- iklan -

JAKARTA, ITN- Desa Wisata diyakini sebagai salah satu solusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Bahkan, Desa Wisata juga diyakini akan membangkitkan perkenomian bangsa secara keseluruhan. Berawal dari kabangkitan perekonomian di desa wisata untuk kemudian menopang kebangkitan perekonomian bangsa.

Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan komitmen untuk terus mengembangkan Desa Wisata. “Kita akan terus kembangkan Desa Wisata, karena ada peningkatan ekonomi sebanyak 20-30% dari Desa Wisata saja,” tegas Menparekraf.

Menparekraf menegaskan, penyelenggaraan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bisa membantu Desa Wisata di tanah air untuk berjuang bangkit di tengah pandemi Covid-19. “Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk Desa Wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi,” terangnya.

Menurut Menparekraf dalam ADWI ini adalah memang diarahkan untuk membangkitkan ekonomi Bangsa di era pandemi ini.

Menparekraf Sandiaga: Indonesia Bangkit Berawal dari Kebangkitan Peran Desa WisatanyaTujuan diselenggarakannya program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program ADWI 2021. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui Desa Wisata.

Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini. Berikutnya diharapkan target tahun 2021 dengan adanya ADWI 2021, Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 1.831 desa wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Program ini diharapkan bisa mewujudkan visi Indonesia menjadi negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. Pengembangan Desa Wisata di Indonesia dilakukan untuk menciptakan destinasi yang berkualitas, ‘resilient‘ dan berkelanjutan. Desa Wisata dinilai sebagai kawasan dengan potensi dan keunikan daya tarik wisata khas, yakni merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

Sementara Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam sambutannya mengatakan Desa Wisata ini akan berperan penting ke depannya, pembangunan secara terpadu mendorong ekonomi desa dan produktifitas yang tinggi. Dirinya mengapresiasi apa yang telah dilakukan Kemenparekraf karena dengan ini mendorong geliat pengembangan Desa Wisata untuk mendorong ekonomi nasional.

Acara ADWI 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mengangkat tema ‘Indonesia Bangkit’ dan dilaksanakan di Ciputra Artpreneur Theater Kuningan, Jakarta Selatan pada hari Selasa (7/12). Acara yang dibawakan oleh Raffi Ahmad dan Ayu Dewi tersebut juga menghadirkan artis papan atas, seperti Krisdayanti, Nassar, Aurel Hermansyah, Atta Halilintar, Beauz, Alffy Rev dan Novia Bachmid.

Daftar Pemenang ADWI 2021 https://indonesiatripnews.com/berita/ini-daftar-pemenang-anugrah-desa-wisata-2021/

 

- iklan -