JAKARTA, ITN- Marriott International (NASDAQ: MAR) untuk keempat kalinya kembali mengadakan Ayo Makan by Marriott Bonvoy, program kuliner yang menyatukan hotel, chef, dan tamu dalam pengalaman bersantap yang luar biasa yang berfokus pada hidangan lokal yang otentik.

Tahun ini, untuk mendukung inisiatif pemerintah tentang “10 Bali Baru”, Ayo Makan membawa kembali konsep yang selaras dengan inisiatif yang inovatif ini, dengan berfokus pada hidangan dari lima destinasi wisata super prioritas termasuk Mandalika, Borobudur, Danau Toba, Labuan Bajo, dan Likupang.

Dengan diumumkannya inisiatif “10 Bali Baru” pada 2016 dan dalam upaya untuk berfokus pada destinasi wisata indah lainnya selain Bali, Marriott International mendukung upaya pemerintah melalui kampanye Ayo Makan. Kampanye ini  mempromosikan destinasi baru kepada wisatawan internasional dan meningkatkan pengetahuan mereka tentang destinasi baru ini melalui sajian hidangan lezat yang dimasak oleh chef profesional.

“Indonesia memiliki kekayaan warisan kuliner yang tersebar di seluruh nusantara. Dengan kekayaan kuliner dan bahwa pariwisata sebagai salah satu sektor paling penting bagi pemerintah Indonesia, kami sangat senang dapat mendukung inisiatif pemerintah dengan menghadirkan beragam jenis hidangan lokal Indonesia untuk Ayo Makan edisi keempat,” ujar Market Vice President Marriott International untuk Indonesia, Ramesh Jackson kepada Indonesiatripnews.com dalam keterangan persnya, di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, inisiatif “10 Bali Baru” ini sangat menarik, melalui Ayo Makan ia berharap dapat mendukung wisata kuliner dengan menyajikan hidangan lokal di hotel kepada tamu dan wisatawan internasional.

Tahun ini, Ayo Makan terdiri dari serangkaian kegiatan, dimulai dengan “Cook Off” Ayo Makan by Marriott Bonvoy, merupakan kompetisi memasak antar chef hotel Marriott International di seluruh Indonesia. Kompetisi ini dimulai pada Februari dengan menantang chef dari lebih dari 50 hotel untuk menyiapkan dua hidangan yang terinspirasi dari lima destinasi wisata super prioritas.

10 chefs Marriott International terbaik yang sudah berkompetisi dan para juri dalam acara Ayo Makan by Marriott Bonvoy Cookoff 2020.

Sepuluh chef terbaik kemudian bertanding dalam kompetisi memasak yang berlangsung di The Westin Jakarta. Kriteria penilaian didasarkan pada presentasi visual, cita rasa, teknik, kreativitas, dan nilai keseluruhan.

Para juri yang terdiri dari perwakilan Marriott International dan Chef Marinka akan memilih tiga pemenang yang hidangannya akan ditampilkan di semua hotel yang berpartisipasi di Indonesia bersama dengan masing-masing signature menu hotel selama bulan Ramadan dari April hingga Mei 2020.

Para juri telah melihat berbagai sajian mengesankan yang terdiri dari masakan khas Indonesia, termasuk Ayam Napinadar yang berasal dari Sumatra Utara, dibuat dengan andaliman, lada hijau segar yang hanya tumbuh di pulau Sumatra. Selain itu ada hidangan ikan asap yang selalu menjadi favorit di Indonesia, yaitu Mangut Tongkol Asap yang mudah ditemukan di daerah Magelang atau Borobudur.

“Saya merasa terhormat diundang sebagai salah satu juri Ayo Makan dan berkesempatan untuk melihat semua bakat luar biasa dari Marriott International yang mampu memasak berbagai macam hidangan lokal. Sangat menyenangkan untuk menyaksikan semangat, rasa bangga, dan dedikasi para chef, bahkan beberapa dari mereka harus melakukan perjalanan ke Jakarta untuk berkompetisi dan menciptakan hidangan lokal khas mereka dari lima destinasi wisata super prioritas. Saya berharap untuk dapat segera mengumumkan pemenang dan membuat para wisatawan dapat segera menikmati hidangan pemenang di hotel,” kata Chef Rinrin Marinka selama sesi presentasi dan penilaian.

Daftar top 10 hotel yang menyajikan hidangan tahun ini: Four Points by Sheraton Bali, Kuta dengan hidangan (Manuk Napinadar dan Cakalang Tuturuga), Four Points by Sheraton Balikpapan (Mangut Tongkol Asap dan Dekke Na Tinombur), Four Points by Sheraton Makassar (Sup Ikan Kuah Asam Tumis Bunga Pepaya dan Ikan Bakar Nasi Jagung Pisang Goroho Goreng), Four Points by Sheraton Pakuwon Indah (Bebek Taliwang Gudeg), JW Marriott Hotel Jakarta (Mandalika Rijstaffel dan Arsik Ikan Mas), Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa (Bebalung dan Ikan Woku Daun), Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel (Ikan Woku Balanga dan Kupat Tahu Tauco),  The Stones Hotel – Legian Bali Autogaph Collection (Kue Lampet Ombus dan Ikan Woku), The Westin Jakarta (Lombok Sarimuka dan Ayam Napinadar), serta The Westin Resort Nusa Dua Bali (Ayam Rarang dan Beef Karmanac). (evi)