakukan berbagai aktivitas untuk mengenalkan budaya Indonesia yang beragam. Kita mengemas acara welcoming reception, exhibition dan fun activity,” ujar Co-Sherpa, Edi Pambudi.

Hal ini menurutnya menjadi bagian dari strategi agar pertemuan ini dapat membangun suasana yang kondusif sehingga Presidensi G20 Indonesia 2022 ini dapat mencapai kesepakatan bersama. (*/evi)

- iklan -