- iklan -

SOLO,ITN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi Rumah Budaya Kratonan di Solo yang menyajikan destinasi sejarah dan budaya yang dikemas dengan kekinian.

Rumah Budaya Kratonan berlokasi di Jalan Manduro nomor 6, Gang Kartotiyasan, Kecamatan Serengan, Kota Solo, Jawa Tengah. Ruang-ruang pamer di dalamnya menyajikan beragam informasi sejarah politik di Indonesia, termasuk Kota Solo, mulai dari zaman awal mula kedatangan serikat dagang VOC hingga revolusi.

Menparekraf Apresiasi Rumah Budaya Kratonan Solo Sajikan Destinasi Sejarah yang Dikemas Kekinian
Menparekraf Sandiaga Uno berpose di salah satu spot foto favorit yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu instalasi Presiden Joko Widodo saat kunjungannya ke Rumah Budaya Kratonan Solo, Sabtu (5/11/2022).

“Tadi masuk nggak kebayang apa yang mau saya lihat, tapi ternyata ada perpaduan antara sejarah yang sangat kental dan budayanya, tapi juga ada kekiniannya. Ada tempat selfie, dan ada spot foto yang menjadi daya tarik wisatawan,” kata Menparekraf Sandiaga, saat mengunjungi Rumah Budaya dan Kratonan di Solo, Sabtu (5/11/2022).

Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan di Rumah Budaya Kratonan, seperti latihan menari, latihan gamelan, latihan bahasa Jawa, latihan bahasa Inggris, dan diskusi-diskusi budaya melalui buku maupun film.

Lebih lanjut, Menparekraf mendorong agar Solo menyiapkan event dan paket destinasi wisata dalam upaya membantu pemerintah mencapai target perjalanan wisatawan nusantara pada tahun 2023 mencapai 1,4 miliar kunjungan.

“Tentunya kita harus bersiap-siap banyak event yang masuk ke Solo untuk peningkatan jumlah wisatawan agar mencapai pergerakan wisatawan sebesar 1,4 miliar pada tahun depan,” kata Menparekraf.

Menparekraf juga menyampaikan akan mengupayakan tambahan jumlah penerbangan ke Bandara Adi Soemarmo untuk mempermudah wisatawan berwisata ke Solo.

“Harapannya akan lebih banyak jumlah penerbangan dan ketersediaan kursi. Nanti secara otomatis akan membuat harga tiket semakin terjangkau,” kata Menparekraf.

Dengan harga tiket pesawat yang lebih terjangkau, target pergerakan wisatawan nusantara sebesar 1,4 miliar sepanjang tahun 2023 diyakini akan tercapai.

Menparekraf juga berharap adanya penerbangan Internasional langsung ke Bandara Adi Soemarmo, agar mempermudah wisman berwisata ke Solo.

“Penerbangan tersebut pernah ada saat gelaran ASEAN Para Games Solo kemarin, namun setelah event selesai, penerbangan Internasional langsung tersebut berhenti,” kata Menparekraf.

- iklan -