JAKARTA,  Japan National Tourism Organization (JNTO) dan All Nippon Airways (ANA), maskapai penerbangan bintang lima dan terbesar di Jepang selama 10 tahun berturut-turut, meluncurkan kampanye baru bertajuk “Beyond #MissingJapan” bagi para wisatawan yang #MissingJapan.

Kampanye ini diluncurkan tidak lama setelah munculnya berita bahwa Jepang berencana membuka kembali negeri itu untuk para wisatawan mancanegara.

Program “Beyond #MissingJapan” terinspirasi dari banyaknya postingan di media sosial dari mereka yang rindu untuk mengunjungi Jepang serta semangat ANA untuk menyambut kembali para pengunjung ke Jepang.

Tujuan akhir dari program ini adalah untuk meningkatkan keinginan para wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Jepang dan memberi informasi lebih awal untuk merencanakan perjalanan mereka.

ANA Luncurkan Kampanye ‘BEYOND #MISSINGJAPAN’ Saat Perbatasan Jepang Kembali DibukaANA memperkenalkan sisi terbaik Jepang melalui lensa Shirley Sham, pemenang Miss Earth China yang juga dikenal sebagai salah satu pecinta kuliner Jepang. Dalam video komersial program“Beyond #MissingJapan”, Shirley memperlihatkan suasana di resor glamping, akomodasi yang menggabungkan pengalaman hotel mewah dengan camping.

Shirley juga menikmati kegiatan seperti bermain kano dan mengunjungi taman hiburan dengan pemandangan Gunung Fuji yang indah. Menyaksikan pengalaman itu melalui video 360akan membantu Anda membayangkan bagaimana serunya “Beyond #Missing Japan” seperti yang dialami Shirley. Rasanya seperti benar-benar berada di Jepang!

Latar Belakang

DBJ melaporkan dalam surveinya terhadap orang-orang yang tinggal di Asia bahwa Jepang terpilih sebagai negara nomor satu yang ingin mereka kunjungi pertama kalinya setelah pandemi berakhir. Untuk mengkonfirmasi hasil studi ini, para wisatawan telah menyuarakan “#MissingJapan” di berbagai media sosial selama dua tahun terakhir.

Vice President of Marketing & Sales, Asia & Oceania dari ANA, Isao Ono mengatakan, “Saya percaya program ‘Beyond #MissingJapan’ ini akan memberi kesempatan bagi mereka yang telah merindukan Jepang karena pandemi untuk menemukan kembali Jepang melalui video yang diperkenalkan para influencer di Asia serta video 360°”.

“ANA terus menyediakan lingkungan yang aman dan bersih dengan layanan yang nyaman. Kami berharap dapat segera menyambut lebih banyak wisatawan ke Jepang,” ungkapnya.

Program ini memiliki dampak yang besar juga terhadap perekonomian. Sebelum pandemi, Jepang meraih pemasukan sebesar US$46,1 miliar dari rekor 31,9 juta pengunjung ke negeri itu. Sektor travel dan pariwisata menyumbang sebesar US$359 miliar kepada PDB Jepang, sehingga negeri ini termasuk ke dalam tiga besar pasar pariwisata terbesar di dunia, setelah Amerika Serikat dan China.

Pembukaan kembali Jepang untuk kunjungan wisatawan mancanegara disambut antusias wisatawan Indonesia. Menurut Travel & Tourism Rankings 2022 dari YouGov, Jepang berada di tempat kedua destinasi terpopuler yang akan dikunjungi traveler Indonesia setelah Bali.

“Beyond #MissingJapan”

Selain video utama bersama Shirley Sham, ANA juga membuat enam video untuk memperkenalkan pesona Jepang, dengan enam influencer dari negara yang berbeda. Setiap video akan memberi inspirasi baru tentang Jepang meskipun sudah sangat familiar dengan Jepang.

Selain video, ANA memiliki video 3600 dengan sudut pandang orang pertama, menonton video 3600 ini pasti membuat Anda merasa seperti berada di Jepang.

ANA Luncurkan Kampanye ‘BEYOND #MISSINGJAPAN’ Saat Perbatasan Jepang Kembali DibukaSalah satu influencer itu, Erika Ebisawa Kuswan yang pernah menjadi anggota grup idola Indonesia JKT48. Erika sekarang kuliah di Jepang dan ia akan memperkenalkan Jepang kepada orang-orang di Indonesia melalui media sosialnya.

Dalam video promosi, saat Erika sedang berbicara dengan teman-temannya yang mengungkapkan betapa mereka sangat menyukai Jepang dan rindu kembali ke sana, salah satu temannya tiba-tiba keluar dari desktopnya dan berkata “Beyond Missing Japan!” dan kemudian Erika ‘berada’ di Jepang.

Setelah mendarat di Jepang, Erika akan mengunjungi tidak hanya landmark yang wajib ada dalam itinerary perjalanan ke Jepang seperti Asakusa dan Don Quijote, tetapi juga mengunjungi atraksi dan kota yang sebelumnya kurang dikenal, seperti Kota Tokorozawa Sakura, Sanagi Shinjuku, dan GOTEMBA PREMIUM OUTLETS® yang semuanya dibuka kembali setelah 2020 dan berjarak hanya beberapa jam dari Tokyo.

Erika juga akan menikmati toko ramen bersertifikat Halal 100%, dan mendapati betapa Tokyo dan daerah sekitarnya telah menghadirkan hiburan yang jauh lebih menarik daripada yang dia tahu sebelumnya.

ANA Luncurkan Kampanye ‘BEYOND #MISSINGJAPAN’ Saat Perbatasan Jepang Kembali Dibuka

Program “Beyond #MissingJapan” akan berbagi sejumlah ‘permata’ tersembunyi yang wajib dikunjungi baik oleh pengunjung pertama kali atau pengunjung yang sudah sering ke Jepang, melalui kacamata tujuh selebritas media sosial dari berbagai negara. Salah satu destinasi itu adalah Greater Tokyo. Tapi dari mana memulainya? Jangan khawatir, ini rekomendasi kami.

Bila Anda menyukai segala yang bernuansa budaya, kunjungilah Museum Budaya Kadokawa, kompleks seni budaya dengan galeri seni, museum, dan perpustakaan. Museum ini mengadakan banyak pameran yang menampilkan budaya pop Jepang.

Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Jepang seperti sushi, yakiniku, dan tentu saja ramen! Naritaya adalah restoran ramen bersertifikat Halal yang dapat dinikmati pelanggan Muslim.

ANA Luncurkan Kampanye ‘BEYOND #MISSINGJAPAN’ Saat Perbatasan Jepang Kembali DibukaAnda mungkin sudah tahu Asakusa, salah satu tempat wisata terbaik di Tokyo. Dari kuil yang legendaris ini, sempatkan waktu untuk berbelanja souvenir. Dari Gerbang Kaminarimon Anda akan menyusuri Nakamise-dori Street yang ramai dengan toko souvenir bak labirin.

Tokyo juga punya banyak hal yang ditawarkan di “New Tokyo”. Anda bisa ke Taman Miyashita, taman atap di jantung Shibuya yang ramai, dan Coredo Muromachi, di mana Anda dapat menikmati pengalaman berbelanja dengan suasana tradisional Jepang.

Jangan lupakan juga Stasiun Tokyo yang ikonik dengan eksterior yang indah, salah satu tempat fotogenik paling populer di Jepang.