JAKARTA, ITN- SETELAH menghabiskan waktu satu setengah tahun, remaja belia berusia 16 tahun, Andrew Ryan Samuel meluncurkan buku perdananya yang berjudul “The Trigger To Everything”.

Buku yang terinspirasi dari pengalaman pribadi sang penulis dalam mengejar mimpi menjadi sosok yang sukses ini dapat menjadi pilihan bacaan inspiratif bagi generasi muda milenials.

Buku ini berisikan wawasan seputar bagaimana membangun kepercayaan diri seseorang untuk mengejar mimpi menjadi sosok yang sukses. Berawal dari kesadaran bahwa tidak semua remaja di kehidupannya cukup beruntung untuk dapat menikmati saat-saat bahagia dalam kehidupan remaja mereka. Banyak dari mereka dihancurkan oleh kurangnya kepercayaan diri dan kehidupan keras dari lingkungan mereka.

Dan sebagai sesama remaja, Andrew ingin memberikan semangat dorongan kepada teman-teman sebayanya untuk berjuang melewati masa remaja dengan berprestasi.

“Sejak usia 7 tahun, saya telah terbiasa menulis mulai dari coret-coretan di kertas yang apabila dikumpulkan dapat lebih bisa menghasilkan dua pohon,” ujar Andrew membuka sambutannya pada acara peluncuran buku perdananya “The Trigger To Everything” di Kinokuniya Book Store, Plaza Senayan, Jakarta, Jumat (20/4/18).

Kebiasaannya menulis pun disadarinya bahwa ia memiliki potensi untuk menulis sebuah buku dan terbukti Andrew berhasil menulis sebuah buku perdana yang berjudul ‘The Trigger To Everything’ dalam versi Bahasa Inggris. Dan ini merupakan salah satu koleksi bacaan berbahasa Inggris yang ditulis oleh penulis Indonesia, tidak banyak penulis remaja Indonesia yang berani  dan memiliki bakat menulis dalam Bahasa Inggris.

Andrew (kiri) bersama tim penerbit buku Gramedia.

Lebih lanjut menurut Andrew, buku ini berisi wawasan mengenai bagaimana seseorang merencanakan dan mengembangkan impiannya sampai mimpinya terwujud. Dapat menjadi referensi positif untuk meningkatkan rasa percaya diri yang semakin menipis di dalam diri para remaja khususnya dan di dalam masyarakat pada umumnya.

Andrew berusaha agar buku ini bisa berada di dalam ruang publik dan membuat para pembaca dapat menarik keluar hal-hal terbaik dalam diri mereka, sehingga mereka pun bisa menjalani hidup mereka dengan sebaik-baiknya. “Sesungguhnya setiap orang memiliki kekuatan untuk mencapai hal-hal yang luar biasa yang ada dalam hidup mereka. Setiap orang pastinya juga memiliki bakat, inovasi, inspirasi dan tekad,” ungkapnya.

Kehadiran buku ‘The Trigger To Everything’ di rasa tepat dan sangat berguna bagi ‘Kid Jaman Now’ yang terimbas oleh pengaruh dari social media yang membuat para remaja mulai terganggu akan kepercayaan dirinya sehingga sulit untuk membangun kepercayaan.

Tak hanya itu buku ini juga  berguna bagi orang tua yang memiliki anak di usia remajamemiliki karena perspektif real terhadap anak muda dan dapat menjadi referensi parenting dalam membangun kepercayaan diri anak-anak mereka dan secara general bagi semua orang yang ingin sukses tetapi tidak memiliki kepercayaan diri. Sebuah bacaan soft skill yang dapat membantu seseorang dalam melewati masa remajanya.

“Buku ini bertujuan untuk menginspirasi para remaja di Indonesia agar mereka dapat ‘believe in themselves’ (percaya akan diri mereka sendiri), ‘healthy living’ (hidup sehat) dan ‘achieve their goal’ (meraih tujuan hidup mereka),” terangnya.

Lebih lanjut Andrew mengatakan, “Generasi muda harus belajar dengan  cara mengeksplor diri sendiri maupun dunianya. Buku ini saya dedikasikan untuk semua orang yang ingin sukses dengan harus mempunyai kepercayaan diri sendiri terlebih dahulu, juga kepada orang tua yang memiliki anak sehingga dapat mengarahkan anaknya untuk membangun kepercayaan diri sejak kecil”.

Ia mengungkapkan, “Saya ingin mengajak pembaca untuk menuju kesuksesan yang dapat di mulai dari hal kecil yaitu dengan membangun  kepercayaan dari dirinya sendiri serta mengembangkan potensi yang ada dari dirinya sesuai dengan moto saya 100% Head dan 100% Heart yang artinya bukan hanya logika yang penting tetapi hati juga berperan penting jika ingin sukses. Saya berharap para remaja seusia saya dapat sukses dan mengambil peran dalam memajukan negeri serta bersaing dengan dunia Internasional dan semoga buku ini dapat dinikmati oleh para pecinta buku dan semakin memperlengkap khazanah buku Tanah Air”.

Buku ‘The Trigger To Everything’ karya Andrew Ryan Samuel juga mendapat dukungan penuh dari Adam Khoo, Master Trainer, seorang Motivator International yang fokus untuk mengembangkan bakat para remaja seusia Andrew. Adam Khoo mengatakan didalam buku ini kita akan mempelajari bagaimana cara untuk memacu kekuatan dari dalam diri, dan cara untuk mengembangkannya, sehingga kita memperoleh apa yang diinginkan didalam hidup.

Buku yang diterbitkan PT Gramedia Pustaka Utama dengan tebal 136 halaman ini dibandrol dengan harga Rp93.000 di seluruh jaringan store Kinokuniya dan Gramedia yang ada di seluruh Indonesia mulai dari tanggal 30 April 2018.

Meskipun masih belia, namun Andrew memiliki hati yang peduli terhadap sesama yang kurang beruntung dimana ia akan memberikan penghasilannya dari penjualan buku ini untuk didonasikan kepada Saab Shares yaitu Yayasan milik Sabrina dan Elena Bensawan, teman yang juga memiliki misi yang sama dalam memajukan negeri tercinta ini. (evi)