- iklan -

JAKARTA, ITN – Kekayaan alam Provinsi Bangka Belitung (Babel) menjadi magnet yang potensial untuk menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Data dari Dinas Pariwisata Babel menyebutkan selama ena tahun terakhir jumlah kunjungan wisata terus meningkat sekitar 9%. Terlebih sejak Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus oleh Presiden Joko Widodo pada Maret 2019 lalu.

Pada 2014, jumlah wisatawan domestik dan mancanegara tercatat 258.999 dan meningkat menjadi 260.930 pada 2015. Di 2016 naik lagi hingga 367.316, 2017 sebanyak 369.422. Pada 2018 mencapai 425.942 dan pada 2019 mecapai 438.373 wisatawan.

Potensi pariwisata tersebut terus digaungkan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Babel untuk mengkatkan perekonomian daerah. Tercatat beberapa event pariwisata Babel yakni Toboali City on Fire Season, Festival Tanjung Kelayang, Sungailiat Triathlon dan Jelajah Pesona Jalur Rempah. Ke-empat event tersebut merupakan bagian dari 100 atraksi yang lolos masuk Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia 2020.

Sungailiat Triathlon 2020 Akan Digelar di Tanjung Pesona“Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 tentunya akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pesertanya jelas lebih banyak dari 2019. Untuk memerintahkan kompetisi, akan ada pawai budaya dan pemeran UMKM Bangka untuk menghibur para peserta”. ungkap Thomas Jusman, Inisiator Sungailiat Triathlon saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (6/3/2020)

Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 diantaranya merupakan kategori event sport tourism. Untuk kedelapan kalinya, Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan kembali digelar pada Sabtu, 11 April 2020 di Tanjung Pesona, Kabupaten Bangka.

“Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 merupakan event tourism terbesar di Provinsi Babel. Memiliki keunikan sendiri yang diharap dapat mengangkat dan mempromosikan pariwisata dan perekonomian Provinsi Babel dan sekitarnya. Saya berharap akan ada banyak event-event pada kepariwisataan serupa,” ujar Bupati Kabupaten Bangka, Mulkam.

“Kami dari Pembkab Bangka sangat berterima kasih kepada Sungailiat Triathlon karena dapat membuat daerah kita menjadi dikenal. Kami sangat mendukung acara ini dan memberikan bonus kepada peserta sebesar 200jt. Tidak hanya itu kami juga membantu dalam kepanitiaan,” tambah Mulkam.

Sesuai dengan objektifnya mempromosikan pariwisata Bangka, kegiatan ini akan dipusatkan di Tanjung Pesona. Sepanjang area para peserta pun akan dimanjakan dengan keindahan pantai dan objek wisata lainnya. Seperti Kuil Puri Tri Agung, Pantai Rambak, Pantai Teluk Uber, dan Pantai Tanjung Pesona.

Pada sesi tanya jawab Budi Pamungkas selaku Panitia Penyelenggara Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 memaparkan.
“Dari 7 perhelatan seblumnya, Annual Sungailiat Triathlon telah membuktikan menjadi sebuah sport tourism yang memiliki daya tarik tinggi. Minat terhadap olahraga atletik terutama lari memang sedang tinggi. Peserta yang ambil bagian pun bukan hanya dari kalangan atlet, tetapi pecinta olahraga dari berbagai latar belakang profesi. Hal ini tengah menjadi trend di masyarakat yaitu gaya hidup sehat”.

“Mandiri 8th Sungailiat Triathlon juga melakukan community enggangement dengan beberapa komunitas lari seperti Triathlon Buddies Indonesia, BGR Triathlon Club dan Ui Triathlon 2020. Dan panitia menargetkan 500 peserta dari 18 negara”, tambah Budi.

Perhelatan Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 akan mempertandingkan dua cabang olahraga yakni triathlon dan duathlon. Para peserta nantinya akan Start di Tanjung Pesona yang melintasi jalan Pantai Rebo-Jl.Puri Triagung-Jl. ST. 12 – Jl.Jendral Sudirman, kembali lagi ke jalan Pantai Rebo dan finish di Tanjung Pesona.

Ada tiga kategori dalam triathlon tahun ini, yaitu Standart distance untuk renang 1,5km, sepeda 40km dan lari 10km. Standart distance relay untuk renang 1,5km, sepeda 40km dan lari 10km. Sprint distance untuk renang 0,75km, sepeda 20km dan lari 5km.
Adapun untuk duathlon dengan kategori Sprint distance dengan jarak 20km dan lari 5km.

Pada sesi kali ini turut hadir Jauhari Johan atlet Nasional yang telah meraih medali emas pada Sea Games 2019 dinomor duathlon dan juga sebagai juara 5 kali pada kategori standart distance di Sungailiat Triathlon.

“Tahun lalu telah berhasil finish diposisi pertama untuk kategori standart distance dan tahun ini saya sangat bersemangat untuk bisa kembali meraih podium, apalagi eventnya sudah kelas dunia,” ujar Jauhari.

“Kami mendukung kesadaran masyarakat terhadap gaya hidup sehat.Selain itu kontribusi terhadap event sport tourism juga akan membawa dampak positif pada pengembangan pariwisata dan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat”. tutup Rohan Hafas, Senior Executive Vice President, Corporate Relation PT.Bank Mandiri pada sesi tanya jawab.

Registrasi Mandiri 8th Sungailiat Triathlon 2020 telah dibuka sejak 24 Februari sampai 11 April 2020 di https://sungailiat-triathlon.com. (aldi)

- iklan -