LOMBOK, ITN- SEBAGAIi wujud kepedulian terhadap isu kemanusiaan serta komitmen perusahaan untuk berkontribusi bagi Indonesia, PT Ichi Tan Indonesia, sebagai produsen teh kemasan ICHITAN dari Thailand yang sudah hadir di tengah-tengah masyarakat Indonesia sejak tiga tahun lalu, belum lama ini turun mengunjungi para korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk mendistribusikan bantuan.

Penyerahan bantuan berupa pasokan produk ini secara resmi diserahkan langsung oleh Assistant CEO/Director PT Ichi Tan Indonesia, Sintorn Santitorn atau yang akrab di sapa Joh. “Bantuan yang kami berikan berjumlah sepuluh ribu karton dalam kurun waktu satu minggu dan setelahnya akan di tambah berdasakan permintaan dari Pihak PMI. Di samping itu, kami juga memberikan bantuan berupa uang tunai yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan para korban dan operasional para relawan. Untuk peristiwa gempa Lombok ini, ICHITAN bekerja sama langsung dengan PMI,” ujar Joh belum lama ini.

Sementara Kepala Logistik PMI Nusa Tenggara Barat, Abdul Hafiz mengakui jika saat ini tim nya mengalami kesulitan dalam menyediakan air bersih kepada para pengungsi dan pasokan air minum karena air bersih yang tersedia sangat cepat habis hanya dalam kurun waktu dua sampai tiga hari.

Menurut Hafiz pembagian bantuan dari ICHITAN kepada para korban, akan disebar 50% ke wilayah utara, 25% ke wilayah timur, 15% ke wilayah tengah, 10% ke wilayah barat dan termasuk didalamnya 5 kotamadya.

Tim ICHITAN juga secara langsung mengunjungi dan memberikan bantuan ke salah satu tempat pengungungsian di Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara. Di salah satu daerah tersebut, tepatnya di Dusun Subagan terdapat 1.600 kepala keluarga dengan total pengungsi saat ini mencapai 5.000 orang.

”Saat ini anak-anak sudah mulai menderita diare, demam, sakit mata serta mengalami trauma psikologis. Disamping minuman, kami sangat membutuhkan bantuan seperti selimut untuk anak-anak beserta matras, tenda, air bersih dan tentunya uang tunai untuk membeli kebutuhan-kebutuhan harian yang sifatnya mendesak. Saya sangat berterima kasih kepada ICHITAN, karena bantuan ini sangat berguna bagi kami saat ini,” ujar Ketua Koordinator Bantuan Pengungsi di belakang Polsek daerah Pemenang, Saprudin menambahkan. (*/evi)